Ini Bedanya Jerawat Batu dengan Jerawat Biasa

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   29 Januari 2024

“Berbeda dengan jerawat biasa, jerawat batu berukuran lebih besar, merah, dan terasa nyeri. Untuk mengatasi jenis jerawat ini biasanya perlu pengobatan dari dokter kulit.”

Ini Bedanya Jerawat Batu dengan Jerawat BiasaIni Bedanya Jerawat Batu dengan Jerawat Biasa

Halodoc, Jakarta – Jerawat merupakan masalah kulit yang sangat umum terjadi, terutama pada remaja dan dewasa muda. Sebagian besar masalah kulit ini tergolong ringan dan mudah teratasi, tapi ada juga beberapa jenis jerawat yang sulit hilang, seperti jerawat batu atau jerawat matang.

Jenis jerawat ini berbeda dengan jerawat biasa. Mulai dari ukuran, penyebab, sampai penanganannya pun berbeda. Oleh sebab itu, kamu perlu mengetahui perbedaannya supaya dapat melakukan perawatan yang tepat.

Perbedaan Jerawat Batu dengan Jerawat Biasa

Sebenarnya tidak sulit untuk membedakan antara jerawat biasa dan jerawat batu. Nah, berikut perbedaan di antara keduanya:

1. Ukuran

Jerawat biasa ukurannya relatif kecil jika kamu bandingkan dengan jerawat batu. Pada jerawat batu, ukuran jerawat lebih besar, berwarna merah, dan terasa nyeri akibat kulit meradang. 

Itulah mengapa jenis ini juga mendapat julukan jerawat matang. Sementara jada jerawat biasa, bisa tampak memerah juga. Namun, itu umumnya tidak menimbulkan rasa nyeri.

2. Penyebab

Penyebab jerawat batu dan jerawat biasa sebenarnya sama. Keduanya bisa terjadi akibat bakteri, minyak, dan sel kulit mati terperangkap di dalam pori-pori. Namun, kondisi jerawat batu lebih parah daripada jerawat biasa. Jenis ini biasanya terjadi pada orang dengan tipe kulit berminyak.

Masalah kulit ini juga rentan terjadi pada remaja, wanita, serta orang paruh baya yang memiliki ketidakseimbangan hormon di tubuhnya.

3. Penyembuhan

Kedua jenis jerawat ini berbeda masa penyembuhannya. Jerawat biasa normalnya tergolong cepat, mungkin hanya beberapa hari sampai satu minggu saja. Pengobatannya pun tidak begitu sulit dan biasanya bisa hilang dengan menggunakan obat jerawat tanpa resep. 

Sedangkan jerawat batu muncul dari lapisan kulit yang lebih dalam, sehingga penyembuhannya  membutuhkan waktu yang lebih lama, mungkin sampai beberapa minggu. 

Karena terbentuk di lapisan kulit yang lebih dalam, terkadang pengobatan dengan krim atau produk-produk tanpa resep tidak begitu efektif untuk jerawat matang.

Selain membutuhkan waktu penyembuhan yang lebih lama, masalah kulit ini juga berisiko menimbulkan bekas.

Itu sebabnya, hindari memencet mencet jerawat yang bisa membuatnya semakin meradang sampai menimbulkan infeksi. 

Yuk cari tahu apa saja obat jerawat batu yang ampuh dengan baca artikel ini:” Ini 5 Rekomendasi Obat Jerawat Batu Paling Ampuh di Apotek”. 

Cara Mengatasi Jerawat Batu dan Jerawat Biasa

Pengobatan jerawat biasa tergolong mudah. Kamu hanya perlu rutin membersihkan wajah, tidak menyentuh jerawat dan memastikan kulit tetap lembap.

Supaya waktu penyembuhan semakin cepat, kamu juga bisa mencoba obat jerawat yang bisa kamu dapatkan tanpa resep di pasaran. 

Berbeda dengan jenis biasa, jerawat batu umumnya kurang efektif jika kamu obati hanya dengan obat-obat jerawat di pasaran.

Kamu mungkin perlu menemui dokter kulit untuk menentukan perawatan yang tepat. 

Beberapa pilihan pengobatan yang bisa ahli medis tersebut berikan, antara lain:

1. Antibiotik 

Obat ini berfungsi untuk mengontrol jumlah bakteri dan meredakan peradangan. Namun, kamu perlu menggunakan antibiotik sesuai petunjuk dokter.

Sebab, jika kamu menggunakannya sembarangan, khawatir ini dapat mengakibatkan resistensi bakteri terhadap antibiotik.

2. Pil KB 

Munculnya benjolan besar ini bisa terjadi akibat ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh. Minum pil KB dapat menyeimbangkan hormon. 

3. Retinoid 

Krim atau losion yang dokter resepkan umumnya mengandung retinoid. Kandungan ini dapat mengatasi pori-pori tersumbat, sehingga antibiotik bisa bekerja lebih efektif.

4. Isotretinoin 

Obat ini dapat meredakan berbagai penyebab jerawat. Namun, obat ini hanya boleh kamu gunakan dengan resep dokter. 

5. Spironolactone

Obat ini bekerja dengan cara membuang cairan berlebih dari tubuh untuk mengatasi jerawat batu. 

6. Suntikan steroid 

Dokter juga bisa menyuntikan steroid ke jerawat matang untuk mempercepat penyembuhannya. 

Selain obat-obatan di atas, kamu juga bisa coba gunakan cara alami. Yuk cari tahu lebih lanjut dengan baca ini: “5 Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami dan Tanpa Bekas”. 

Bila jerawat batu atau membandel tidak kunjung sembuh, kamu juga bisa  temukan juga obat dan produk kesehatan lainnya di Toko Kesehatan Halodoc, dan dikirim dari apotek tepercaya!

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2023. Pictures: Different Types of Acne & How to Treat Them.
Medical News Today. Diakses pada 2023. What type of acne do I have?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan