Obat Kumur Bisa Picu Kanker Mulut?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
efek obat kumur,

Halodoc, Jakarta - Siapa yang tidak tau dengan khasiat obat kumur? Selain terasa menyegarkan, obat kumur merupakan cairan antiseptik yang digunakan untuk membersihkan sela-sela gigi, kerongkongan, serta permukaan lidah dan gusi. Selain itu, obat kumur juga digunakan sebagai penghilang bau mulut, menjaga mulut agar tetap lembar, serta menetralisir zat asam pada mulut.

Di dalam obat kumur mengandung zat antiseptik, fluoride, peroksida, antimikroba, serta zat perasa yang berfungsi sebagai aroma unik, seperti rasa mint atau buah. Namun, banyak rumor beredar luas yang mengatakan bahwa penggunaan obat kumur secara rutin justru bisa menimbulkan kanker mulut, benarkah?

Baca juga: Usia Belasan Juga Bisa Kena Kanker Mulut

Obat Kumur Bisa Picu Kanker Mulut

Sejumlah obat kumur yang dijual di pasar mengandung alkohol. Obat kumur ini biasa digunakan oleh sejumlah perokok untuk menghilangkan bau mulutnya setelah merokok. Ternyata, alkohol yang terdapat dalam obat kumur ini dapat membantu zat penyebab kanker yang terdapat dalam rokok, seperti nikotin untuk menembus lapisan mulut. Jika hal ini terjadi zat acetaldehyde, serta karsinogen dapat menumpuk di sekitar mulut.

Perokok yang menggunakan obat kumur akan meningkatkan risiko terjadinya kanker mulut. Dengan begitu, bagi para perokok yang ingin rutin menggunakan obat kumur, baiknya harus dengan izin dokter guna mencegah terjadinya kanker mulut. Selain bagi para perokok, seseorang dengan produksi air liur yang minim juga dapat mengonsumsi obat kumur setelah mendapatkan izin dokter.

Rutin menyikat gigi dengan pasta gigi fluoride sekaligus membersihkan sela-sela gigi merupakan cara paling baik untuk menjaga kesehatan mulut. Selain itu, jangan lupa untuk melakukan cek kesehatan rutin sebanyak dua kali dalam setahun. Perawatan gigi yang tidak baik juga dapat menjadi salah satu pemicu dari kanker mulut. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa diskusikan masalah ini dengan dokter ahli dari Halodoc melalui Chat atau Voice/Video Call.

Baca juga: Ini Bedanya Kanker Mulut dan Kanker Lidah

Berikut Tips Menjaga Kesehatan Mulut

Beberapa tips yang dapat kamu lakukan guna menjaga kesehatan mulut agar terhindar dari kanker mulut, antara lain:

  • Sikat gigi sebelum dan setelah tidur. Sikat gigi sebelum tidur dapat menghilangkan kuman dan plak pada gigi yang menumpuk seharian.

  • Bersihkan lidah dengan menggunakan pembersih lidah yang bisa kamu dapatkan di apotek atau toko yang menjual peralatan kesehatan terdekat.

  • Gunakan pasta gigi berfluoride. Fluoride sendiri merupakan unsur alami yang dapat ditemukan di air minum, serta makanan yang dikonsumsi. Zat ini juga dapat memperkuat enamel gigi.

  • Jangan menyikat gigi terlalu keras, karena gesekannya dapat merobek gusi, bahkan mengikis enamel gigi. Jika enamel gigi semakin menipis, akibatnya gigi akan menjadi lebih sensitif. 

  • Sikat gigi dengan lembut dengan gerakan arah yang memutar. Biasanya, lama durasi yang efektif untuk sikat gigi adalah selama dua menit. 

  • Jangan merokok, karena tembakau dapat menyebabkan gigi menguning dan bibir menghitam. Selain itu, kamu akan memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengidap penyakit gusi dan kanker mulut.

Baca juga: 5 Gejala Kanker Mulut yang Diabaikan

Kanker mulut akan ditandai dengan sariawan yang disertai dengan pendarahan, gigi goyang tanpa penyebab yang jelas, bercak merah atau putih dalam mulut, sariawan yang tidak kunjung sembuh hingga berminggu-minggu, serta adanya benjolan atau penebalan pada dinding mulut. Perhatikan gejalanya, jika muncul salah satunya, diskusikan dengan dokter segera. Penanganan yang tepat akan meminimalisir akibat yang kamu alami.