• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Alasan Kenapa Imunisasi BCG Harus Dilakukan

Ini Alasan Kenapa Imunisasi BCG Harus Dilakukan

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Kondisi bayi yang baru lahir ke dunia pasti tidak sama dengan orang dewasa seperti kita. Mereka yang baru lahir belum memiliki sistem kekebalan tubuh yang sempurna, sehingga rentan tertular berbagai macam penyakit. Melakukan vaksin atau imunisasi adalah cara untuk menstimulasi sistem kekebalan tubuhnya untuk membentuk antibodi baru yang nantinya bekerja menangkal berbagai macam penyakit.

Imunisasi BCG adalah salah satu jenis imunisasi yang harus diperoleh oleh Si Kecil. Bukan cuma bayi dan anak-anak saja, orang dewasa sebenarnya juga masih bisa melakukan imunisasi BCG. Berikut informasi seputar imunisasi BCG dan mengapa imunisasi ini harus dilakukan.

Baca Juga: Begini Tips Atasi Bayi Rewel Pasca Imunisasi BCG

Mengapa Imunisasi BCG Harus Dilakukan ?

Imunisasi BCG atau Bacille Calmette-Guérin adalah jenis vaksin untuk melawan penyakit tuberkulosis. Tuberkulosis adalah penyakit pernapasan yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis (Mtb). Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), tuberkulosis (TB) adalah penyebab utama penyakit dan kematian manusia di negara-negara berkembang. 

Penyakit ini dapat bersifat fatal, sehingga melakukan vaksin adalah satu-satunya cara untuk mencegah TB. Lantas, individu yang wajib mendapatkan imunisasi BCG, yaitu:

  • Vaksinasi BCG direkomendasikan untuk bayi dan anak-anak, terutama mereka yang tinggal di lingkungan yang tingkat kasus TB nya cukup tinggi. 
  • Orang dewasa yang berusia 16-35 tahun juga bisa mendapatkan imunisasi ini dan sangat diperuntukan untuk petugas kesehatan. 

Jika kamu khawatir terhadap penyakit ini, kamu bisa mengunjungi klinik atau rumah sakit yang menyediakan imunisasi ini. Kalau kamu punya pertanyaan seputar vaksin BCG atau penyakit tuberkulosis, kamu bisa menghubungi dokter Halodoc. Lewat aplikasi Halodoc, kamu bisa menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call.

Baca Juga: Perhatikan Hal Ini Sebelum Anak Imunisasi BCG

Kapan dan Bagaimana Imunisasi BCG Diberikan?

Pemberian imunisasi BCG umumnya dengan menyuntikan cairan vaksin ke bagian lengan atas. Pada bayi, imunisasi BCG langsung ditawarkan oleh rumah sakit segera setelah bayi lahir.  Imunisasi BCG harus diberikan pada bayi semenjak lahir sampai setidaknya mencapai usia tiga bulan. Jika setelah tiga bulan Si Kecil belum mendapatkan imunisasi, maka ia harus melakukan tes tuberkulin terlebih dahulu sebelum mendapatkan imunisasi.

Sedangkan pada orang dewasa, imunisasi BCG bisa dilakukan pada usia berapa pun. Namun, melansir dari National Health Service, imunisasi ini tidak begitu efektif pada orang dewasa. Usia yang paling efektif untuk mendapatkan imunisasi adalah 0-3 bulan. 

Apakah Imunisasi BCG Bisa Menimbulkan Efek Samping?

Hampir setiap orang yang mendapat imunisasi BCG akan mengalami bekas luka di lokasi injeksi. Tapi jangan khawatir, bekas luka injeksi tersebut akan hilang seiring berjalannya waktu. Selain bekas luka, efek samping lainnya adalah reaksi alergi ringan sampai serius (anafilaksis). Reaksi alergi ringan mungkin akan mereda. 

Baca Juga: Muncul Bisul setelah Imunisasi BCG, Apa Sebabnya?

Sedangkan reaksi alergi serius setelah mendapatkan imunisasi sangat jarang sekali terjadi. Kamu juga tidak usah khawatir, semua tenaga medis yang bertugas memberikan vaksin rata-rata sudah terlatih untuk menangani reaksi alergi. 

Referensi :
WHO. Diakses pada 2020. BCG vaccine.
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2020. BCG Vaccine.
National Health Services. Diakses pada 2020. BCG tuberculosis (TB) vaccine overview.
National Health Services. Diakses pada 2020. BCG (TB) vaccine side effects.