Ini Alasan Merokok Tingkatkan Risiko Kanker Mulut

Ditinjau oleh  dr. Verury Verona Handayani   06 November 2020
Ini Alasan Merokok Tingkatkan Risiko Kanker Mulut Ini Alasan Merokok Tingkatkan Risiko Kanker Mulut

Halodoc, Jakarta - Mengutip data dari British Medical Journal, kanker mulut tercatat telah menyebabkan lebih dari 140.000 kematian setiap tahun di seluruh dunia. Lebih dari 300.000 orang didiagnosis menderita kanker mulut setiap tahun. Di Inggris sendiri, kejadian kanker mulut telah meningkat hingga 68 persen selama 20 tahun terakhir. Menariknya, didapatkan data bahwa sebagian besar kanker mulut diakibatkan oleh merokok atau penggunaan tembakau dalam bentuk lain. Selain itu, kanker mulut terkait tembakau merupakan penyumbang penting bagi hilangnya produktivitas di negara berkembang akibat kematian dini. 

Meski belum diketahui secara pasti apa penyebab kanker mulut, beberapa faktor terkait gaya hidup yang buruk telah terbukti mampu meningkatkan risikonya. Salah satunya adalah kebiasaan merokok. Simak ulasan berikut ini mengenai pengaruh rokok bagi perkembangan kanker mulut!

Baca juga: Diabaikan, Kanker Mulut Berakibat Fatal dalam 3 Tahun

Merokok dan Kanker Mulut

Sekitar 90 persen kanker mulut memang dikaitkan dengan faktor gaya hidup yang dapat dicegah seperti merokok dan konsumsi alkohol berlebihan. Rokok tembakau dan alkohol dapat bersifat karsinogenik, artinya mengandung bahan kimia yang dapat merusak DNA dalam sel dan menyebabkan kanker.

Merokok tembakau meningkatkan risiko terkena kanker mulut hingga sepuluh kali lipat, dibandingkan dengan orang yang tidak pernah merokok. Ini termasuk menghisap rokok, pipa, atau cerutu. Ada juga bukti bahwa perokok pasif di rumah atau di tempat kerja dapat meningkatkan risiko seseorang terkena kanker mulut.

Sementara itu, alkohol dikaitkan dengan hampir sepertiga dari semua kasus kanker mulut. Jika kamu minum alkohol dan merokok, maka ini akan semakin meningkatkan risiko. Merokok dan minum bersama diduga bisa meningkatkan risiko kanker mulut hingga 30 kali lipat.

Sayangnya, hingga kini tidak diketahui secara pasti apa yang memicu perubahan DNA yang menyebabkan kanker mulut, atau mengapa hanya sebagian kecil orang yang mengembangkannya. Oleh karena itu, penelitian lebih mendalam terkait hal ini masih perlu dikembangkan.

Baca juga: Obat Kumur Bisa Picu Kanker Mulut?

Penyebab Lain Kanker Mulut

Ada beberapa penyebab kanker mulut yang perlu diwaspadai, antara lain: 

Menggunakan Produk Tembakau Tanpa Asap

Produk tembakau tanpa asap meliputi:

  • Tembakau kunyah.
  • Tembakau bubuk yang dirancang untuk dihirup.

Produk tembakau tanpa asap cukup berbahaya dan dapat meningkatkan risiko kanker mulut, serta kanker lainnya, seperti kanker hati, kanker pankreas, dan kanker esofagus.

Konsumsi Buah Pinang

Buah pinang adalah biji yang agak membuat ketagihan dari pohon palem sirih. Mereka banyak digunakan di banyak komunitas Asia Selatan, seperti orang-orang asal India, Pakistan, Bangladesh, dan Sri Lanka. Buah pinang memiliki efek stimulan yang mirip dengan kopi. Mereka juga memiliki efek karsinogenik, yang artinya dapat meningkatkan risiko kanker mulut. Risiko ini semakin meningkat dengan mengunyah buah pinang dengan tambahan tembakau, seperti yang dilakukan banyak orang di Asia Selatan.

Karena tradisi mengunyah buah pinang, tingkat kanker mulut jauh lebih tinggi pada orang-orang dari komunitas India, Pakistan, Bangladesh, dan Sri Lanka dibandingkan pada populasi lain pada umumnya.

Pola Makan

Ada bukti bahwa pola makan yang tidak sehat dapat meningkatkan risiko kamu terkena beberapa jenis kanker mulut. Makan makanan yang sehat dan seimbang yang mencakup banyak buah dan sayuran dianggap dapat mengurangi risiko terkena kanker mulut.

Human Papillomavirus (HPV)

Virus papiloma manusia (HPV) adalah sekelompok virus yang menyerang kulit dan selaput lembab di dalam tubuh, seperti yang ada di leher rahim, anus, mulut, dan tenggorokan. Kamu bisa tertular HPV melalui hubungan intim dengan orang yang sudah terinfeksi. Kamu tidak harus melakukan hubungan intim dengan penetrasi, cukup kontak kulit-ke-kulit. Ada bukti bahwa dalam kasus yang jarang terjadi, jenis HPV tertentu dapat menyebabkan pertumbuhan jaringan abnormal di dalam mulut, yang memicu kanker mulut.

Kebersihan Mulut yang Buruk

Karena kanker kadang-kadang dikaitkan dengan luka yang sudah berlangsung lama, ada kemungkinan kecil bahwa gigi yang bergerigi dan patah, yang menyebabkan bisul atau luka di lidah, dapat meningkatkan kemungkinan berkembangnya kanker mulut di sana. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan apa saja untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi.

Baca juga: Lakukan Ini untuk Mencegah Terjadinya Kanker Mulut

Jika kamu masih ingin tahu apa saja yang bisa sebabkan kanker mulut, sebaiknya tanyakan pada dokter di Halodoc. Dokter akan memberikan semua informasi yang kamu butuhkan untuk menjaga kesehatan mulut dan terhindar dari risiko kanker mulut. Kamu hanya butuh smartphone untuk bicara dengan dokter, kapan dan di mana saja!

Referensi:
NHS UK. Diakses pada 2020. Mouth Cancer.
Oral Health Foundation. Diakses pada 2020. Mouth Cancer Risk Factors.
The BMJ. Diakses pada 2020. Tobacco Related Oral Cancer.


Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan