Ini 4 Penyebab Penyempitan Pembuluh Darah yang Harus Diketahui

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   20 Desember 2022

“Ada berbagai penyebab penyempitan pembuluh darah yang perlu diwaspadai. Mulai dari hipotermia, konsumsi obat, hingga mengidap penyakit tertentu.”

Ini 4 Penyebab Penyempitan Pembuluh Darah yang Harus DiketahuiIni 4 Penyebab Penyempitan Pembuluh Darah yang Harus Diketahui

Halodoc, Jakarta – Pembuluh darah merupakan organ seperti selang yang berada di seluruh tubuh, mulai dari ujung kaki hingga ujung kepala. Organ tersebut berfungsi mengatur tekanan darah dan mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Pembuluh darah bisa melebar ataupun menyempit tergantung kebutuhan darah dalam tubuh. 

Penyempitan pembuluh darah ataupun pelebarannya, berkaitan dengan pengaruh aktivitas otot dan saraf pada dinding pembuluh darah. Hanya saja, ada beberapa kondisi yang dapat memicu penyempitan pembuluh darah, misalnya saat kamu berada di tempat dingin atau saat sedang mengidap penyakit tertentu.

Berbagai Pemicu Penyempitan Pembuluh Darah

Saat penyempitan pembuluh darah terjadi, pasokan darah jadi melambat tapi tekanannya menjadi besar. Berikut ini beberapa faktor penyempitan pembuluh darah yang perlu diketahui:

1. Mengidap penyakit tertentu

Penyebab pertama penyempitan pembuluh darah yaitu adanya penyakit tertentu pada tubuh seseorang. Contohnya, sindrom penyempitan pembuluh darah otak reversibel (RCVS). Saat otot-otot di dinding pembuluh darah otak terganggu, penyempitan pembuluh darah jadi sering terjadi. Penyakit tersebut menyebabkan gejala sakit kepala secara tiba-tiba. 

2. Gangguan psikologis

Stres merupakan salah satu kondisi psikologis yang dapat memicu penyempitan pembuluh darah, sehingga peredaran darah jadi terganggu. Pasalnya, stres dapat memengaruhi kinerja saraf yang mengakibatkan detak jantung tidak teratur. 

3. Hipotermia

Saat tubuh terpapar suhu yang terlalu dingin dalam waktu lama, seseorang bisa mengalami hipotermia. Kondisi tersebut dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah. 

Tubuh akan menggigil ketika kamu kedinginan, hal tersebut merangsang aktivitas otot agar menghasilkan panas tubuh. Sementara itu, penyempitan pembuluh darah terjadi untuk menjaga suhu tubuh tetap dalam keadaan hangat. 

4. Konsumsi Obat

Konsumsi obat seperti antidepresan, obat penyakit Parkinson, dekongestan, epinefrin, obat migrain, dan imunosupresan, dapat memberikan efek samping berupa penyempitan pembuluh darah. 

Hubungan Penyempitan Pembuluh Darah dengan Tekanan Darah

Penyempitan pembuluh darah dapat mengurangi jumlah atau ruang dalam pembuluh darah untuk mengalirkan darah. Ketika volume pembuluh darah berkurang, aliran darah pun ikut berkurang. Di saat yang sama, terjadi peningkatan resistensi atau kekuatan aliran darah. Hal tersebut menyebabkan tekanan darah tinggi.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi yang tidak ditangani segera dapat mengakibatkan masalah kesehatan seiring berjalan waktu. Misalnya, gangguan penglihatan, stroke, dan penyakit jantung.

Kebalikan dari kondisi penyempitan pembuluh darah adalah pelebaran pembuluh darah. Kondisi tersebut terjadi saat pembuluh darah melebar, sehingga meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah. 

Penyempitan pembuluh darah dapat diibaratkan seperti minum melalui sedotan kecil. Tentu diperlukan lebih banyak kekuatan hisap untuk menyesap air. Sebaliknya, saat minum air dengan sedotan besar, maka akan lebih mudah dan cepat. 

Perlu dipahami juga, penyempitan pembuluh darah sebenarnya hal yang alami dari tubuh sebagai penyeimbang sistem di tubuh. Penyempitan pembuluh darah kadang diperlukan untuk menjaga aliran darah yang sehat dan menjaga suhu tubuh agar tidak terlalu dingin.

Hanya saja, kondisi penyempitan pembuluh darah abnormal dapat menyebabkan atau memperburuk tekanan darah tinggi. Jika tekanan darah tinggi menjadi kronis, maka risiko penyakit jantung dan stroke pun meningkat. 

Itulah yang perlu diketahui tentang penyebab penyempitan pembuluh darah. Jika kamu memiliki kondisi yang berkaitan dengan pembuluh darah, sebaiknya tanyakan pada dokter di Halodoc mengenai penanganannya. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Why Does Vasoconstriction Happen?
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Small vessel disease
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Coronary artery disease

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan