• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 5 Manfaat Infused Water Bagi Tubuh yang Jarang Diketahui
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 5 Manfaat Infused Water Bagi Tubuh yang Jarang Diketahui

Ini 5 Manfaat Infused Water Bagi Tubuh yang Jarang Diketahui

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 30 Juni 2022

“Terdapat beberapa manfaat kesehatan yang diyakini dapat diperoleh dari mengonsumsi infused water. Salah satunya adalah melawan efek penuaan pada tubuh.”

Ini 5 Manfaat Infused Water Bagi Tubuh yang Jarang DiketahuiIni 5 Manfaat Infused Water Bagi Tubuh yang Jarang Diketahui

Halodoc, Jakarta – Hingga saat ini infused water merupakan salah satu minuman yang memiliki banyak peminat. Minuman ini terbuat dari potongan buah yang direndam dalam air putih di dalam sebuah botol. Dalam membuatnya, bahan yang direndam juga umumnya berbeda-beda, karena bergantung pada selera masing-masing orang. Ada sebagian orang yang menyukai apel dicampurkan dengan kayu manis. Sementara beberapa lainnya menyukai buah-buahan lain seperti stroberi, lemon, atau mentimun. 

Berdasarkan bahannya, infused water dianggap sebagai salah satu minuman sehat yang sebaiknya dikonsumsi. Lantaran memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, kira-kira apa saja manfaat infused water bagi tubuh? Yuk, simak informasinya di sini! 

Manfaat Infused Water Bagi Tubuh

Terdapat beberapa manfaat kesehatan yang diyakini dapat diperoleh dari mengonsumsi infused water, seperti: 

1. Melawan Efek Penuaan 

Infused water yang dibuat dari buah-buahan yang kaya antioksidan, seperti delima dan stroberi yang dianggap memiliki kemampuan untuk melawan efek penuaan. Hal ini dikarenakan di dalam buah delima dan stroberi terdapat kandungan antioksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas yang memiliki efek buruk bagi tubuh. Minum infused water bisa memberikan manfaat untuk melawan antipenuaan daripada hanya minum air putih saja. 

Bila ingin memaksimalkan jumlah antioksidan di dalam pola makan sehari-hari, ada baiknya kamu mengonsumsi beragam buah dan sayur-sayuran secara langsung juga. Karena keduanya dipercaya bisa menghambat proses penuaan bila rutin dikonsumsi.

2. Memenuhi Kebutuhan Cairan

Bagi kamu yang tidak suka mengonsumsi air putih atau buah-buahan, infused water bisa menjadi alternatif. Pada umumnya, orang yang tidak suka minum air putih akan memilih meminum kopi, teh, atau minuman ringan kemasan yang sebenarnya bisa membuat tubuh menjadi makin kekurangan cairan karena adanya kandungan kafein. Selain itu, minuman-minuman ini mengandung kadar gula dan kalori yang tinggi dibandingkan dengan air mineral. 

Jika kamu mengonsumsi minuman ini, kamu bisa mengonsumsi air mineral dengan aneka rasa berbeda karena bisa dikombinasikan dengan macam-macam buah setiap hari sesuai dengan yang kamu inginkan. Di samping itu, tubuh juga akan mendapatkan asupan vitamin dan mineral yang baik bersumber dari buah yang digunakan.

3. Membantu Menjaga Kekebalan Tubuh

Musim pancaroba rentan akan penularan berbagai  penyakit. Oleh karena itu, cobalah untuk mengonsumsi infused water dengan campuran air mineral dan potongan lemon. Sebab, lemon diketahui kaya akan vitamin C yang dapat menghilangkan racun pada tubuh sekaligus menjaga daya tahan tubuh. 

4. Melancarkan Organ Pencernaan

Manfaat infused water juga dapat membantu tubuh dalam melancarkan organ pencernaan. Manfaat ini dapat diperoleh jika kamu mencampurkan air dengan irisan lemon. Selain tinggi vitamin C, lemon juga bersifat diuretik sehingga dapat merangsang pergerakan gastrointestinal tubuh jika dicampur air hangat. 

5. Membantu Turunkan Berat Badan

Meski belum ada penelitian medis yang membuktikan manfaat infused water ini, tapi mengonsumsi air putih dapat membuatmu cepat merasa kenyang. Alhasil, porsi makanan yang kamu konsumsi dapat dikurangi, sehingga kamu jadi terhindar dari risiko makan berlebihan. Selain itu, air putih juga telah terbukti dapat meningkatkan laju metabolisme, sehingga tubuh akan membakar kalori lebih banyak. 

Itulah beberapa manfaat infused water bagi tubuh. Mulai dari melawan efek penuaan hingga dipercaya dapat membantu turunkan berat badan. Perlu diingat dalam membuat minuman tersebut adalah menggunakan air matang dan buah yang digunakan segar serta telah dicuci bersih. 

Hal yang juga tidak kalah penting untuk dilakukan adalah dengan memenuhi segala asupan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Selain konsumsi makanan sehat, kamu juga dapat memenuhinya melalui konsumsi suplemen kesehatan. 

Nah, jika saat ini kamu membutuhkannya, kamu bisa cek kebutuhan vitamin dan suplemen melalui aplikasi Halodoc. Tentunya tanpa perlu keluar rumah atau mengantre lama di apotek. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Referensi: 

Food NDTV. Diakses pada 2022. 6 Wonderful Health Benefits of Detox Drinks. 
Healthline. Diakses pada 2022. Detox Water Health Benefits and Myths. 
WebMD. Diakses pada 2022. Are There Health Benefits to Drinking Infused Water?