Ini 8 Camilan Sehat yang Bisa Menjaga Badan Tetap Langsing

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   08 Juni 2022

“Selain mengurangi porsi makan, memilih camilan sehat juga penting ketika ingin menurunkan berat badan. Beberapa camilan sarat dengan berbagai nutrisi yang bisa membantu menahan rasa lapar tanpa menaikkan berat badan.”

Ini 8  Camilan Sehat yang Bisa Menjaga Badan Tetap LangsingIni 8  Camilan Sehat yang Bisa Menjaga Badan Tetap Langsing

Halodoc, Jakarta – Mendapatkan bentuk tubuh singset tak cukup hanya dengan rutin berolahraga. Pola makan atau diet sehat tentunya juga dibutuhkan agar tubuh senantiasa sehat dan langsing. Selain mengurangi porsi makan, memilih camilan yang sehat juga penting agar kamu bisa menahan lapar tanpa menjadi gemuk.

Lantas, apa saja camilan sehat yang sebaiknya dikonsumsi agar bisa mendapatkan bentuk tubuh yang langsing? Ketahui di sini.

Pilihan Camilan Sehat Agar Badan Tetap Langsing

Berikut beberapa pilihan camilan sehat yang bisa kamu konsumsi tanpa rasa bersalah:

1.  Pisang

Jenis camilan terbaik adalah buah-buahan. Salah satu yang wajib dipilih adalah buah pisang. Selain mengenyangkan, buah berwarna kuning ini juga bisa memberi energi bagi kamu untuk beraktivitas sepanjang hari dan sebelum berolahraga. Pisang juga mengandung banyak mikronutrien yang baik bagi kesehatan, seperti vitamin B6, vitamin C, serat dan potasium. 

2.  Yoghurt

Kandungan vitamin B dan protein yang tinggi menjadikan yoghurt sebagai salah satu pilihan camilan sehat. Rutin mengonsumsi produk olahan dari susu ini dapat melancarkan pencernaan dan tidak menaikkan berat badan lo!

3.  Dark Chocolate

Dark chocolate alias cokelat hitam mengandung antioksidan konsentrat yang dapat memberi efek tenang. Mengonsumsi camilan sehat yang satu ini juga baik bagi kesehatan karena memiliki kadar gula yang rendah dan dapat membantu mengatasi kolesterol. Campurkan dark chocolate dengan kacang almond untuk camilan yang enak, praktis dan menyehatkan.

4.  Oatmeal

Camilan sehat ini mengandung serat yang tinggi, sehingga baik untuk dikonsumsi. Selain itu,  kandungan kalori dalam oatmeal cenderung rendah dan ramah bagi jantung. Rutin mengonsumsi oatmeal juga dapat membantu menjaga dan meningkatkan konsentrasi.

5. Kacang-kacangan

Kacang adalah camilan sehat yang bisa memberikan gizi seimbang sempurna antara lemak sehat, protein dan serat. Selain enak, mereka juga dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan dan sangat mengenyangkan. Studi juga menunjukkan bahwa meskipun kandungan kalori dan lemaknya lebih tinggi, makan kacang dalam jumlah sedang dapat membantumu menurunkan berat badan.

Beberapa jenis kacang yang bisa kamu pilih untuk camilan sehat, antara lain kenari, almond, kacang Brazil, hazelnut, kacang pinus, kacang macadamia, kacang mete, dan pistachio.

6. Apel dan Selai Kacang

Apel dan selai kacang adalah kombinasi yang sempurna untuk camilan yang bergizi dan enak. Buah apel bisa memberimu banyak asupan serat. Sementara itu, selai kacang bisa memberikan lemak sehat, protein nabati, dan serat yang merupakan nutrisi pengisi yang harus ada dalam camilan sehatmu. Coba tambahkan juga kayu manis untuk memperkuat rasa.

7. Chia Seeds

Chia seeds merupakan camilan kecil yang bisa membangkitkan energi dan sarat dengan serat, asam lemak omega-3 dan protein nabati. Kamu bisa mengonsumsi camilan sehat satu ini dengan mengolahnya menjadi puding atau minuman sehat.

8. Telur Rebus

Telur adalah salah satu makanan sehat dan baik untuk diet yang bisa kamu makan. Berkat kandungan proteinnya, makanan sehat ini juga mengenyangkan. Selain itu, telur juga bisa menjadi camilan praktis untuk dibawa saat bepergian dan kuning telurnya bisa memberi kamu nutrisi penting, seperti vitamin D dan kolin.

Bila kamu memiliki masalah dengan berat badan, baik itu obesitas atau terlalu kurus yang bisa mengganggu kesehatan, cobalah untuk berdiskusi dengan dokter. Kamu juga bisa memeriksakan kesehatan kamu dengan buat janji di rumah sakit melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Gym A Holic. Diakses pada 2022. 8 Healthy Snacks To Help You Achieve Your Fitness Goals
Healthline. Diakses pada 2022. 29 Healthy Snacks That Can Help You Lose Weight

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan