Ibu, Ini Cara Ampuh Mencegah Kwashiorkor pada Anak

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   06 Desember 2022

“Kwashiorkor adalah jenis malnutrisi yang ditandai dengan kekurangan protein yang parah dan lebih rentan menyerang anak-anak. Orang tua dapat mencegah kwashiorkor pada anak dengan memenuhi asupan nutrisi hariannya, terutama makanan tinggi protein.”

Ibu, Ini Cara Ampuh Mencegah Kwashiorkor pada AnakIbu, Ini Cara Ampuh Mencegah Kwashiorkor pada Anak

Halodoc, Jakarta – Kwashiorkor adalah kondisi serius yang bisa terjadi ketika seseorang tidak mengonsumsi cukup protein. Kekurangan protein yang parah dapat menyebabkan retensi cairan yang dapat membuat perut terlihat membesar. Inilah sebabnya, masyarakat, terutama orang tua perlu tahu cara mencegah kwashiorkor yang tepat.

Sebab, kwashiorkor paling sering terjadi pada anak-anak, terutama jika mereka tidak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup setelah berhenti mendapatkan ASI. Anak yang mengalami kwashiorkor tentu perlu segera mendapatkan penanganan medis.

Kwashiorkor sendiri memiliki beberapa istilah lain, seperti malnutrisi protein, malnutrisi ganas, dan malnutrisi protein-kalori.

Rentan Terjadi di Negara Berkembang

Kwashiorkor jarang terjadi pada negara maju, justru lebih banyak muncul pada negara-negara berkembang dengan tingkat kemiskinan dan kelangkaan pangan yang tinggi. Kondisi sanitasi yang buruk dan prevalensi penyakit menular yang tinggi juga membantu menyebabkan kekurangan gizi. 

Selain itu, kwashiorkor juga dapat memengaruhi segala usia, tetapi paling sering terjadi pada anak-anak, terutama antara usia 3 hingga 5 tahun. Ini adalah usia ketika anak baru beralih dari menyusui ke pola makan yang kurang memadai. Sering kali, asupan karbohidrat yang lebih tinggi tetapi lebih rendah protein dan nutrisi lainnya.

Kwashiorkor Tidak Sama dengan Marasmus

Kwashiorkor dan marasmus adalah dua jenis utama kekurangan asupan protein parah. Sekilas, keduanya memang terlihat sama, tetapi ternyata tidak. Perbedaan utama antara kwashiorkor dan marasmus yaitu kwashiorkor merupakan defisiensi protein, sedangkan marasmus adalah defisiensi semua makronutrien, seperti protein, karbohidrat, dan lemak. 

Orang dengan marasmus akan mengalami kekurangan kalori secara umum, baik karena mereka makan terlalu sedikit atau mengeluarkan terlalu banyak, atau keduanya. Sementara itu, orang dengan kwashiorkor mungkin tidak kekurangan kalori secara umum tetapi kekurangan makanan kaya protein.

Bagaimana Tindakan Pencegahan Kwashiorkor?

Mencegah kwashiorkor pada anak sebenarnya bisa orang tua lakukan dengan menerapkan tiga hal berikut ini.

  • Edukasi. Beberapa lapisan masyarakat, terutama yang tinggal pada lingkungan terpencil dan minim jangkauan tidak mendapat informasi tentang nutrisi dasar, manfaat menyusui, atau kebutuhan nutrisi anak dan ibu.
  • Mendapatkan dukungan nutrisi. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan organisasi lain bekerja untuk memperkenalkan kembali semua makanan sumber protein dan mikronutrien di negara-negara yang terkena dampak. Mereka telah mengembangkan formula nutrisi yang terbuat dari sumber daya yang tersedia secara lokal, seperti susu skim dan kacang tanah.
  • Pengendalian penyakit. Penyakit dan infeksi yang meluas melemahkan kekebalan populasi berisiko tinggi. Tubuh yang sakit membutuhkan lebih banyak sumber nutrisi dan dapat mengurangi kalori melalui diare kronis. Sanitasi yang lebih baik dan imunisasi dapat membantu mencegah malnutrisi.

Selain itu, pastikan anak mendapatkan asupan makanan tinggi protein untuk mencegah kwashiorkor. Ini termasuk makanan laut, telur, daging sapi dan unggas, kacang-kacangan, dan biji-bijian. 

Jika tidak diobati, kwashiorkor bisa berakibat fatal. Kematian dapat terjadi akibat infeksi, dehidrasi, atau gagal hati. Saat pengobatan, seseorang juga berisiko tinggi mengalami komplikasi dari sindrom refeeding. Namun, orang-orang yang berhasil menjalani rehabilitasi dan perawatan dapat membuat pemulihan yang cepat.

Selain itu, penuhi pula kebutuhan vitamin harian. Kamu bisa cek semua kebutuhan medis pada aplikasi Halodoc. Pastikan saja kamu sudah download aplikasi Halodoc pada ponselmu. 

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Kwashiorkor.
Medical News Today. Diakses pada 2022. Why does malnutrition cause stomach bloating?
Healthline. Diakses pada 2022. What Is Kwashiorkor?

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan