Ini 8 Jenis Radioterapi yang Bantu Sembuhkan Kanker

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   17 Januari 2023

“Radioterapi merupakan pengobatan yang efektif dalam mengatasi kanker. Ada berbagai macam jenis dari tindakan ini dengan cara penanganan yang berbeda-beda.”

Ini 8 Jenis Radioterapi yang Bantu Sembuhkan KankerIni 8 Jenis Radioterapi yang Bantu Sembuhkan Kanker

Halodoc, Jakarta – Kanker termasuk salah satu penyakit yang sangat berbahaya dan rentan menyebabkan kematian, sehingga perlu ditangani sesegera mungkin. Tindakan pengobatan yang bisa dipilih untuk mengatasi pertumbuhan sel kanker adalah radioterapi.

Ternyata ada beberapa jenis tindakan radioterapi yang dapat dipilih. Setiap jenisnya menggunakan teknik yang berbeda satu sama lain, sehingga manfaat yang bisa didapatkan bisa jadi berbeda pula.

Beberapa Jenis Radioterapi yang Efektif Atasi Kanker

Terapi radiasi adalah jenis pengobatan kanker yang menggunakan pancaran energi tertentu, lalu diarahkan ke bagian tubuh tempat sel kanker tumbuh. Tindakan ini dapat merusak sel dengan menghancurkan materi genetik pada sel kanker yang tumbuh, sekaligus meminimalisir hancurnya sel yang sehat.

Ada beberapa jenis pilihan radioterapi yang bisa dilakukan untuk mengatasi kanker, yaitu:

1. Terapi radiasi internal

Tindakan ini menggunakan sumber radioaktif di dalam atau berdekatan dengan lokasi kanker. Beberapa jenis umum dari cara pengobatan kanker ini, yaitu:

  • Brachytherapy

Metode ini melibatkan bahan radioaktif yang dimasukkan ke dalam tubuh. Benda kecil yang mengandung yodium radioaktif diletakkan di lokasi tumor dengan jarum atau kateter. Tindakan ini biasanya dilakukan sebagai prosedur rawat jalan.

Brachytherapy merupakan jenis radioterapi yang ampuh dalam mengatasi beberapa masalah, seperti kanker prostat, serviks, endometrium, vagina, hingga payudara.

  • Radiosurgery stereotactic (SRS)

Tindakan radioterapi ini menggunakan puluhan sinar radiasi kecil untuk menargetkan sel tidak normal pada tubuh. SRS dapat dilakukan untuk mengatasi kanker yang telah menyebar, terutama di otak.

Umumnya, metode ini untuk mengatasi kanker yang telah menyebar ke otak atau area kepala atau leher, glioma ganas, neuroma akustik, dan meningioma. Maka dari itu, seseorang yang mengalami kanker di area kepala dapat menjalani pengobatan ini agar lebih cepat sembuh.

2. Terapi radiasi eksternal

Cara ini dilakukan melalui pengiriman dengan mesin khusus yang langsung diarahkan ke lokasi kanker. Beberapa jenis terapinya, seperti:

  • Terapi proton

Metode ini menggunakan proton untuk mengirimkan radiasi langsung ke area tumor. Sinar ini dapat menyesuaikan bentuk dan kedalaman tumor, sehingga mampu melindungi sel sehat dari gangguan kanker yang menyebar.

Beberapa kanker yang bisa diatasi dengan radioterapi ini, antara lain kanker prostat, paru-paru, hati, kerongkongan, otak, hingga berbagai tumor langka lainnya. Tentunya dokter dapat menentukan pengobatan yang sesuai untuk dilakukan.

  • Akselerator linier MRI

Tindakan ini digunakan untuk melacak tumor dengan basis jaringan lunak saat tindakan dilakukan. Selama perawatan, MRI terus mendapatkan gambar jaringan dalam tubuh, sekaligus memberikan pancaran radiasi.

Cara ini memiliki kemampuan untuk menyesuaikan pengiriman radiasi sesuai dengan kebutuhan. Dokter kemungkinan besar memilih tindakan ini untuk mengatasi beberapa jenis kanker pada jaringan lunak, seperti kanker kepala dan leher serta kanker gastrointestinal.

Beberapa jenis tindakan radioterapi lainnya, antara lain:

  • 3D Conformal Radiation Therapy, efektif untuk mengatasi kanker otak, hati, paru-paru, dan prostat.
  • Terapi Radiasi Terpandu Gambar, kerap digunakan untuk mengobati kanker paru-paru, hati, pankreas, hingga kelenjar prostat.
  • Intensity Modulated Radiation Therapy, dipilih saat tumor berdekatan dengan organ normal di sekitarnya.
  • Terapi busur termodulasi volumetrik, untuk mengatasi jenis tumor padat, seperti kanker prostat, hati, hingga pankreas.

Itulah beberapa jenis radioterapi yang efektif dalam sembuhkan kanker. Dokter dapat menentukan tindakan yang terbaik bergantung pada tingkat keparahan, posisi dan jenis kanker yang dialami, hingga tingkat kesehatan orang tersebut.

Jika memiliki pertanyaan lainnya terkait pengobatan kanker yang efektif, fitur tanya dokter dan janji medis dari Halodoc bisa digunakan untuk mendapatkan jawaban langsung dari ahlinya.

Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan melalui smartphone di tangan. Yuk download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Radiation therapy.
MD Anderson Cancer Center. Diakses pada 2023. What are the types of radiation therapy used for cancer treatment?

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan