Ini 5 Penyakit yang Bisa Menyerang Pita Suara

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   20 Januari 2023

“Pita suara terletak di laring pada tenggorokan yang berguna untuk menghasilkan suara. Jika kondisi ini mengalami gangguan, mungkin saja kamu tidak mengeluarkan suara sama sekali saat berbicara.”

Ini 5 Penyakit yang Bisa Menyerang Pita SuaraIni 5 Penyakit yang Bisa Menyerang Pita Suara

Halodoc, Jakarta – Pita suara adalah bagian yang penting dalam memengaruhi suara atau kemampuan untuk berbicara. Pita suara terletak di laring, yaitu di bagian atas batang tenggorokan (trakea).

Saat bagian ini mengalami masalah, kamu mungkin kehilangan suara sementara hingga penyebabnya teratasi. Namun, apa saja sih penyakit yang bisa menyerang pita suara? Berikut ulasannya!

Berbagai Penyakit yang Mengganggu Pita Suara

Gangguan pada pita suara adalah masalah anatomi atau fungsional yang dapat memengaruhi bagian pada trakea tersebut. Pita suara perlu bergetar dan mengantarkan udara melewati bagian ini dari paru-paru untuk menghasilkan suara.

Jika bagian tersebut tidak bergetar, maka kemungkinan tidak ada suara yang dihasilkan. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai macam masalah pada pita suara, antara lain:

1. Nodul pita suara

Salah satu gangguan pada pita suara ini disebabkan oleh pertumbuhan kecil, keras, dan menyerupai kalus. Kondisi ini disebabkan oleh penyalahgunaan vokal.

Pertumbuhan nodul ini dapat terjadi secara berpasangan, dengan satu nodul pada setiap pita suara di area yang mengalami iritasi paling parah.

2. Polip pita suara

Polip merupakan pertumbuhan kecil dan lunak yang umumnya muncul sendiri di pita suara. Mirip dengan nodul, gangguan ini dapat disebabkan oleh penyalahgunaan vokal.

Namun, seseorang yang terpapar iritasi jangkan panjang, seperti asap kimia atau asap rokok, juga memiliki risiko terhadap polip.

3. Ulkus kontak

Penyakit ini disebabkan oleh erosi dan luka yang terjadi pada pita suara. Seseorang yang mengalaminya memiliki kebiasaan menggunakan kekuatan besar di awal berbicara. Padahal seharusnya, ia meningkatkan kekuatan dan kenyaringan secara bertahap.

Selain itu, ulkus juga bisa disebabkan oleh GERD atau naiknya asam lambung ke tenggorokan. Ini adalah kondisi saat isi lambung mengalir kembali ke kerongkongan dan mengiritasi laring.

4. Laringitis

Gangguan yang disebut juga dengan radang tenggorokan ini terjadi saat pita suara mengalami pembengkakan akibat peradangan atau infeksi. Pita suara yang membengkak bergetar berbeda dari biasanya, sehingga mengubah suara yang khas dihasilkan.

Kamu bisa kehilangan suara jika peradangannya sangat parah, sehingga tidak ada suara yang dihasilkan saat bicara. Tindakan pengobatan perlu dilakukan untuk mengembalikan suara kembali seperti saat normal.

5. Tuberkulosis pita suara

Serangan bakteri penyebab TBC ternyata juga bisa terjadi pada pita suara. Gangguan ini dapat menyebabkan gangguan pada suara, seperti suara serak ringan, berat, hingga tidak keluar sama sekali.

Saat mengalami kondisi ini, kamu bisa merasa nyeri saat menelan, berat badan menurun, nafsu makan berkurang, hingga berkeringat di malam hari.

Nah, sekarang kamu tahu berbagai jenis penyakit pada pita suara yang bisa terjadi. Dengan menjaga kesehatan dari tenggorokan, terutama laring, kamu bisa menghindari berbagai masalah yang disebutkan. Tentunya hal ini penting untuk dilakukan pada seseorang yang hidupnya tergantung pada suara yang dihasilkan.

Apabila ingin mengetahui lebih jauh tentang berbagai gangguan pada pita suara, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan untuk mendapatkan jawaban dari ahlinya.

Kamu bisa berinteraksi langsung dengan dokter kapan dan dimana saja sesuai keinginan. Maka dari itu, ayo download aplikasi Halodoc untuk menikmati kemudahan tersebut!

Referensi:
Harvard Health Publishing. Diakses pada 2023. Vocal Cord Disorders.
Johns Hopkins Medicine. Diakses pada 2023. Vocal Cord Disorders.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan