Ini 4 Penyebab Tubuh Dapat Mengalami Alergi Dingin

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   21 Juni 2023

“Alergi dingin bisa terjadi pada siapa saja. Penyebab pastinya sebenarnya belum jelas, tetapi ada beberapa faktor yang kabarnya dapat meningkatkan risiko mengalami gangguan kesehatan ini. Mulai dari faktor usia hingga genetik.”

Ini 4 Penyebab Tubuh Dapat Mengalami Alergi DinginIni 4 Penyebab Tubuh Dapat Mengalami Alergi Dingin

Halodoc, Jakarta – Tidak semua orang dapat menikmati udara, cuaca, atau suhu dingin. Selain menggigil karena kedinginan, beberapa orang mengalami kondisi ini saat suhu sedang rendah. Alergi dingin atau urtikaria dingin adalah reaksi kulit selama beberapa menit setelah kamu terkena paparan dingin, baik dari air maupun udara.

Berbagai Penyebab Alergi Dingin

Munculnya reaksi ini dapat terjadi saat pelepasan histamin dan zat kimia lain ke dalam aliran darah yang terjadi karena cuaca dingin. Beberapa penyebab lain urtikaria dingin adalah faktor genetik, memiliki sel kulit yang terlalu sensitif, virus, atau penyakit tertentu. 

Namun, penyebab pasti alasan tubuh bereaksi demikian terhadap dingin masih belum pasti.

Meski begitu, ada beberapa faktor yang meningkatkan risiko terkena gangguan kesehatan ini, yaitu:

1. Reaksi sistem imun

Kebanyakan kasus alergi dingin terjadi karena reaksi sistem imun yang menganggap suhu dingin sebagai bahaya. Lalu, sistem kekebalan akan memberikan respons dengan melepas antibodi, histamin, dan berbagai zat lain, yang memicu gejala.

2. Usia

Anak-anak dan remaja paling rentan terkena urtikaria dingin. Namun, kondisi ini biasanya membaik dengan sendirinya setelah beranjak dewasa. Meski begitu, orang dewasa juga bisa mengalami kondisi ini.

3. Riwayat medis tertentu

Ada beberapa gangguan kesehatan, seperti kanker atau hepatitis yang meningkatkan risiko terkena masalah ini. Risiko ini juga bisa meningkat karena berbagai kondisi medis yang berkaitan dengan darah dan kulit. 

Sementara itu, pada beberapa kasus, seseorang yang baru saja terkena infeksi, seperti pneumonia atau radang paru-paru, juga lebih berisiko mengalami urtikaria dingin.

4. Genetik

Faktanya, masalah kesehatan ini juga bisa menjadi penyakit keturunan dari keluarga pada anak. Sebab, ada kondisi pada gen tertentu yang kabarnya bisa menjadi penyebab alergi ini yang menurun dari orangtua ke anak. Namun, hal ini sangat jarang terjadi. 

Inilah mengapa, alergi dingin juga bisa terjadi pada anak. Jika sang buah hati sedang mengalami kondisi ini, segera hubungi Dokter Spesialis yang Bisa Bantu Pengobatan Alergi Dingin untuk mencegah dampak yang lebih berbahaya.

Waspadai Gejala Alergi Dingin

Alergi dingin biasanya mulai terasa saat kulit terpapar air atau cuaca dingin (dengan suhu kurang dari 4 derajat Celsius). Kelainan ini juga lebih berisiko muncul dalam kondisi yang berangin dan lembap. Berikut beberapa gejala yang dapat terjadi:

  • Tangan terasa bengkak saat memegang benda dingin.
  • Muncul bilur yang terasa gatal pada area kulit yang terpapar udara dingin.
  • Bibir dan tenggorokan terasa bengkak saat mengonsumsi makanan atau minuman dingin.
  • Kulit berwarna kemerahan.

Reaksi alergi dingin yang paling parah biasanya saat seluruh tubuh terpapar oleh suhu dingin, seperti saat berenang pada air dingin. Reaksi yang muncul dapat berpotensi membahayakan nyawa, seperti pembengkakan pada tenggorokan dan lidah hingga sulit bernapas, tekanan darah menurun drastis, jantung berdebar, pingsan, serta membengkaknya lengan dan kaki.

Jika mengalami gejala di atas, jangan ragu untuk langsung konsultasi dengan dokter ahli di Halodoc untuk mendapatkan penanganan awal sebelum kondisi menjadi lebih parah.

Selain itu, masalah ini juga memiliki kaitan dengan penyakit sinusitis. Umumnya, kondisi ini akan menghilang dengan sendirinya setelah beberapa pekan atau bulan. 

Namun, ada juga yang bertahan lebih lama. Jika tenggorokan atau lidah terasa bengkak, merasa pusing, dan sulit bernapas, sebaiknya kamu segera melakukan pemeriksaan ke rumah sakit terdekat.

Referensi:
American Academy of Dermatology. Diakses pada 2021. Welts on Skin Due to Cold Temperature Could be Hives.
DermNet New Zealand. Diakses pada 2021. Cold Urticaria.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Diseases & Conditions. Cold urticaria.
Healthline. Diakses pada 2021. Hives.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan