Ini 10 Body Language yang Tingkatkan Rasa Percaya Diri

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   01 Februari 2023

"Salah satu cara untuk meningkatkan rasa percaya diri adalah melatih bahasa tubuh atau body language. Sebab, ada beberapa jenis body language yang bisa membuat kamu tampak lebih percaya diri."

Ini 10  Body Language yang Tingkatkan Rasa Percaya DiriIni 10  Body Language yang Tingkatkan Rasa Percaya Diri

Halodoc, Jakarta – Kepercayaan diri bisa membantu otak berpikir positif sehingga kamu mampu melewati sebuah tantangan. Ketika kamu sedang merasa tidak percaya diri, kamu bisa melatih bahasa tubuh atau body languange agar terlihat percaya diri.

Nyatanya, body language tertentu bisa membuat kamu terlihat lebih percaya diri. Kamu bisa melatihnya secara rutin agar bahasa tubuh kamu semakin terlihat natural. Yuk, simak penjelasan berikut ini!

Body Language yang Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Berikut contoh body language yang disinyalir bisa meningkatkan rasa percaya diri:

1. Membuat kontak mata

Melakukan kontak mata saat berinteraksi dapat membuat kamu tampak percaya diri. Kontak mata menunjukan kepada orang lain bahwa kamu tertarik dan nyaman.

Tatap mata orang lain sekitar 60 persen waktu percakapan. Apabila kamu merasa kontak mata terlalu mengintimidasi, mulailah dengan melihat titik yang dekat dengan mata orang tersebut.

2. Bersandar ke depan

Menyondongkan tubuh ke depan menunjukkan minat dan perhatian kamu saat berinteraksi dengan orang lain.

Meskipun kamu merasa ingin menjaga jarak, tetapi menyender ke belakang malah bisa membuat kamu tampak tidak tertarik. Selain itu, menyender bahkan bisa terkesan angkuh.

4 Body Language untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri

3. Berdiri tegak

Usahakan untuk berdiri tegak dan tidak membungkuk. Seseorang yang memiliki kecemasan sosial cenderung membungkuk untuk agar dirinya merasa terproteksi.

Padahal, hal ini justru membuat kamu tampak seperti orang yang tak acuh dan malas. 

Luruskan punggung, tarik bahu menjauh dari telinga, dan lepaskan lengan dan kaki agar tampak tegak.

4. Usahakan terlihat bersemangat

Apakah kamu suka melihat ke tanah saat berjalan? Apakah kepala selalu tertunduk saat berbicara?

Sebaliknya, berjalanlah dengan kepala tegak dan mata menatap ke depan. Mungkin terasa tidak wajar pada awalnya, tetapi kamu akan terbiasa dengan pose yang lebih percaya diri ini. 

Posisi ini juga bisa kamu lakukan saat berdiri dan berbicara.

Untuk informasi lebih dalam soal self-esteem, kamu bisa baca artikel ini: Ini Arti Self Esteem: Ciri, Faktor yang Memengaruhi dan Cara Meningkatkannya.

 5. Jangan gelisah

Gelisah adalah tanda kecemasan dan kegugupan yang sangat jelas. Tampil lebih percaya diri dengan mengurangi kegelisahan seminimal mungkin.

Hindari gerakan gugup, seperti mengayunkan lutut atau mengetukkan jari di atas meja.

Jauhi juga upaya seperti mengalihkan perhatian sebab ini bisa mempersulit orang lain untuk fokus terhadap pembicaraan kamu.

6. Hindari memasukan tangan ke dalam saku

Sebaiknya, hindari memasukkan tangan ke dalam saku, terutama jika kamu takut tangan terlihat bergetar.

Hal ini justru membuat kamu terlihat lebih cemas dan kurang percaya diri. Jauhkan tangan  dari saku agar terlihat lebih percaya diri.

7. Perlambat gerakan

Gerakan cepat membuat kamu tampak lebih cemas. Segala sesuatu mulai dari gerakan tangan hingga langkah berjalan dapat membuat perbedaan.

Lakukan pelan-pelan dan perhatikan bagaimana kamu merasa lebih percaya diri saat mengulur waktu.

8. Ambil langkah besar

Meski langkahmu  lambat, cobalah mengambil langkah yang lebih panjang saat berjalan. 

Orang yang percaya diri mengambil langkah lebih besar dan berjalan dengan otoritas. Melakukan hal itu akan mengurangi kecemasan.

Pernah mendengar dunning-Kruger effect atau rasa percaya diri yang berlebihan? Baca selengkapnya di artikel ini: “Mengenal Dunning-Kruger Effect: Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasinya“.

9. Awasi gerakan tangan

Berhati-hatilah saat menyentuh wajah atau leher. Keduanya bisa mengindikasikan bahwa kamu sedang merasa cemas, gugup, atau takut.

Orang yang percaya diri tidak melakukan gerakan seperti ini.

10. Jabat tangan dengan tegas

Jabatan tangan yang lemah adalah tanda kurang percaya diri. Jadi, pastikan kamu menjabat tangan dengan tegas. Cobalah berlatih supaya gerakannya terkesan alami.

Jika kamu kesulitan untuk percaya diri karena mengalami kecemasan, jangan ragu untuk menemui psikolog. Segera janji dengan psikolog di aplikasi Halodoc.

Jangan tunda sebelum kondisinya semakin memburuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Verywell Mind. Diakses pada 2023. 12 Ways to Have More Confident Body Language.
Better Help. Diakses pada 2023. How To Express Confident Body Language.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan