Catat, Ini Cara Merawat Kesehatan Pita Suara

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   20 Januari 2023

“Pita suara adalah bagian tubuh yang penting agar kamu dapat berkomunikasi dengan baik. Setiap orang perlu menjaga bagian ini agar tidak menimbulkan masalah dalam aktivitas harian.”

Catat, Ini Cara Merawat Kesehatan Pita SuaraCatat, Ini Cara Merawat Kesehatan Pita Suara

Halodoc, Jakarta – Kesehatan pita suara sangat penting untuk diperhatikan, terlebih pada seseorang yang profesinya bergantung pada suara. Oleh karena itu, mereka yang berprofesi sebagai penyanyi, penyiar radio, pembawa acara, dan lain sebagainya, harus menjaga kesehatan pita suara mereka agar bisa tampil dengan baik. 

Namun, semua orang sebetulnya perlu untuk tahu cara merawat kesehatan pita yang benar. Dengan begitu, suara yang dihasilkan tetap baik dan tanpa gangguan.

Cara Efektif untuk Merawat Pita Suara

Pita suara merupakan pita berupa jaringan segitiga yang berada di atas tenggorokan. Bagian ini terbuka saat bernapas dan ketika berbicara atau bernyanyi, serta menarik lebih erat saat membutuhkan suara yang lebih keras.

Namun, ada berbagai macam gangguan yang membuat bagian tubuh ini terganggu, seperti alergi, merokok, penggunaan yang berlebihan, hingga banyak berteriak. Saat pita suara mengalami iritasi atau peradangan, penutupannya tidak terjadi secara efisien. Oleh karena itu, suara yang ingin dihasilkan tidak sesuai, bahkan menghilang.

Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa menerapkan hal ini:

1. Berhenti merokok

Salah satu cara untuk menurunkan risiko pita suara dari gangguan adalah dengan berhenti merokok.

Sebab, kandungan pada rokok, seperti tembakau, nikotin, serta bahan kimia lainnya, dapat menyebabkan peradangan dan pembengkakan pada bagian tenggorokan tersebut.

Maka dari itu, pastikan untuk berhenti mengunyah dan merokok. Hal ini tentu saja buruk bagi kesehatan, baik dalam jangka pendek maupun panjang.

2. Hindari konsumsi alkohol berlebihan

Kamu juga perlu membatasi konsumsi alkohol dan kafein yang dikonsumsi setiap hari. Sebab, keduanya dapat menyebabkan efek dehidrasi, sehingga membuat pita suara menjadi tegang. 

Jika ingin mengonsumsi kopi atau minuman beralkohol, sebaiknya tidak dalam jumlah yang berlebihan.

3. Kurangi mengeluarkan suara keras

Jika kamu terbiasa berteriak atau mengeluarkan suara keras, cobalah untuk mengurangi intensitasnya. Saat melakukan hal tersebut, pita suara menjadi tegang yang berisiko menyebabkan kerusakan.

Jadi, pastikan membatasi mengeluarkan suara yang keras secara konstan.

4. Lakukan pemanasan

Sebelum melakukan kegiatan yang membutuhkan suara yang tegas, seperti mengajar, berpidato, hingga bernyanyi, sebaiknya lakukan peregangan terlebih dahulu.

Kamu bisa melemaskan leher dan bahu, bersenandung sebentar, hingga mencoba mengeluarkan nada dari rendah ke tinggi.

5. Pahami keadaan diri sendiri

Jika kamu mengalami suara serak dalam waktu beberapa minggu, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan. Terlebih jika memiliki kebiasaan merokok atau tanpa disertai gejala apa pun.

Jika suara kamu sedang serak, cobalah untuk mengistirahatkannya dan minum air lebih banyak.

6. Istirahatkan suara

Suara yang lelah dan terlalu sering digunakan rentan mengalami cedera. Apabila kamu baru saja banyak berbicara, terutama dengan suara lantang, sebaiknya luangkan waktu untuk beristirahat dari mengeluarkan suara. Hal ini berguna untuk menjaga kesehatan pita suara.

Itulah beberapa cara merawat kesehatan pita suara yang bisa kamu lakukan setiap hari. Lakukan semua hal tersebut, agar dapat menurunkan berbagai risiko kesehatan pada bagian di tenggorokan ini. Dengan begitu, berbagai aktivitas yang dilakukan setiap hari tidak terganggu akibat kehilangan suara.

Apabila masih memiliki pertanyaan lainnya, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan untuk mendapatkan jawaban dari ahlinya.

Untuk mendapatkan kemudahan ini serta berbagai fitur lainnya, kamu bisa download aplikasi Halodoc di smartphone sekarang juga!

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. 10 Ways to Keep Your Voice Healthy and Strong.
University of Michigan Health. Diakses pada 2023. Maintaining Vocal Health.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan