Ini 7 Cara Mencegah Cedera Engkel yang Kerap Terjadi pada Atlet

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   14 Desember 2022

“Cedera engkel adalah gangguan pada pergelangan kaki akibat perubahan gerakan secara tiba-tiba. Langkah mengatasinya dengan cara latihan keseimbangan dan menggunakan sepatu khusus.”

Ini 7 Cara Mencegah Cedera Engkel yang Kerap Terjadi pada AtletIni 7 Cara Mencegah Cedera Engkel yang Kerap Terjadi pada Atlet

Halodoc, Jakarta – Cedera engkel atau ankle sprain terjadi pada pergelangan kaki akibat urat yang mengikat tulang. Gangguan ini ini menyebabkan atau pada ligamen alias bagian yang membantu menyatukan tulang pergelangan kaki.

Cedera engkel dipicu oleh peregangan yang berlebihan saat berolahraga. Tak hanya itu, masalah ini juga bisa terjadi terjadi akibat melakukan gerakan memutar dan perubahan posisi secara tiba-tiba.

Gangguan yang umum dialami di pergelangan kaki ini dapat diatasi dengan melakukan latihan keseimbangan. Juga, latihan fleksibilitas, memilih sepatu yang sesuai dan menghindari pijakan atau permukaan yang tidak rata.

Tips Mencegah Cedera Engkel

1. Melakukan Latihan Keseimbangan

Langkah pertama guna mencegah cedera engkel yakni dengan melakukan latihan keseimbangan. Caranya dengan berdiri satu kaki, menggunakan tumit dan jari kaki saat berjalan, latihan squat dan memutar kaki searah jarum jam.

2. Menggunakan Sepatu Khusus

Seseorang dengan lengkungan kaki rendah harus memilih sepatu yang tepat. Sepatu harus memiliki bantalan untuk menopang lengkungan bawah telapak kaki. Juga, harus memiliki bantalan tumit yang empuk agar gerakan tetap stabil.

3. Tingkatkan Kekuatan Pergelangan Kaki

Langkah mencegah cedera engkel ini dilakukan dengan latihan kekuatan otot kaki, seperti squat, lunges, dips dan latihan penguatan karet gelang. Jika dilakukan secara rutin, latihan dapat membantu otot dalam mengontrol perubahan atau gerakan tubuh.

4. Meningkatkan Fleksibilitas

Tak hanya latihan keseimbangan, fleksibilitas juga perlu diasah dengan baik guna mencegah cedera engkel. Caranya dilakukan dengan teknik peregangan sederhana selama 30 hingga 60 detik setelah pemanasan.

Peregangan sederhana dapat membantu meredakan ketidaknyamanan dan meningkatkan mobilitas kaki bagian bawah, khususnya pada ligamen. Lakukan  cara ini dengan hati-hati dan tingkatkan intensitasnya secara bertahap.

5. Jangan Menginjak Permukaan Tidak Rata

Menginjak permukaan tidak rata menjadi salah satu pemicu cedera engkel. Jadi, biasakan untuk berhati-hati ketika melangkah atau berlari agar kaki tidak berpijak pada permukaan yang kasar.

6. Menggunakan Brace

Mencegah cedera engkel bisa dilakukan dengan menggunakan plester pergelangan kaki atau kinesio tape. Alat ini seperti koyo dan berfungsi untuk menjaga fungsi otot dan mempertahankan posisinya.

Alat ini juga dapat meringankan rasa sakit pada pergelangan kaki saat berolahraga. Juga, mempercepat proses pemulihan cedera di area persendian dan mengobati peradangan di area bawah kulit. Selain itu, Ini 7 Manfaat dan Cara Memakai Kinesio Tape yang perlu diketahui.

7. Dengarkan Sinyal dari Tubuh

Jika mengalami nyeri pergelangan kaki saat berolahraga, segera hentikan aktivitas dan beristirahatlah. Dengarkan sinyal dari tubuh, jangan memaksakan. Jalani proses rehabilitasi dan latihan sebelum kembali berolahraga. Tujuannya yakni mencegah terjadinya cedera berulang.

Penanganan pada pengidap cedera engkel tidak selalu sama, tergantung jenis dan tingkat keparahan yang dialami. Jika mengalaminya, silakan janji medis untuk melakukan perawatan. 

Guna menentukan tingkat keparahan cedera, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang. Di antaranya foto rontgen atau USG engkel untuk melihat kondisi otot, tulang dan urat.

Selanjutnya, dokter akan memberikan obat pereda nyeri, seperti ibuprofen dan paracetamol guna menurunkan intensitas rasa sakit. Pada kasus yang parah, prosedur pemasangan gips, operasi dan fisioterapi akan dilakukan.

Dapatkan juga informasi menarik lainnya seputar kesehatan, olahraga dan pola hidup sehat lainnya dengan mendownload Halodoc sekarang juga.

Referensi:
UCFS Health. Diakses pada 2022. Tips for Preventing Foot and Ankle Injuries.
Athletico Physical Therapy. Diakses pada 2022. 6 Ways to Prevent Ankle Sprains.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan