Ini Beda Motorik Halus dan Kasar yang Perlu Diketahui

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   20 Januari 2023

“Orang tua harus mengenali perbedaan motorik halus dan kasar. Hal ini berguna untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak sesuai dengan usianya.”

Ini Beda Motorik Halus dan Kasar yang Perlu DiketahuiIni Beda Motorik Halus dan Kasar yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta – Selain memberikan asupan makanan yang bernutrisi, ibu juga perlu memberikan anak stimulasi agar perkembangan dan pertumbuhannya bisa berjalan dengan optimal. Tentunya, tumbuh kembang anak perlu disesuaikan dengan usia anak.

Selain keterampilan kognitif, ibu juga perlu memberikan stimulasi untuk mengoptimalkan kemampuan motorik halus dan kasar pada anak. Lalu, apa sih bedanya antara motorik halus dan kasar? Nah, berikut ulasan selengkapnya!

Perbedaan Motorik Halus dan Kasar

Keterampilan motorik adalah kemampuan anak untuk melakukan berbagai gerakan yang melibatkan otot. Keterampilan ini dibagi menjadi dua jenis yang berbeda, yaitu motorik halus dan motorik kasar.

Namun, ibu perlu mengetahui perbedaan keduanya agar proses pemberian stimulasi bisa berjalan dengan baik, sehingga tumbuh kembang bayi berjalan baik. Berikut perbedaan dan penjelasan mengenai kedua jenis keterampilan motorik.

1. Motorik halus

Keterampilan motorik halus adalah berbagai kemampuan yang dilakukan anak dengan kontrol dan ketelitian yang cukup baik, dalam menggunakan otot-otot kecil pada tangan dan pergelangan tangan.

Berbagai kegiatan yang menstimulasi motorik halus kerap membutuhkan koordinasi gerakan tangan, jari, hingga mata. Ada berbagai komponen dalam keterampilan motorik halus, seperti:

  • Menggenggam dan menyentuh objek.
  • Melakukan sesuatu dengan kedua tangannya, seperti mengambil sendok hingga mainan.
  • Bermain dengan kedua kakinya.

Kemampuan keterampilan motorik halus anak juga perlu didukung dengan kemampuan gerak dari kedua kaki, serta kemampuan bibir untuk bergerak atau mengecap sesuatu.

Ada beberapa tahapan perkembangan kemampuan keterampilan motorik anak disesuaikan dengan usianya, seperti:

  • Usia 0-3 bulan: Mampu menyentuh objek dan mengarahkan tangan ke dalam mulut.
  • 3-6 bulan: Mampu memindahkan objek dari satu tangan ke tangan yang lain, mampu melipat kedua tangan, dan meraih objek dengan kedua tangan.
  • 6-9 bulan: Mampu mengambil dan memegang objek secara mandiri, mampu memencet suatu benda, serta mampu menggunakan suatu objek untuk menggerakan benda lainnya.
  • 9-12 bulan: Mampu untuk mengonsumsi makanannya sendiri. Baik menggunakan sendok maupun secara langsung.
  • 12-18 bulan: Mampu tepuk tangan, menata lego, hingga melambaikan tangan.

2. Motorik Kasar

Keterampilan motorik kasar adalah gerakan yang melibatkan berbagai otot-otot besar. Gerakan tersebut meliputi berjalan, menendang, melompat, hingga menaiki tangga.

Keterampilan ini juga perlu didukung oleh kemampuan koordinasi tangan dan mata agar tumbuh kembangnya semakin optimal. Berikut ini beberapa keterampilan motorik kasar pada anak sesuai dengan usianya, yaitu:

  • 3-6 bulan: Mampu berguling, mengangkat tangan dan kaki saat berbaring, dan menahan kepala saat posisi duduk.
  • 6-12 bulan: Merangkak, mampu berdiri dari posisi duduk, serta mampu duduk secara mandiri.
  • 1 tahun: Mendaki beberapa objek yang rendah, mendorong dan menarik mainan, berjalan dengan bantuan.
  • 2 tahun: Mampu melompat dan berlari dengan bantuan.
  • 3 tahun: Mampu menggunakan sepeda roda tiga, berlari tanpa jatuh, serta melempar bola.

Selain itu, ada beberapa kegiatan lain yang mendukung kemampuan motorik kasar anak. Contohnya seperti berenang, bermain sepeda roda dua, hingga sepatu roda. 

Itulah perbedaan motorik halus dan kasar yang perlu ibu ketahui. Untuk mengoptimalkan perkembangan anak, pastikan anak mendapatkan asupan nutrisi yang tepat.

Selain dari makanan, ibu bisa memberikan suplemen vitamin agar kebutuhan anak terpenuhi dengan baik. Ibu bisa cek kebutuhan medis yang diperlukan menggunakan Halodoc. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga.

Referensi:

Baby Centre. Diakses pada 2023. What’s The Difference Between Fine Motor and Gross Motor Skills?

Very Well Family. Diakses pada 2023. Fine and Gross Motor Skills in Children.

Healthline. Diakses pada 2023. What Are Gross Motor Skills?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan