• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 11 Barang yang Perlu Dibawa Saat Berlibur di Laut
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 11 Barang yang Perlu Dibawa Saat Berlibur di Laut

Ini 11 Barang yang Perlu Dibawa Saat Berlibur di Laut

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 20 Juni 2022

“Ada beberapa barang yang perlu dibawa saat berlibur di laut. Salah satunya adalah botol minum untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuhmu.”

Ini 11 Barang yang Perlu Dibawa Saat Berlibur di LautIni 11 Barang yang Perlu Dibawa Saat Berlibur di Laut

Halodoc, Jakarta – Rutinitas dan aktivitas yang padat tentunya dapat meningkatkan kadar stres pada pikiran. Untuk mengatasi stres yang menumpuk, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan berlibur. Nah, laut merupakan destinasi yang paling banyak dipilih oleh orang-orang untuk berlibur.  Sebab, banyak sekali aktivitas menyenangkan yang dapat dilakukan ketika liburan ke laut. 

Mulai dari berjemur di pantai, berenang sampai menikmati pemandangan laut yang indah. Namun, bila tertarik liburan ke laut, kamu sepertinya perlu membawa sejumlah barang-barang penting. Penasaran apa saja barang tersebut? Yuk, simak ulasannya di sini! 

Barang yang Perlu Dibawa Saat Liburan di Laut 

Untuk membantu  mempersiapkan liburan ke laut, berikut adalah daftar barang-barang yang perlu kamu bawa:

1. Botol Minum

Saat berlibur ke laut, kamu akan mudah terkena dehidrasi karena panasnya sengatan sinar matahari di pantai. Jadi, bawalah botol minum untuk memenuhi kebutuhan air dalam tubuhmu. Agar botol minum tetap dingin saat dibawa ke laut nanti, simpanlah botol minum yang sudah kamu isi setengah dengan air putih, lalu dinginkan dalam lemari es. Sebelum berangkat, penuhi botol dengan air putih dingin, maka air minum kamu akan tetap dingin dalam waktu yang lama.

2. Handuk

Untuk mengeringkan badan sehabis berenang atau sebagai penutup pakaian renang saat kamu ingin bersantai atau berjemur di pantai, kamu perlu membawa handuk besar. Sebagai rekomendasi, pilihlah handuk berbahan microfiber yang ringan dan lebih cepat kering dibanding handuk berbahan katun.

3. Topi Lebar

Topi tentunya menjadi salah satu aksesoris yang wajib dibawa saat liburan ke laut. Sebab, topi dapat melindungi kepala dan rambut dari sengatan sinar matahari. Namun, pastikan untuk membawa topi yang agak lebar agar kulit wajahmu juga terlindungi.

4. Tabir Surya

Sebelum berenang dan berjemur, ingat untuk menggunakan tabir surya terlebih dahulu agar kulitmu tidak terbakar. Pilih tabir surya yang memiliki SPF minimal 30. Aplikasikan kembali tabir surya setiap dua jam.

5. After Sun Gel

Setelah selesai berenang atau beraktivitas di tepi pantai, kamu juga perlu menggunakan after sun gel. Tujuannya untuk membantu meredakan kulitmu yang memerah dan terasa panas setelah cukup lama terpapar sinar matahari.

6. Kacamata Hitam

Bukan cuma kulit saja yang harus dilindungi dari sinar matahari, tapi mata juga. Maka dari itu, pastikan untuk membawa dan mengenakan kacamata hitam saat berlibur di laut. Hal ini bertujuan untuk melindungi matamu dari paparan sinar UV. 

7. Kain Pantai 

Pastikan juga untuk membawa kain pantai saat liburan di laut. Sebab, kain pantai memiliki berbagai fungsi penting yang dapat memudahkan liburanmu. Selain berfungsi sebagai alas untuk rebahan atau duduk, kain pantai juga dapat dililit ke tubuh menjadi gaun atau rok.

8. Tisu Basah

Di pantai biasanya susah untuk menemukan tempat cuci tangan. Padahal kamu tetap harus membersihkan tanganmu dari pasir sebelum makan dan minum. Oleh karena itu, siapkan selalu tisu basah atau bisa juga hand sanitizer untuk membersihkan tangan.

9. Celana dalam Bersih

Jangan lupa untuk membawa celana dalam bersih sebagai ganti celana dalam yang sudah basah sehabis berenang. Hal ini penting agar kebersihan organ intim tetap terjaga setelah bermain air di laut.

10. Kotak Obat

Kita tidak bisa memprediksi apa yang bakal terjadi saat bermain di laut nanti. Jadi, membawa kotak obat penting untuk berjaga-jaga jika ada yang tersayat batu karang. Bawalah obat luka, plester, krim antibakteri, obat nyamuk, hingga obat tetes mata. 

11. Pelembap Rambut atau Kondisioner.

Kala berlibur ke laut, ada baiknya kamu membawa sampo yang dilengkapi dengan pelembap rambut atau conditioner. sebab, suhu udara laut yang kering disertai angin dapat membuat rambut mudah kering, patah-patah, bahkan rontok. 

Itulah beberapa benda yang perlu kamu bawa saat berlibur di laut. Mulai dari botol minum, handuk, topi lebar, hingga pelembap rambut atau kondisioner. Selain itu, pastikan juga kamu menjaga daya tahanmu dengan baik sebelum dan selama liburan. Hal ini dapat kamu lakukan melalui istirahat yang cukup, mengonsumsi makanan sehat, dan mengonsumsi vitamin. 

Jika saat ini kamu membutuhkan vitamin, kamu bisa cek kebutuhan vitamin melalui aplikasi Halodoc. Tentunya tanpa perlu keluar rumah atau mengantre lama di apotek. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Referensi: 

Tempo. Diakses pada 2022. 10 Barang Wajib ‘Bawa’ Jika Liburan ke Pantai. 
CN Traveler. Diakses pada 2022. Beach Vacation Packing List: What Not to Forget for Your Next Getaway.