Ini 5 Pilihan Obat Luka yang Ampuh untuk Keringkan dan Sembuhkan Luka

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   16 Februari 2024

“Ada berbagai jenis obat untuk mengeringkan serta menyembuhkan luka. Beberapa rekomendasi yang ampuh adalah Hansaplast Antiseptik Pembersih Luka, Bioskin Gel, Dermatix Ultra Gel, Thrombophob Ointment, dan Bioplacenton Gel yang bisa kamu beli di Halodoc.”

Ini 5 Pilihan Obat Luka yang Ampuh untuk Keringkan dan Sembuhkan LukaIni 5 Pilihan Obat Luka yang Ampuh untuk Keringkan dan Sembuhkan Luka

DAFTAR ISI

Rekomendasi Obat Luka untuk Keringkan dan Sembuhkan Luka


Halodoc, Jakarta – Obat untuk menyembuhkan luka beragam jenisnya, sebagaimana luka tubuh juga terdiri dari bentuk dan penyebab yang berbeda-beda. Misalnya, untuk luka kulit yang kronis atau luka basah berbeda dengan luka ringan seperti goresan yang biasanya diatasi dengan antiseptik. 

Jika kamu sedang mencari cara untuk mengatasi luka atau mempercepat pengeringan luka, berikut beberapa rekomendasi obat luka yang ampuh untuk mengatasi kondisi tersebut.

Rekomendasi Obat Luka untuk Keringkan dan Sembuhkan Luka

Berikut beberapa obat yang ampuh untuk mengeringkan serta sembuhkan luka yang bisa dicari di apotek: 

1. Hansaplast Antiseptik Pembersih Luka 40 ml

Obat luka berupa antiseptik yang satu ini berbentuk semprotan dan bisa digunakan untuk segala jenis luka yang belum atau sudah terinfeksi. Contohnya, luka akut, luka sayat, luka abrasi, luka lepuh, luka setelah operasi, dan luka bakar tingkat satu dan dua minor. 

Berikut cara pemakaiannya: 

  • Bersihkan luka dari kotoran menggunakan obat ini.
  • Semprotkan dengan jarak 10 cm ke arah luka.
  • Keringkan kulit sekitar luka dengan lembut.

Untuk luka di bagian tubuh yang lebar dan sulit dijangkau: 

  • Gunakan kasa yang dibasahi dengan obat ini.
  • Tutup area tersebut selama 15 menit.
  • Lindungi luka dari kotoran dan bakteri dengan plester. 

Kisaran harga: Rp30.200 per botol. 

Dapatkan Hansaplast Antiseptik Pembersih Luka 40 ml di Toko Kesehatan Halodoc. 

2. Bioskin Gel 60

Obat luka yang satu ini ampuh untuk mengatasi luka bakar. Dengan kandungan bahan alaminya, Bioskin Gel bisa meringankan luka bakar ringan, tersiram air panas, atau karena sinar matahari tanpa meninggalkan bekas belang pada kulit. 

Tea tree oil, lidah buaya, serta pegagan di dalamnya bekerja menenangkan kulit yang meradang dan memperbaiki kondisi kulit. Selanjutnya, untuk penggunaannya, kamu bisa oleskan obat ini pada kulit yang terluka sebanyak 4-5 kali sehari. 

Rentang harga: Rp24.700 – Rp44.900 per tube. 

Dapatkan Bioskin Gel 60 g di Toko Kesehatan Halodoc. 

Cari tahu lebih lanjut tentang penanganan luka bakar di artikel ini: “Begini Penanganan Luka Bakar Sesuai Tingkat Keparahan”. 

3. Dermatix Ultra Gel 15 g

Obat ini dijamin ampuh mengatasi bekas luka karena sudah teruji secara klinis. Dari mulai bekas luka dari perawatan keloid, luka karena operasi, luka trauma, dan bekas luka bakar. Dermatix mengandung vitamin C Ester dan cyclopentasiloxane yang memudarkan serta menghaluskan bekas luka. 

Untuk hasil yang maksimal oleskan Dermatix 2 kali sehari di pagi dan sore. Pastikan luka sudah sembuh dan kering, atau jahitan sudah dibuka sebelum menggunakan Dermatix lalu oleskan di bekas jahitan yang kering. 

Kisaran harga: Rp299.900 per tube. 

Dapatkan Dermatix Ultra Gel 15 g di Toko Kesehatan Halodoc. 

4. Thrombophob Ointment 15 g

Obat ini mempunyai mengandung heparin sodium dan asam nikotinat bezylester yang ampuh untuk mengatasi memar. Selain memar, salep ini juga bisa digunakan untuk phlebitis di permukaan kulit, penyumbatan vena yang berlebihan, serta cedera karena olahraga dan kecelakaan, kejang betis,dan mencegah dan mengobati radang vena setelah disuntik.

Cara pakainya adalah dengan mengoleskan Thrombophob Ointment di area yang membutuhkan 2-3 kali sehari. Kamu juga bisa menggunakan kain kasa dan menempelkannya di bagian yang sakit.  Perlu diingat juga untuk tidak menggunakan obat memar ini dengan cara digosok atau diurut, cukup dioleskan.

Rentang harga: Rp57.500 – Rp58.600 per tube.

Dapatkan Thrombophob Ointment 15 g di Toko Kesehatan Halodoc. 

5. Bioplacenton Gel 15 g

Rekomendasi yang terakhir adalah Bioplacenton Gel. Kandungan placenta extract beserta neomycin sulfate di dalamnya ampuh mengobati luka bakar, luka terinfeksi, luka kronik, dan luka lainnya. Placenta extract bekerja memicu pembentukan jaringan baru untuk menyembuhkan luka sementara neomycin sulfate mencegah infeksi bakteri.

Oleskan Bioplacenton Gel di kulit yang sakit, melepuh, serta terbakar setelah kulit dibersihkan dan dikeringkan. Untuk pembeliannya, kamu harus menggunakan resep dokter karena obat ini tergolong obat keras. 

Kisaran harga: Rp36.300 per tube. 

Dapatkan Bioplacenton Gel 15 g di Toko Kesehatan Halodoc. 

Itulah beberapa obat ampuh untuk keringkan dan sembuhkan luka yang mudah dicari di apotek. Selain obat-obatan ini, kamu juga bisa mencari obat, suplemen, dan produk kesehatan lainnya di Toko Kesehatan Halodoc. Produknya dikirim dari apotek tepercaya!

Referensi: 
Medicine Net. Diakses pada 2024. Cuts, Scrapes, and Puncture Wounds. 
Rxlist. Diakses pada 2024. HOW DO WOUND CARE PRODUCTS WORK?

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan