Ini 5 Olahraga yang Bisa Dilakukan Ibu Hamil di Trimester Pertama

Ditinjau oleh  dr. Verury Verona Handayani   05 Januari 2022
 Ini 5 Olahraga yang Bisa Dilakukan Ibu Hamil di Trimester Pertama Ini 5 Olahraga yang Bisa Dilakukan Ibu Hamil di Trimester Pertama

"Meski sedang hamil, olahraga tetap bisa dilakukan. Berolahraga saat hamil juga bisa mencegah ibu dan janin terserang berbagai macam penyakit. Untuk kehamilan trimester pertama, olahraga yang bisa ibu lakukan, di antaranya adalah senam kegel, berjalan kaki, atau yoga."

Halodoc, Jakarta – Olahraga teratur selama kehamilan dapat memperbaiki postur tubuh dan mengurangi ketidaknyamanan yang biasa terjadi selama kehamilan seperti sakit punggung dan kelelahan. Olahraga selama kehamilan dapat mencegah diabetes gestasional (diabetes yang berkembang selama kehamilan), menghilangkan stres, dan meningkatkan energi serta stamina yang dibutuhkan untuk persalinan dan melahirkan. Lantas, jenis olahraga seperti apa yang bisa dilakukan bumil di trimester pertama? Selengkapnya baca di sini!

Manfaat Olahraga selama Kehamilan

Bagi ibu hamil, ada banyak manfaat olahraga selama kehamilan selain penurunan risiko diabetes, yaitu: 

1. Mengurangi mual di pagi hari.

2. Tidur yang lebih baik.

3. Membuat suasana hati membaik.

4. Mengurangi stres dan kecemasan.

5. Mengurangi kelelahan.

6. Persalinan lebih mudah.

7. Mengurangi risiko sembelit dan wasir.

8. Meningkatkan kemampuan untuk mengelola penambahan berat badan dan mempertahankan berat badan yang sehat selama dan setelah kehamilan.

Selain itu, ibu hamil yang berolahraga secara teratur selama kehamilan cenderung melahirkan normal dan tidak membutuhkan persalinan caesar. Latihan berdampak rendah adalah yang paling aman selama kehamilan. Jenis latihan seperti ini tidak akan menyebabkan komplikasi yang terkait dengan kelainan bawaan dan keguguran.

Olahraga bisa berbahaya buat bumil jika:

1. Menempatkan terlalu banyak tekanan pada rahim dan janin.

2. Memberi tekanan berlebihan pada sendi, otot, dan tulang.

3. Menyebabkan panas berlebih.

4. Memicu dehidrasi.

Setiap bumil mendapatkan manfaat olahraga dengan cara yang berbeda. Nah, kalau ibu hamil ingin membeli obat atau multivitamin, gunakan saja Halodoc. Tanpa perlu keluar rumah, pesanan ibu akan sampai ke tempat tujuan dalam waktu kurang dari satu jam. Ayo, download aplikasinya di App Store atau Google Play!

Jenis Olahraga yang Dilakukan di Trimester Pertama

Olahraga yang aman untuk bumil adalah yang punya dampak rendah, misalnya seperti berenang, jalan cepat, bersepeda stasioner dalam ruangan, atau aktivitas yang membawa sedikit risiko cedera, bermanfaat bagi seluruh tubuh, dan dapat dilanjutkan hingga anak lahir. Berikut ini adalah contohnya:

1. Kegel

Senam kegel, atau senam dasar panggul, bekerja memperkuat otot yang menopang organ perut, termasuk rahim, vagina, usus, dan kandung kemih. Latihan ini juga membantu menjaga kontrol fungsi kandung kemih dan mengurangi risiko wasir.

2. Berjalan Kaki

Berjalan di permukaan yang rata adalah salah satu bentuk olahraga yang paling lembut dan berdampak rendah, sehingga ideal untuk ibu hamil. Mengayunkan lengan dengan gerakan lebar dan berirama saat berjalan dapat menyebabkan peningkatan detak jantung. Berjalan di tempat yang tenang dan alami juga dapat membantu meningkatkan mood positif dan relaksasi.

3. Berenang dan Aerobik Air

Berenang dan aerobik air juga mendorong perkembangan dan kelenturan otot dengan risiko ketegangan atau cedera yang sangat rendah. 

4. Yoga

Selain baik untuk fisik, yoga mendorong keterampilan kesadaran yang bisa sangat membantu selama persalinan, seperti pernapasan terkontrol dan meditasi.

5. Pilates

Pilates dapat meningkatkan kekuatan dan keseimbangan inti, yang dapat mengurangi risiko terjatuh karena kurangnya keseimbangan. 

Walaupun olahraga baik untuk bumil, hal-hal yang harus diingat adalah:

  • Tetap terhidrasi.
  • Tetap tenang dan kenakan pakaian yang longgar.
  • Kenakan sepatu yang pas, suportif, dan tidak licin.
  • Ketahui kapan harus mengurangi intensitas latihan.
  • Tetapkan tujuan yang realistis dan cobalah untuk mematuhinya.
  • Ingatlah untuk bernapas dan mewaspadai detak jantung selama latihan.
  • Selain itu, penting untuk berhenti dan istirahat setiap kali merasa lelah atau lemah.
Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2022. Which exercises are safe during early pregnancy?
WebMD. Diakses pada 2022. Exercise During Pregnancy.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan