Ibu Tak Perlu Panik, Ini Pertolongan Pertama saat Anak Sakit

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   16 Januari 2023

“Ada beberapa pertolongan pertama saat anak sakit yang bisa Ibu lakukan. Termasuk memberi asupan cairan dan istirahat yang cukup.”

Ibu Tak Perlu Panik, Ini Pertolongan Pertama saat Anak SakitIbu Tak Perlu Panik, Ini Pertolongan Pertama saat Anak Sakit

Halodoc, Jakarta – Terkadang, Ibu tidak perlu panik dan langsung membawa anak ke dokter saat anak sakit ringan seperti batuk pilek. Sebab, ada beberapa langkah pertolongan pertama saat anak sakit yang sebenarnya bisa Ibu lakukan. 

Misalnya dengan memberinya asupan cairan yang cukup, memastikannya istirahat yang cukup, dan mengoleskan essential oil yang bisa membuat Si Kecil nyaman. Yuk simak tips lengkapnya!

Baca juga: Ibu Harus Tahu, Inilah 4 Fakta Penting Demam pada Anak

Pertolongan Pertama saat Anak Sakit

Ketika anak sakit, seperti demam, batuk, dan pilek, tentu ia jadi lebih rewel dan Ibu pun jadi khawatir. Namun, ada beberapa pertolongan pertama yang bisa Ibu lakukan saat anak sakit, yaitu:

  1. Perbanyak Asupan Cairan

Untuk mencegah dehidrasi saat anak demam, Ibu perlu memperbanyak asupan cairan. Hidrasi  yang baik juga bisa membantu mengencerkan sekresi hidung, dan melegakan pernapasan saat anak pilek. 

Untuk bayi, pastikan memberi ASI atau susu formula lebih sering dari biasanya. Untuk anak-anak yang lebih besar, Ibu bisa berikan air putih, sup hangat, atau buah-buahan yang tinggi kandungan airnya. 

  1. Gunakan Humidifier

Humidifier atau pelembap udara juga bisa jadi pertolongan pertama saat anak sakit batuk pilek. Kelembapan udara yang baik dapat membantu mengencerkan lendir anak dan mengecilkan saluran hidung, sehingga membantunya lebih mudah bernapas. 

Tempatkan humidifier di dekat tempat tidur anak. Pastikan untuk membersihkan dan mengeringkannya setiap hari untuk menghindari kontaminasi bakteri atau jamur.

  1. Istirahat

Untuk melawan infeksi, tubuh anak perlu banyak energi. Oleh karena itu, Ibu perlu memastikan anak istirahat yang cukup selama proses pemulihan.

Biarkan mereka tidur sedikit lebih awal dari biasanya atau tidur lebih lama, sebisa mungkin. Bayi bahkan mungkin perlu tidur siang tambahan.

Baca juga: 5 Rekomendasi Bahan Alami Obat Panas Dalam untuk Bayi

  1. Bersihkan Lendir

Langkah pertolongan pertama lainnya saat anak sakit adalah membersihkan lendir dari hidung anak. Ini dapat membantu mereka bernapas dan tidur lebih mudah, serta membuat mereka lebih nyaman. 

Banyak anak belum bisa meniup hidung dengan benar untuk membung lendir. Ibu bisa membantunya dengan memperagakan cara melakukannya, dan melatihnya dengan sabar. 

Setelah anak bisa meniup hidungnya untuk membuang lendir, ajari mereka untuk membuang tisu bekas ke tempat sampah dan mencuci tangan setelahnya. Pastikan mereka tahu untuk tidak menggosok mata mereka setelah membuang lendir. 

  1. Oleskan Essential Oil Berbahan Alami Yang Bersertifikasi

Agar Si Kecil nyaman saat sakit, dan bisa istirahat dengan baik, Ibu bisa mengoleskan essential oil pada kulit anak. Namun, pastikan produk essensial oil yang Ibu gunakan terbuat dari bahan alami yang sudah bersertifikasi BPOM, agar aman untuk kulit bayi dan anak-anak. 

Salah satu produk yang Halodoc rekomendasikan adalah Cessa, brand lokal pelopor natural baby essential oil roll on di Indonesia, yang sudah bersertifikasi BPOM sebagai Obat Tradisional.

Terbuat dari 100 persen bahan alami, dan tanpa bahan kimia berbahaya, Cessa bisa jadi solusi dan pertolongan pertama saat anak sakit, yang aman untuk kulit bayi dan anak-anak, bahkan bayi yang baru lahir. 

Cessa memiliki 5 varian untuk kelompok bayi usia 0-3 tahun dan anak di atas usia 3 tahun. Untuk meredakan gejala batuk pilek dan masuk angin anak, Ibu bisa gunakan Cessa Happy Nose. Kalau anak demam, Ibu bisa coba Cessa Fedrop (Fever Drop) yang memberikan efek menyejukkan dan menenangkan, membantu meredakan gejala demam pada anak. 

Selain itu, ada juga varian Lenire yang berfungsi sebagai minyak aromaterapi yang membantu mengurangi gejala tantrum, meredakan perut kembung dan mual. Bofit yang mampu menyegarkan tubuh, membuat anak tidak mudah sakit, serta Itch Away yang diformulasikan khusus untuk hindari gigitan nyamuk dan serangga. Dengan Cessa, si Kecil jadi lebih mudah untuk tidur pulas, dan istirahat yang cukup agar lekas pulih. 

Baca juga: Ketahui Gejala Masuk Angin pada Anak yang Perlu Diwaspadai

Dengan kemasan roll-on 8 ml, Cessa sangat praktis dan mudah Ibu gunakan. Cukup oleskan pada pada bagian luar tubuh yang membutuhkan, dan beri sedikit pijatan lembut, dapat meringakan gejala gangguan kesehatan yang Si Kecil alami. Campuran alami ekstrak tumbuh-tumbuhannya bisa langsung meresap ke dalam kulit, dan bekerja dengan cepat.

Ibu bisa beli Cessa natural baby essential oil roll on di apotek dan toko kesehatan terdekat, sebagai pertolongan pertama saat anak sakit. Kalau mau lebih mudah, Ibu bisa download Halodoc untuk mendapatkan Cessa di toko kesehatan Halodoc tanpa perlu keluar rumah.

Referensi:
Baby Center. Diakses pada 2022. Safe Home Remedies For Colds In Babies, Toddlers, and Kids.
Health Grades. Diakses pada 2022. 8 Home Remedies for a Kid’s Cough or Cold.
Very Well Family. Diakses pada 2022. Common Home Remedies for Sick Kids.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan