Ingin Melakukan Tanam Benang Wajah? Kenali Dulu Risikonya

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   10 Januari 2023

“Tanam benang wajah memang dapat mengubah tampilan kulit jadi lebih kencang dan terlihat muda. Namun, prosedur ini memiliki risiko, seperti memar, perdarahan, atau reaksi alergi.”

Ingin Melakukan Tanam Benang Wajah? Kenali Dulu RisikonyaIngin Melakukan Tanam Benang Wajah? Kenali Dulu Risikonya

Halodoc, Jakarta – Tanam benang wajah merupakan prosedur estetika yang bertujuan untuk mengencangkan kulit wajah. Prosedur ini mengklaim dapat mengencangkan kulit dengan memasukkan bahan berupa benang medis ke wajah, kemudian “menarik” kulit dengan mengencangkan benang. 

Umumnya yang tertarik melakukan prosedur ini yaitu orang yang berusia 30 hingga 50 tahunan. Sebab, mereka mulai memperhatikan adanya tanda-tanda penuaan dan ingin memperbaiki tampilan wajah. Meskipun tanam benang wajah dapat membuatmu terlihat awet muda, prosedur ini juga memiliki risiko. Sebaiknya cari tahu apa saja risiko yang dapat terjadi sebelum memutuskan untuk menjalani tanam benang wajah. 

Kemungkinan Risiko Tanam Benang Wajah

Tanam benang wajah seringkali dianggap sebagai prosedur kecantikan yang memiliki risiko rendah dengan waktu pemulihan yang cepat. Meski begitu efek samping dan risiko komplikasi tetap mungkin terjadi. 

Umumnya, risiko muncul setelah pengangkatan benang, yaitu berupa:

  • Memar
  • Pembengkakan
  • Berdarah
  • Nyeri di tempat suntikan benang

Sementara itu, kemungkinan komplikasi sebesar 15 hingga 20 persen. Komplikasi tanam benang wajah yang perlu diwaspadai yaitu:

  • Reaksi alergi terhadap bahan dalam benang.
  • Pendarahan akibat prosedur.
  • Tarikan benang terlihat di area wajah yang ditanamkan benang.
  • Dapat terjadi perpindahan benang yang tidak diinginkan, yang mengakibatkan kulit tampak menggumpal atau menonjol.
  • Terasa sakit di bawah kulit akibat benang terlalu kencang atau ditempatkan secara tidak tepat.
  • Infeksi di area wajah yang ditanam benang. 

Dari semua risiko tanam benang wajah, infeksi adalah risiko yang paling harus diwaspadai. Segera kunjungi dokter jika kamu memiliki gejala berikut:

  • Perubahan warna hijau, hitam, coklat, atau merah di area yang ditanami benang.
  • Bengkak yang berlangsung lebih dari 48 jam.
  • Mengalami sakit kepala terus menerus.
  • Demam. 

Cara Kerja Tanam Benang Wajah

Tanam benang wajah atau thread lift merupakan prosedur estetika yang bertujuan untuk mengangkat, mengencangkan, dan membentuk wajah lebih tegas. Tanam benang wajah bekerja dalam dua cara. Pertama, dokter akan memasang jahitan tipis yang bisa larut di bawah kulit, lalu menarik kulit agar kencang, seperti dahi, pipi, bawah mata, dan rahang.

Nah, benang ini akan mencengkram jaringan dan otot di bawahnya. Dengan begitu, kulit wajah akan terangkat dan terlihat kencang. Setelah itu, benang yang sudah dimasukkan akan memicu respon penyembuhan tubuh. 

Meskipun benang tersebut tidak melukai wajah, tapi tubuh akan mendeteksi bahan benang dan merangsang produksi kolagen di area tanam benang. Alhasil, kolagen bisa mengisi celah pada kulit yang kendur dan mengembalikan elastisitasnya. Sehingga kulit dan wajah terlihat lebih muda. 

Setelah prosedur tanam benang wajah dilakukan, wajah akan terlihat bengkak dan memar. Hasil tampilan wajah yang kencang baru akan terlihat pada beberapa hari atau minggu setelah tanam benang wajah dilakukan. 

Perlu dipahami, hasil tanam benang wajah tidak bersifat permanen. Hasilnya dapat bertahan selama satu hingga tiga tahun. Sama seperti botox, benang yang digunakan dalam prosedur ini pada akhirnya akan diserap oleh jaringan di bawah kulit. 

Selama benang berada di bawah kulit wajah, dokter biasanya menyarankan untuk tidak menggosok wajah secara kuat dan hindari tidur dengan posisi miring. Terutama di minggu-minggu awal setelah prosedur dilakukan. 

Kamu juga disarankan untuk menghindari perawatan sauna dan olahraga intensitas tinggi selama sekitar seminggu pertama setelah tanam benang wajah dilakukan. Jangan lupa juga untuk selalu mengaplikasikan pelembab wajah harian sejak hari pertama prosedur tanam benang wajah dilakukan. 

Itulah yang perlu diketahui tentang risiko tanam benang. Namun jika kamu ingin melakukan perawatan wajah dengan produk topikal, kamu bisa cek kebutuhan perawatan di toko kesehatan aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. Everything You Want to Know About a Thread Lift Procedure

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan