Nyeri Otot

ARTIKEL TERKAIT

Pengertian Nyeri Otot

Nyeri otot (mialgia) merupakan gejala yang sangat umum terjadi. Hampir semua orang pernah mengalami ketidaknyamanan pada otot-otot mereka di beberapa titik. Karena ada jaringan otot di hampir semua bagian tubuh, maka jenis rasa sakit ini bisa dialami kapan dan di mana saja.

 

Penyebab dan Faktor Risiko Nyeri Otot

Pengidap yang mengalami nyeri otot dapat mudah menentukan penyebabnya. Hal ini karena sebagian besar kejadian mialgia disebabkan oleh terlalu banyak stres, ketegangan, atau aktivitas fisik pada otot yang bersangkutan. Beberapa penyebab umum termasuk ketegangan otot di satu atau lebih area tubuh, terlalu sering menggunakan otot selama aktivitas fisik, melukai otot saat melakukan pekerjaan atau olahraga yang menuntut pekerjaan fisik. Hal ini tidak mempengaruhi otot saja, namun berpengaruh pada struktur sekitarnya termasuk tendon, ligamen, serta sendi dan tulang.

Tidak semua nyeri otot terkait dengan stres, ketegangan, dan aktivitas fisik. Beberapa penjelasan medis untuk mialgia termasuk penyakit fibromyalgia, infeksi seperti flu, polio, atau bakteri, gangguan autoimun seperti lupus, dermatomiositis, dan polymyositis, penggunaan obat-obatan atau obat-obatan tertentu seperti statin, inhibitor ACE, atau kokain, masalah tiroid seperti hipotiroidisme atau hipertiroidisme, hipokalemia (potasium rendah).

 

Gejala Nyeri Otot

Nyeri otot yang terasa dalam biasanya merupakan akibat dari mialgia kronis. Hal ini terasa seperti otot yang menarik, karakteristiknya terasa seperti kelelahan. Dalam banyak kasus, rasa nyeri dapat jauh melampaui rasa sakit dari sekedar otot yang ditarik.

Kebanyakan pasien menggambarkannya sebagai nyeri otot yang dalam yang dapat menyakiti saat istirahat atau dengan gerakan. Titik pemicu umumnya tidak terlihat dengan jenis mialgia ini, tetapi rasa sakit lainnya muncul dari faktor-faktor penyebab, seperti tanda dan gejala infeksi.

 

Diagnosis Nyeri Otot

Cara mengetahui diagnosis penyebab nyeri otot, perlu dilakukan anamnesis secara menyeluruh mengenai tanda dan gejala, termasuk riwayat cedera yang dialami. Gejala cedera otot termasuk nyeri, kelemahan, memar, bengkak, dan kram (kejang otot dan kontraksi otot yang tidak disadari). Trauma kekuatan tumpul disebabkan oleh dampak yang kuat terhadap tubuh. Ketegangan, rasa sakit, tarikan otot atau air mata adalah segala sesuatu mulai dari peregangan otot yang sederhana sampai ke sobekan total. Penyebabnya bisa dari kecelakaan, jatuh, gerakan memutar tiba-tiba, dan aktivitas atletik.

Cedera gerak berulang seperti yang terlihat dalam pekerjaan atau aktivitas yang menggunakan gerakan yang sama dari hari ke hari. Contoh-contoh pekerjaan dapat mencakup pengetik entri data sampai ke pekerja kasar yang berat. Mengikuti rutinitas latihan yang sama atau memfokuskan secara eksklusif pada satu olahraga mungkin juga menjadi penyebabnya.

Pemanasan yang tidak benar dan saat pendinginan adalah salah satu penyebab paling umum dari strain otot pada individu atletik. Serabut di otot mampu melakukan pekerjaan mereka berdasarkan kemampuan mereka untuk memperpanjang dan berkontraksi; semakin baik gerak mereka, semakin kecil peluang cedera. Menghabiskan 5 menit sebelum dan sesudah latihan untuk fokus pada peregangan otot dan melakukan aktivitas dengan intensitas rendah membantu mencegah ketegangan otot.

Myofascial pain syndrome (MPS) adalah kondisi kronis (jangka panjang) yang ditandai oleh peradangan dan nyeri di fasia tubuh, jaringan ikat yang menutupi otot-otot. MPS dapat memengaruhi satu otot atau seluruh kelompok. Penyebab termasuk cedera atau ketegangan berlebihan pada kelompok otot tertentu, ligamen atau tendon; vertebra yang terluka; gerakan berulang, atau kurangnya aktivitas (seperti ketika anggota badan ditempatkan di gips).

Kompartemen sindrom terjadi ketika cedera menyebabkan pembengkakan dan perdarahan di dalam kompartemen, meningkatkan tekanan pada pembuluh darah di sekitarnya, saraf dan otot sampai ke titik tercekiknya makanan yang cukup dan oksigen. Bagian depan kaki bagian bawah paling sering terkena tetapi lengan, tangan, kaki, dan bokong mungkin juga. Stres psikologis atau fisik dapat menyebabkan ketegangan otot, refleks otomatis tubuh untuk mencegah cedera dan rasa sakit.

Nyeri otot adalah salah satu dari banyak gejala infeksi pernapasan dan virus, seperti pilek dan influenza (flu), yang juga termasuk demam, menggigil, sakit tenggorokan, sakit kepala, batuk, hidung tersumbat atau berair, dan kelelahan.

Myositis adalah kondisi langka di mana sistem kekebalan tubuh mengalami inflamasi pada otot-otot tubuh. Pradangan menghasilkan otot yang melemah, nyeri, rasa sakit, dan kelelahan. Penyakit autoimun lain contohnya lupus.

Fibromyalgia adalah kondisi neurologis umum yang tidak jelas yang menyebabkan nyeri yang menyebar, kepekaan terhadap sentuhan, kelelahan yang parah, dan masalah tidur. Wanita lebih sering terkena daripada pria, seperti orang-orang dengan penyakit rematik (masalah kesehatan yang mempengaruhi sendi, otot dan tulang). Tidak ada obat yang tersedia tetapi obat-obatan tertentu dapat membantu.

Hypothyroidism dikenal sebagai tiroid yang kurang aktif, yaitu kondisi saat menghasilkan terlalu sedikit hormon tiroid untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Hormon tiroid mengontrol penggunaan energi tubuh, hampir setiap sistem organ terpengaruh dan fungsi tubuh secara keseluruhan melambat. Gejala umum  yang terjadi adalah kelelahan, kenaikan berat badan, rasa dingin, nyeri sendi dan otot, rambut kering dan kulit, depresi, masalah kesuburan, dan detak jantung melambat.

Sindrom kelelahan kronis adalah gangguan kelelahan ekstrim dan toleransi yang buruk untuk aktivitas fisik yang telah berlangsung enam bulan atau lebih lama dan tidak dapat dijelaskan oleh kondisi medis lainnya. Gejala termasuk masalah tidur, membutuhkan waktu lama untuk pulih dari aktivitas fisik ringan, kehilangan ingatan dan ketajaman mental, nyeri pada otot dan sendi, dan sakit kepala.

Kekurangan atau ketidakseimbangan elektrolit karena aktivitas fisik yang berat atau diet yang buruk memperlambat kontraksi otot dan menyebabkan kram dan kelemahan. Efek samping obat statin juga dapat menyebabkan nyeri otot dan sakit seperti flu.

Penyakit arteri perifer (PAD) adalah penyumbatan lemak (aterosklerosis) di pembuluh yang membawa darah dari jantung ke kaki dapat menyebabkan rasa sakit di kaki dari pengerahan seperti berjalan. Gejalanya adalah rasa sakit atau kram saat berjalan dan terjadi di area pantat, pinggul, paha, atau betis. Gejala lainnya dari PAD termasuk atrofi otot, kulit yang dingin saat disentuh, penurunan atau tidak ada denyut di kaki, luka yang tidak menyembuhkan di kaki atau kaki, dan jari kaki dingin atau mati rasa.

 

Penanganan Nyeri Otot

Nyeri otot sering mendapatkan respons baik terhadap perawatan di rumah. Beberapa langkah yang dapat diambil untuk menghilangkan ketidaknyamanan otot akibat cedera dan penggunaan berlebihan meliputi mengistirahatkan area tubuh yang mengalami sakit dan nyeri, konsumsi pereda nyeri seperti ibuprofen, meletakkan kompres es ke area yang terkena untuk membantu mengurangi rasa sakit dan mengurangi peradangan.

Cara lain yang dilakukan untuk mengurangi rasa nyeri seperti meregangkan otot dengan lembut, menghindari aktivitas berdampak tinggi sampai setelah nyeri otot hilang, menghindari sesi angkat berat sampai nyeri otot teratasi, istirahatkan otot dari segala aktivitas berat, lakukan latihan seperti yoga dan meditasi untuk meredakan ketegangan.

 

Pencegahan Nyeri Otot

Jika nyeri otot disebabkan oleh ketegangan atau aktivitas fisik, meregangkan otot sebelum melakukan aktivitas fisik dan setelah berolahraga, tetap terhidrasi dengan baik, olahraga teratur, bangun dan lakukan peregangan secara teratur jika sedang dalam suatu posisi waktu lama. Otot yang sakit mungkin disebabkan oleh sesuatu selain ketegangan dan aktivitas fisik. Pada hal ini, pengidap wajib melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengatasi penyebabnya.

 

Kapan Harus ke Dokter?

Jika kamu mengalami nyeri otot yang berpengaruh pada aktivitas sehari-hari, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Untuk pemeriksaan lebih lanjut, kamu dapat melakukan janji temu dengan dokter di rumah sakit yang terbaik menurut kamu di sini.