Kanker Mulut

Pengertian Kanker Mulut

Kanker mulut merupakan tumor ganas yang terjadi dalam rongga mulut, termasuk kanker bibir, gingiva, lidah, langit rongga mulut, rahang, dasar mulut, orofaringeal, kelenjar ludah, sinus maksilaris dan kanker yang terjadi di anterior selaput lendir kulit

 

Gejala Kanker Mulut

Pada umumnya pengidap kanker mulut adalah nyeri dan kesulitan menelan. Selain itu juga dapat ditemukan gejala berupa krusta, lesi hitam atau perdarahan pada mulut, maloklusi, bengkak di leher, perubahan rasa kecap serta perubahan suara.

 

Penyebab dan Faktor Risiko Kanker Mulut

Penyebab kanker mulut adalah multifaktorial. Tidak satu pun penyebab kanker rongga mulut ditemukan secara pasti, tetapi kedua faktor ekstrinsik dan intrinsik mungkin berhubungan.

Faktor ekstrinsik terdiri dari kebiasaan merokok, minuman alkohol, infeksi sifilis, dan terpapar sinar matahari (hanya kanker bibir). Faktor intrinsik terdiri dari penyakit sistemik, seperti anemia defisiensi besi.

Keturunan tidak menjadi faktor penyebab utama dari kanker mulut. Faktor resiko kanker mulut adalah perokok, alkoholik, mengunyah sirih atau tembakau, phenol dan radiasi. Serta virus HSV juga dicurigai dapat menyebabkan kanker mulut.

 

Diagnosis Kanker Mulut

Diagnosis ditegakkan berdasarkan pemeriksaan fisik, dan terutama dengan pemeriksaan bimanual serta diperlukan pemeriksaan penunjang seperti CT Scan atau MRI. Diagnosis pasti adalah berdasarkan pemeriksaan histopatologi.

 

Pencegahan Kanker Mulut

Dianjurkan untuk selalu menjaga kebersihan mulut karen riwayat terjadinya kanker leher dan kepala dengan kejadian kanker rongga mulut dan adanya hubungan dengan kebersihan mulut seseorang khususnya penyakit kandidiasis di rongga mulut.

 

Penanganan Kanker Mulut

Penatalaksanaan karsinoma lidah meliputi pembedahan, radioterapi, kemoterapi dan kombinasi.

 

Kapan Harus ke Dokter?

Jika terdapat luka pada rongga mulut yang tidak kunjung sembuh dan semakin parah, atau terdapat infeksi mulut yang berulang kali, segera periksakan diri ke dokter. Untuk melakukan pemeriksaan, bisa langsung membuat janji dengan dokter di rumah sakit pilihan kamu di sini.