Ini 5 Manfaat Mengajarkan Anak Menyikat Gigi Sedari Dini

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   31 Januari 2023

“Ada banyak manfaat yang bisa ibu rasakan ketika mengajarkan anak menyikat gigi sejak dini. Contohnya membuat gigi anak tumbuh dengan baik dan mengoptimalkan tumbuh kembang anak.”

Ini 5 Manfaat Mengajarkan Anak Menyikat Gigi Sedari DiniIni 5 Manfaat Mengajarkan Anak Menyikat Gigi Sedari Dini

Halodoc, Jakarta – Menyikat gigi adalah salah satu kebiasaan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bukan hanya orang tua, anak-anak juga perlu menjaga kesehatannya dengan menyikat gigi.

Namun, pastikan orang tua mengajarkan anak menyikat gigi secara tepat agar manfaatnya bisa dirasakan dengan baik. Nah, apa saja sih manfaat dari mengajarkan anak menyikat gigi sejak dini?

Manfaat Mengajarkan Menyikat Gigi Sejak Dini

Sebaiknya jangan abai untuk mengajarkan anak menyikat gigi sejak dini. Orang tua perlu mengenalkan kebiasaan ini sejak anak memiliki gigi pertama. Biasanya, anak akan memiliki gigi pertama mereka di usia lima bulan.

Cobalah untuk mengajak anak menyikat gigi bersama-sama agar anak lebih semangat dalam melakukan kebiasaan ini. Selain itu, gunakan sikat gigi khusus untuk anak sesuai dengan usianya agar proses ini dapat berjalan dengan baik.

Ada banyak manfaat yang bisa ibu dan anak rasakan ketika mengenalkan anak menyikat gigi sejak dini, seperti:

Home Lab Halodoc

1. Membuat gigi anak tumbuh dengan baik

Mengajarkan anak menyikat gigi sejak pertumbuhan gigi pertama membuat seluruh gigi anak dapat bertumbuh secara optimal. Proses menyikat gigi bisa menjadi stimulasi untuk gigi lainnya yang belum yang bertumbuh dengan optimal.

2. Mencegah munculnya plak pada gigi

Menyikat gigi membantu menghilangkan sisa makanan atau susu yang menempel pada permukaan dan sela-sela gigi. Jika melakukan kebiasaan ini secara rutin, gigi anak akan bersih sehingga terhindar dari penumpukan plak yang bisa menyebabkan gangguan pada kesehatan gigi dan mulut.

3. Mencegah bau mulut pada anak

Membersihkan sisa makanan dapat mencegah timbulnya bau mulut. Selain itu, jangan lupa ingatkan anak untuk membersihkan lidahnya secara lembut. Tujuannya agar bakteri atau kuman yang menumpuk pada lidah dapat bersih secara optimal.

4. Mencegah gigi berlubang

Bukan hanya orang tua, anak-anak juga bisa mengalami kondisi gigi berlubang. Karena itu, jangan lupa untuk selalu mengajak anak untuk membersihkan gigi agar kesehatan gigi dapat terjaga dengan baik.

5. Mengoptimalkan tumbuh kembang anak

Ternyata bukan hanya untuk merawat gigi, mengajarkan anak kebiasaan ini juga bisa mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Menurut ahli, mengajarkan anak sikat gigi sejak dini mampu mengoptimalkan tumbuh kembang anak.

Dengan menyikat gigi, maka kebiasaan ini mampu merangsang gusi untuk mengoptimalkan pertumbuhan gigi. Selain itu, menyikat gigi juga membantu meningkatkan gerakan refleks dan terkendali pada anak.

Itulah beberapa manfaat mengajarkan anak sikat gigi sejak dini. Agar manfaat tersebut terasa secara optimal, ajak anak untuk melakukan pemeriksaan kesehatan gigi sebanyak dua kali dalam satu tahun.

Tips Merawat Kesehatan Gigi

Selain mengajarkan anak untuk menyikat gigi, ada berbagai cara lain yang bisa ibu lakukan untuk merawat kesehatan gigi anak, seperti:

  • Memberikan anak lebih banyak air putih jika usianya sudah memasuki usia di atas enam bulan.
  • Memberikan lebih banyak buah dan sayur.
  • Batasi asupan makanan dengan tambahan gula.
  • Mengganti sikat gigi setiap tiga bulan sekali.

Itulah beberapa perawatan yang bisa ibu lakukan untuk menjaga kesehatan gigi anak.

Jika anak mengalami keluhan kesehatan gigi, segera tanyakan langsung pada dokter gigi menggunakan Halodoc. Caranya download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play. Dengan begitu, ibu bisa memberikan perawatan sederhana secara sementara untuk meredakan keluhan kesehatan yang terjadi pada anak.

Referensi:
Better Health. Diakses pada 2023. Toothbrushing – Children 0-6 Years.
Medline Plus. Diakses pada 2023. Brushing Your Child’s Teeth.
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. When and How Often Should You Brush Your Teeth?
Kids Healthy. Diakses pada 2023. Keeping Your Child’s Teeth Healthy.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan