Ini 5 Pilihan Obat Nyeri Otot dan Sendi yang Ampuh di Apotek

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   02 Februari 2024

“Ada beberapa obat-obatan yang cukup ampuh untuk mengatasi nyeri otot dan sendi. Contohnya adalah Balsem Otot Geliga, Myonal, Salonpas Koyo, Counterpain Cream, Voltaren Emulgel.”

Ini 5 Pilihan Obat Nyeri Otot dan Sendi yang Ampuh di ApotekIni 5 Pilihan Obat Nyeri Otot dan Sendi yang Ampuh di Apotek

Rekomendasi Obat Nyeri Otot dan Sendi yang Ampuh di Apotek


Halodoc, Jakarta – Meskipun sering kali dirasa mirip, nyeri otot dan nyeri sendi punya penyebab yang berbeda. Nyeri otot biasanya mereda jika area tubuh yang terdampak diberi waktu untuk beristirahat. Sementara nyeri sendi masih tetap bisa muncul bahkan saat pengidapnya beristirahat.

Nyeri otot cenderung menjadi masalah jangka pendek (jangka panjang tergantung penyebabnya). Namun, nyeri sendi bisa jadi konstan dan dapat mempengaruhi berbagai bagian tubuh mulai dari kaki sampai dengan struktur tulang. 

Persamaan dari keduanya adalah akibatnya yang menimbulkan bengkak, kaku, dan membuat sulit bergerak. Nah, mau tahu apa saja obat-obatan untuk mengatasi kondisi keduanya ? Yuk baca ulasan di bawah ini.

Rekomendasi Obat Nyeri Otot dan Sendi yang Ampuh di Apotek

Nyeri otot dan sendi yang dibiarkan tanpa penanganan bisa membuat pengidapnya sulit untuk beraktivitas. Ada beberapa pilihan obat nyeri otot dan sendi yang bisa kamu gunakan, contohnya:

1. Balsem Otot Geliga 40 g

Rekomendasi yang pertama adalah balsem yang bekerja sebagai obat gosok untuk meredakan nyeri otot dan sendi. Dengan kandungan methyl salicylate di dalamnya, obat nyeri otot dan sendi ini mengeluarkan sensasi panas yang bisa mengalihkan rasa nyerinya. 

Jika kamu merasa nyeri setelah terkena memar, keseleo, atau nyeri otot punggung, Balsem Otot Geliga bisa jadi pilihan yang tepat.  Cara pakainya adalah dengan dioleskan pada bagian yang sakit dan hindari pemakaian pada kulit yang luka dan rusak. 

Balsem ini bisa digunakan sesuai kebutuhan. Tapi, konsultasi dengan dokter dahulu untuk pemakaian anak di bawah 12 tahun. 

Rentang harga: Rp18.700 – Rp21.500 per pot.

Dapatkan Balsem Otot Geliga 40 g di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Myonal 50 mg 10 Tablet

Obat ini mengandung Eperisone HCl yang berguna untuk melemaskan otot, meredakan myotonia (kondisi saat otot kaku dan tidak bisa rileks dengan cepat), peningkatan sirkulasi, dan penekanan refleks rasa sakit. 

Myonal juga digunakan untuk pengobatan simtomatik (obat gejala umum pada suatu penyakit) yang berkaitan dengan kondisi spasme/kram muskuloskeletal, atau gangguan di sendi, tulang, dan otot.

Untuk pemakaiannya, obat nyeri otot dan sendi ini bisa dikonsumsi setelah makan 3 kali sehari untuk orang dewasa. Obat ini harus dibeli menggunakan resep dokter karena tergolong obat merah. 

Rentang harga: Rp107.600 per strip. 

Dapatkan Myonal 50 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc

Yuk cari tahu juga faktor terjadinya nyeri sendi yang jarang dibicarakan dengan cek artikel ini: “Kenali 5 Penyebab Nyeri Sendi yang Sering Diabaikan”.

3. Salonpas Koyo 10 Patch

Plester pereda nyeri yang memiliki kandungan methyl salicylate, mentol, dan camphor. Tiga kandungan ini berfungsi untuk meredakan nyeri dengan memberikan sensasi hangat dan menenangkan otot dengan zat relaksan serta antispasmodiknya. 

Nyeri otot, sendi, kelelahan leher, sakit punggung sederhana, sakit kepala, sakit gigi, memar, dan tegang bisa teratasi dengan Salonpas Koyo. 

Cara pemakaiannya dengan membersihkan lalu keringkan bagian tubuh yang nyeri. Kemudian lepaskan kertas, lalu tempelkan Salonpas Koyo, dan lepaskan setelah delapan jam pemakaian. 

Perlu diingat juga untuk tidak memakai obat ini lebih dari 3-4 kali sehari. Selain itu, hindari penggunaan pada kulit yang luka atau pada pengidap alergi aspirin atau salisilat. 

Rentang harga: Rp6.500 – Rp9.800 per sachet.

Dapatkan Salonpas Koyo 10 Patch di Toko Kesehatan Halodoc. 

4. Counterpain Cream 15 g

Obat nyeri otot dan sendi berbentuk krim untuk meredakan rasa sakit pada otot, sendi, keseleo, dan juga nyeri akibat encok. Kandungan methyl salicylate, mentol, dan eugenolnya ampuh untuk memberikan rasa hangat dan melancarkan peredaran darah serta memberikan efek anti nyeri. 

Counterpain Cream hanya digunakan untuk pemakaian luar dan dioleskan pada bagian yang sakit 1-3 kali sehari. Hindari pemakaian jika nyeri lebih dari 10 hari dan ketika kulit menjadi merah. Selain itu, jauhkan juga obat ini dari jangkauan anak-anak. 

Kisaran harga: Rp Rp33.800 per tube.

Dapatkan Counterpain Cream 15 g di Toko Kesehatan Halodoc

5. Voltaren Emulgel 20 g

Voltaren Emulgel adalah obat topikal yang termasuk golongan non steroidal anti-inflammatory drug (NSAID) dengan kandungan diclofenac. Kandungan ini berguna untuk meredakan peradangan dan nyeri. Obat ini ampuh untuk mengobati reumatisme jaringan lunak dan penyakit reumatik lokal. 

Cara penggunaannya cukup praktis. Oleskan 3-4 kali sehari di bagian tubuh yang nyeri. Untuk membelinya, kamu tidak memerlukan resep dokter karena Voltaren Emulgel termasuk obat bebas terbatas.

Rentang harga: Rp94.000 – Rp111.000 per tube. 

Dapatkan Voltaren Emulgel 20 g di Toko Kesehatan Halodoc. 

Itulah beberapa obat nyeri otot dan sendi yang ampuh serta mudah dicari di apotek. Selain obat-obatan ini, kamu juga bisa cari obat, suplemen, dan produk kesehatan lainnya di Toko Kesehatan Halodoc. Produknya dikirim dari apotek tepercaya!

Referensi 
Medical News Today. Diakses pada 2024. What can cause muscle and joint pain?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan