Ini 5 Cara Menghentikan Pendarahan karena Luka Sayatan

2 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   20 Desember 2022

“Luka sayatan yang berdarah juga dapat diobati sendiri sembari menunggu bantuan medis. Kamu pun perlu memperhatikan beberapa metode untuk menghentikan pendarahan akibat luka sayatan.”

Ini 5 Cara Menghentikan Pendarahan karena Luka SayatanIni 5 Cara Menghentikan Pendarahan karena Luka Sayatan

Halodoc, Jakarta – Cedera dan kondisi medis tertentu seperti luka sayatan dapat mengakibatkan pendarahan. Ini dapat memicu kecemasan dan ketakutan, walaupun pendarahan sebenarnya bagian dari proses penyembuhan. Namun, kamu tetap perlu memahami cara menangani pendarahan akibat luka sayatan, serta kapan harus mencari bantuan medis.

Semua pendarahan perlu dikendalikan, karena jika dibiarkan pendarahan dapat menyebabkan syok hingga kematian. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara menghentikan pendarahan karena luka sayatan berikut ini!

Cara Menghentikan Pendarahan karena Luka Sayatan

Jika luka cukup signifikan, segera bawa ke rumah sakit. Namun, jika lukanya tidak terlalu parah dan besar, kamu bisa menghentikan pendarahannya dengan beberapa metode mandiri.

Luka sayatan yang berdarah juga dapat diobati dengan cepat sembari menunggu bantuan medis.

Berikut adalah beberapa cara untuk menghentikan pendarahan dari luka sayatan.

1. Tekan Luka yang Berdarah

Menerapkan tekanan atau menutupi luka terbuka yang mengeluarkan darah adalah langkah pertama untuk menghentikan aliran darah dari luka. Darah harus menggumpal untuk bisa memulai proses penyembuhan.

Gunakan kain kasa atau pembalut luka jenis lain untuk menutupi dan menekan luka. Kasa akan membantu proses pembekuan darah dan menahan darah di luka. Jika kamu tidak memiliki kain kasa, kamu dapat menggunakan handuk bersih.

2. Tinggikan Bagian Tubuh yang Berdarah

Darah yang mengalir ke bawah akan lebih mudah terkontrol daripada ke atas karena arah gravitasi. Cara ini dapat digunakan untuk menghentikan pendarahan. Tangan yang terluka harus diangkat setidaknya lebih tinggi dari dada. 

Saat darah melambat, lebih mudah untuk menghentikannya dengan dibantu tekanan langsung pada luka. Ingat, posisi tangan yang terluka harus di atas jantung dan harus tetap menekannya.

3. Bersihkan Luka

Setelah menekan luka untuk menghentikan pendarahan, kamu harus membersihkan area luka dengan air dan sabun untuk menghilangkan kotoran yang masih menempel. Hindari penggunaan bahan antiseptik, seperti hidrogen peroksida, karena dapat menyebabkan iritasi serta memperparah luka.

4. Gunakan Perban untuk Menutup Luka

Kamu dapat menutup luka dengan perban kedap air jika luka berada di area yang mudah kotor, seperti tangan, atau mudah terkena gesekan pakaian, seperti area lutut. Lakukan penggantian perban setiap hari dan segera ketika kotor atau basah, untuk menjaga luka tetap bersih dan kering.

5. Oleskan Krim Antibiotik

Jika luka tampak kotor, oleskan sedikit salep antibiotik untuk menghentikan infeksi dan mempercepat proses penyembuhan. Salep antibiotik dapat menyebabkan reaksi alergi dan ruam pada orang tertentu. Jadi, sebelum menggunakannya, konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu.

Itulah pembahasan seputar cara menghentikan pendarahan akibat luka sayatan. Apabila kamu perlu konsultasi dokter, jangan ragu untuk membuat janji medis menggunakan aplikasi Halodoc untuk cek kesehatan yang lebih mudah. Yuk, download Halodoc secara gratis di App Store atau Google Play.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. How to Stop Bleeding.
Web MD. Diakses pada 2022. Bleeding Cuts and Wounds.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan