Ini 11 Cara Sederhana Meningkatkan Motivasi Hidup untuk Diri Sendiri

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   24 November 2023

“Ada banyak cara mudah untuk meningkatkan motivasi hidup. Mulai dari menentukan goal yang jelas dan realistis, memiliki support system yang kuat, hingga mencoba lebih impulsif dalam menentukan pilihan.”

Ini 11 Cara Sederhana Meningkatkan Motivasi Hidup untuk Diri SendiriIni 11 Cara Sederhana Meningkatkan Motivasi Hidup untuk Diri Sendiri

Halodoc, Jakarta – Meski banyak hal tidak berjalan sesuai keinginan, kamu tidak boleh kehilangan motivasi hidup. Sebab, memiliki motivasi membuat kamu lebih semangat dalam mencapai tujuan hidup. 

Selain itu, motivasi juga bisa membantu mengubah kebiasaan buruk yang mengakar dalam diri. Nah, pertanyaannya, bagaimana sih cara yang efektif untuk meningkatkan motivasi?

Cara Meningkatkan Motivasi Hidup

Kurang motivasi dapat membawa dampak negatif terhadap kualitas hidup. Kalau sudah begini, akan memicu berbagai masalah kesehatan mental, seperti stres dan depresi. 

Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu coba untuk meningkatkan motivasi hidup:

1. Sesekali lakukan me time

Me time atau waktu untuk diri sendiri penting dalam meningkatkan motivasi. Ini adalah kesempatan untuk mereset diri, merenung, dan meresapi keinginan serta tujuan pribadi. 

Dalam momen ini, kamu dapat memfokuskan perhatian pada diri sendiri dan mengidentifikasi apa yang kita butuhkan. Bisa juga mengevaluasi tujuan jangka pendek dan jangka panjang. 

Salah satu me time bermanfaat yang bisa kamu lakukan adalah berolahraga. Studi Exercise for mental health yang terbit pada Primary Care Companion to The Journal of Clinical Psychiatry menemukan bahwa, joging, berenang, bersepeda, berjalan kaki, berkebun, dan menari telah terbukti mengurangi kecemasan dan depresi.

Peningkatan suasana hati ini diduga disebabkan oleh peningkatan sirkulasi darah ke otak setelah berolahraga. Cara ini mempengaruhi sumbu hipotalamus-hipofisis-adrenal (HPA), yang pada akhirnya menurunkan reaksi fisiologis terhadap stres.

Studi juga menjelaskan, pengaruh fisiologis dapat mengontrol suasana hati. Pada akhirnya, hal tersebut berperan penting dalam pembentukan memori dan motivasi.

Simak di sini pentingnya me time bagi kesejahteraan mental: Pentingnya Me Time Bisa Jaga Kesehatan Mental, Benarkah.

2. Selalu berpikir positif

Studi Optimism and cause-specific mortality: a prospective cohort study yang terbit pada American Journal of Epidemiology menemukan bahwa, berpikir positif membantu mengelola stres, bahkan meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Studi menjelaskan, berpikir positif dapat membantu melawan perasaan rendah diri, meningkatkan kesehatan fisik, dan membantu mencerahkan pandangan hidup seseorang.

Sudah tahu mengenai inferiority complex yang membuat seseorang merasa tidak memiliki kemampuan sebanding dengan orang lain? Baca selengkapnya di artikel ini: “Mengenal Inferiority Complex: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya“.

3. Beri hadiah untuk diri sendiri

Cara lain untuk meningkatkan motivasi hidup adalah mengapresiasi diri sendiri. Misalnya, membeli barang yang ingin kamu miliki. 

Hal ini terbukti dalam sebuah studi berjudul Do immediate external rewards really enhance intrinsic motivation? yang terbit dalam Frontiers in Psychology  melalui tiga penelitian.

Secara keseluruhan, hasil dari ketiga penelitian tersebut menunjukkan bahwa, hadiah yang langsung diberikan setelah keberhasilan seseorang benar-benar dapat meningkatkan motivasi.

4. Tentukan tujuan hidup yang jelas dan spesifik

Agar lebih termotivasi, tentukan tujuan hidup yang jelas, spesifik, serta realistis. Bila perlu, tuliskan dalam buku catatan atau selembar kertas dan tempel di dinding agar kamu bisa mengingatnya. 

5. Buat rencana dan atur prioritas

Buatlah rencana dan langkah-langkah yang akan kamu lakukan untuk mencapai tujuan. Agar mudah, bagilah rencana kamu dalam skala prioritas dan tugas. 

Jadi, kamu tahu mana yang harus kamu dahulukan dan bagaimana cara melakukannya. Namun, jangan paksakan diri ketika merasa jenuh. Tidak ada salahnya untuk berhenti sejenak dan rileks.

6. Jangan takut gagal

Dalam hidup, setiap orang pernah mengalami kegagalan. Hal ini wajar, karena kesuksesan tak terjadi dalam proses yang instan. Namun, jangan patah semangat, apalagi kehilangan motivasi hidup. 

Jadikan kegagalan sebagai pembelajaran. Temukan hal-hal yang bisa membuat kamu menjadi lebih baik lagi. Saat merasa beban terlalu berat, kamu bisa menceritakan ini ke orang terdekat.

Ketahui juga: Mengenali Definisi Tepat dari Kesehatan Mental dan Dampaknya.

7. Belajar menerima situasi yang ada

Sadari bahwa tidak semua situasi bisa kamu ubah. Terkadang kamu hanya perlu menerima bahwa beberapa hal bisa terjadi di luar kendali. 

Di sini, beri waktu diri sendiri untuk merasakan kesedihan dan kekecewaan. Namun, jangan biarkan emosi mengendalikanmu.

Sebaiknya fokus pada hal yang dapat kamu ubah. Caranya, mencari dan alihkan perhatian pada hal-hal yang masih bisa kamu perbaiki.

8. Buat perubahan dari hal yang kecil

Perubahan kecil dapat memberikan dorongan positif yang memicu perubahan lebih besar. Ini merupakan langkah awal yang bisa kamu hadapi dengan lebih mudah. 

Ketika merasakan pencapaian dari perubahan kecil, itu memberi kita keyakinan bahwa kamu dapat mengubah hal lain dalam hidup. Hal ini dapat membantu diri merasa lebih berdaya dan berfokus pada tujuan.

9. Istirahatkan otak sejenak

Ketika terlalu lama bekerja atau memikirkan tugas-tugas yang menumpuk, otak akan menjadi lelah. Hal ini dapat berujung pada penurunan semangat dan motivasi diri.

Dengan mengistirahatkan otak, hal ini dapat merangsang kreativitas dan pemikiran yang lebih jernih. Dengan begitu, kamu bisa menemukan solusi atau ide-ide baru yang dalam menghadapi tantangan hidup.

10. Miliki support system

Sangat penting untuk memiliki support system yang siaga ketika motivasi menurun dan merasa kewalahan. Pilih orang yang kamu rasa nyaman untuk kamu ajak bicara, tentunya bisa memberikan dorongan semangat.

Jangan berlarut dalam keterpurukan hidup, karena ini bisa memicu gangguan kesejahteraan mental. Ketahui pemicu lainnya di sini: 6 Kebiasaan yang Bisa Mengganggu Kesehatan Mental.

11. Mencoba lebih impulsif

Impulsif tak selalu buruk, meski memiliki risikonya tersendiri. Namun, jika dipakai dengan cara yang tepat, langkah ini menjadi salah satu cara meningkatkan motivasi diri.

Kamu bisa membuat keputusan yang cepat dengan mengeksplorasi pilihan baru. Menyelesaikan masalah dari sudut pandang yang belum pernah kamu pertimbangkan sebelumnya, tak hanya memberikan motivasi saja, tetapi juga wawasan baru.

Simak tips lainnya dalam artikel ini: Tips Meningkatkan Motivasi Hidup dan Kembali Bersemangat.

Itulah beberapa cara meningkatkan motivasi hidup yang bisa kamu coba. Jika cara-cara tersebut tidak membuahkan hasil, jangan ragu untuk meminta saran dari psikiater atau psikolog di Halodoc.✔️ 

Jika membutuhkan informasi lain seputar kesehatan dan pola hidup sehat lainnya, silakan download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Psychology Today. Diakses pada 2023. 5 Foolproof Ways to Stay Motivated.
Healthline. Diakses pada 2023. 9 Strategies for Boosting Motivation when You’re Depressed.
Healthline. Diakses pada 2023. 11 Tips for Getting Out of a Rut.
Psych Central. Diakses pada 2023. 12 Tips to Get Motivated When You’re Stuck in a Life Rut.
Primary Care Companion to The Journal of Clinical Psychiatry. Diakses pada 2023. Exercise for mental health.
American Journal of Epidemiology. Diakses pada 2023. Optimism and cause-specific mortality: a prospective cohort study. 
Frontiers in Psychology. Diakses pada 2023. Do immediate external rewards really enhance intrinsic motivation?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan