Ini 5 Cara Mengatasi Insomnia Tanpa Obat-obatan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   08 Juli 2022

“Cara mengatasi insomnia bisa dilakukan tanpa perlu mengonsumsi obat-obatan, melainkan dengan mengubah kebiasaan dan rutinitas. Mulai dari berolahraga secara rutin sampai memasang aromaterapi sebelum tidur.”

Ini 5 Cara Mengatasi Insomnia Tanpa Obat-obatanIni 5 Cara Mengatasi Insomnia Tanpa Obat-obatan

Halodoc, Jakarta – Tidur yang cukup setiap malam sangat penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Seseorang yang mengalami kesulitan tidur atau insomnia,  perlu mencari cara untuk mengatasi kondisi tersebut. 

Insomnia adalah gangguan tidur yang membuat pengidapnya sulit tertidur atau sulit untuk tetap tidur sepanjang malam. Masalah kesehatan tersebut tidak boleh disepelekan, karena bisa memengaruhi kesehatan fisik dan emosional. 

Bila tubuh tidak mendapatkan istirahat yang cukup, suasana hati pun bisa terganggu dan sulit untuk berkonsentrasi. Pengidapnya juga mungkin  berisiko lebih tinggi mengalami kondisi seperti depresi, obesitas, penyakit jantung, dan diabetes.

Untungnya, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi insomnia. Tidak perlu mengonsumsi obat-obatan kok, simak cara mengatasi insomnia secara alami di sini.

Cara Mengatasi Insomnia Secara Alami

Cara mengatasi insomnia secara alami tanpa obat adalah dengan mengubah kebiasaan dan rutinitas menjadi lebih sehat. Berikut caranya:

1. Berolahraga

Melakukan aktivitas fisik secara rutin adalah salah satu cara mengatasi insomnia yang efektif. Olahraga baik untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Menariknya lagi penelitian juga menunjukkan bahwa olahraga bisa membantu meningkatkan kualitas tidur.

Namun, hindarilah berolahraga menjelang waktu tidur. Pasalnya, saat berolahraga, tubuh melepaskan endorfin yang membuat kamu merasa terjaga dan berenergi. Jadi, cobalah untuk berolahraga lebih awal dan hindari aktivitas fisik tersebut 2 jam sebelum tidur.

2. Sleep Hygiene

Sleep hygiene adalah kumpulan kebiasaan yang bisa membantu kamu lebih mudah tidur dan tidur lebih nyenyak. Kebiasaan tersebut, antara lain:

  • Tetapkan jadwal tidur yang teratur (waktu tidur dan bangun yang sama) setiap hari. 
  • Buatlah kamar tidur senyaman mungkin sebelum tidur dengan meredupkan lampu dan mengatur suhu ruangan agar tidak terlalu panas atau tidak terlalu dingin.
  • Jadikan tempat tidur hanya untuk tidur saja, jangan bekerja, makan, atau menonton TV di tempat tidur.
  • Bila kamu tidak bisa tidur selama sekitar 20 menit, bangun dan lakukan hal yang membuat rileks (seperti membaca buku) dan kembali ke tempat tidur.

3. Penuhi Nutrisi yang Baik

Makanan dan minuman yang kamu konsumsi juga bisa memengaruhi kualitas tidur kamu. Perbanyaklah mengonsumsi makanan bermagnesium. Mineral tersebut dipercaya bisa berfungsi sebagai penenang alami. Makanan kaya magnesium yang bisa kamu konsumsi adalah kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran berdaun hijau gelap.

Selain itu, pastikan tidak makan makanan besar dalam beberapa jam sebelum tidur. Hal itu juga berlaku untuk alkohol dan kafein. Kedua minuman tersebut bisa memengaruhi kualitas dan membuat  sulit tidur. Jadi, jangan minum kafein pada sore hari dan hindari minum alkohol setelah makan malam.

Salah satu cara mengatasi insomnia dengan minuman yang paling populer adalah minum susu hangat atau teh chamomile sebelum tidur. Keduanya dipercaya memiliki efek pada otak yang membuat kamu lebih mudah tidur.

4. Atur Cahaya

Kamar yang gelap bisa membantu kamu lebih mudah untuk tertidur dan tetap tidur sepanjang malam. Jadi, matikanlah lampu kamar saat ingin tidur atau gunakan penutup mata. 

Selain itu, hindari juga menonton TV atau bermain smartphone sebelum tidur. Cahaya spektrum penuh dari gadget elektronik memiliki efek merangsang yang membuat kamu lebih sulit untuk tidur. Sebaliknya, cobalah melakukan sesuatu yang menenangkan sebagai rutinitas sebelum tidur. Misalnya seperti membaca, mendengarkan musik, atau mandi air hangat.

5. Pasang Aromaterapi

Meskipun manfaat aromaterapi untuk membantu tidur masih memerlukan penelitian lebih lanjut, tapi lavender Inggris sudah dikenal akan efeknya yang menenangkan. Jadi, cobalah untuk memasang aromaterapi dengan wangi lavender di kamar, atau letakkan sachet lavender di bawah bantal.

Selain lavender, beberapa minyak aromaterapi yang diyakini bisa menjadi cara mengatasi insomnia, antara lain chamomile dan ylang-ylang.Bila cara-cara di atas tidak mampu membantu kamu mengatasi insomnia, coba temui dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat. 

Kamu juga bisa tanya dokter mengenai cara mengatasi insomnia lainnya yang efektif melalui aplikasi Halodoc. Melalui Video/Voice Call dan Chat, kamu bisa menghubungi dokter dan minta saran kesehatan kapan saja dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. Remedies for Insomnia.
One Medical. Diakses pada 2022. How to Relieve Insomnia Without Medication: Part 1.
Verywell Health. Diakses pada 2022. 14 Natural Remedies to Beat Insomnia

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan