Ini 5 Rekomendasi Obat Jerawat Batu Paling Ampuh di Apotek

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   21 Desember 2023

“Ada berbagai pilihan obat jerawat batu yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah kulit tersebut. Contohnya Vitacid, Zelface Cream, Medi-Klin Gel, Cindala Gel, atau Reviderm Cream.”

Ini 5 Rekomendasi Obat Jerawat Batu Paling Ampuh di ApotekIni 5 Rekomendasi Obat Jerawat Batu Paling Ampuh di Apotek

DAFTAR ISI

Rekomendasi Obat Jerawat Batu Paling Ampuh


Halodoc, Jakarta – Jerawat batu yang juga dikenal sebagai jerawat cystic, adalah jenis jerawat yang terbentuk di dalam kulit. Ukurannya biasanya lebih besar, meradang, dan terasa lebih nyeri dibandingkan jerawat biasa. 

Jerawat batu bisa menjadi masalah kulit yang sangat mengganggu dan merusak rasa percaya diri. Nah, ada beberapa pilihan obat jerawat batu di apotek yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah kulit ini. 

Mau tahu apa saja rekomendasinya? Berikut ulasannya!

Rekomendasi Obat Jerawat Batu Paling Ampuh

Menurut dr. Astrid Teresa, Sp.KK. dalam kanal Youtube Halodoc, obat-obatan untuk jerawat biasanya mengandung salicylic acid, retinoic acid, dan lain-lain.

Untuk mengatasi jerawat batu, ada beberapa obat ampuh yang dapat kamu temukan di apotik. Namun, beberapa obat yang dibahas kali ini adalah golongan obat keras yang memerlukan resep dokter. 

Artinya, kamu perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mendiskusikan masalah jerawat yang kamu alami. Nantinya, dokter akan memberi resep obat yang paling sesuai dengan kondisi.

Berikut ini beberapa obat jerawat batu yang umum diresepkan dokter:

1. Vitacid 0.025% Cream 15 g

Vitacid 0.025% Cream 15 g obat jerawat batu ampuh

Vitacid Cream adalah obat jerawat batu topikal dengan kandungan retinoic acid atau asam retinoat (tretinoin) dengan konsentrasi 0.025%. Retinoic acid bekerja dengan cara meningkatkan mitosis dan pergantian sel kulit, serta menekan sintesis keratin. 

Oleskan krim ini satu kali sehari pada malam hari, atau sesuai petunjuk dokter. Hindari kontak obat ini dengan mata, mulut, hidung dan membran mukosa lainnya. Orang dengan dermatitis akut, eksim, atau rosacea tidak boleh menggunakan obat ini

Rentang Harga: Rp27.600 – Rp38.200 Per Tube.

Dapatkan Vitacid 0.025% Cream 15 g di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Zelface 20% Cream 10 g

Zelface 20% Cream 10 g obat jerawat batu paling ampuh di apotik dan harganya

Rekomendasi obat jerawat batu paling ampuh di apotik dan harganya terjangkau adalah Zelface Cream. Obat ini mengandung azelaic acid, yang dapat mengatasi masalah jerawat dan hiperpigmentasi pada kulit. 

Kamu bisa menggunakan krim jerawat ini 2 kali sehari, secara teratur, tapi tak lebih dari 6 bulan. Oleskan krim tipis-tipis pada area kulit yang berjerawat. Hindari kontak dengan mulut, mata dan selaput lendir lainnya, serta jangan gunakan pada kulit yang meradang

Rentang Harga: Rp38.500 – Rp57.900 Per Tube.

Dapatkan Zelface 20% Cream 10 g di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Medi-Klin Gel 15 g

Medi-Klin Gel 15 g obat jerawat batu ampuh

Medi-Klin Gel adalah obat antibiotik topikal untuk mengobati jerawat yang parah pada orang dewasa dan anak-anak yang berusia minimal 12 tahun. 

Obat jerawat batu ini mengandung clindamycin, antibiotik golongan lincosamida semisintetik yang terutama bersifat bakteriostatik. Kamu bisa mengoleskan gel ini 1-2 kali sehari, pada kulit yang berjerawat. 

Rentang Harga: Rp24.500 – Rp38.000 Per Tube.

Dapatkan Medi-Klin Gel 15 g di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Cindala 10 mg/g Gel 10 g

Cindala 10 mg/g Gel 10 g

Cindala 10 mg/g Gel adalah salah satu obat jerawat batu paling ampuh di apotik.

Ini adalah obat golongan antibiotik topikal untuk mengobati jerawat yang parah pada orang dewasa dan anak-anak yang berusia di atas 12 tahun. 

Kamu dapat menggunakan obat ini 2-3 kali sehari, atau sesuai petunjuk dokter.

Oleskan tipis-tipis gel ini pada kulit yang berjerawat, dan hindari kontak dengan mata, mulut, atau selaput lendir lainnya.

Rentang Harga: Rp22.900 – Rp37.300 Per Tube.

Dapatkan Cindala 10 mg/g Gel 10 g di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Reviderm 0.02% Cream 15 g

Reviderm 0.02% Cream 15 g obat jerawat batu ampuh

Reviderm Cream adalah obat jerawat topikal dengan kandungan retinoic acid atau tretinoin, dengan konsentrasi 0.02%. Untuk menggunakannya, oleskan tipis-tipis pada kulit berjerawat, 1 kali per hari, sebelum tidur malam.

Rentang Harga: Rp39.900 – Rp45.100 Per Tube.

Dapatkan Reviderm 0.02% Cream 15 g di Toko Kesehatan Halodoc.

Itulah beberapa rekomendasi obat jerawat batu ampuh yang bisa kamu dapatkan di apotik. Berbagai obat tersebut termasuk obat keras, jadi harus dengan resep dokter, ya.

Jika kamu memiliki masalah jerawat yang mengganggu, jangan ragu untuk  berkonsultasi dengan dokter. Gunakan aplikasi Halodoc untuk berkonsultasi pada dokter kapan dan di mana saja. Klik gambar berikut, yuk!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. Cystic Acne: Identification, Causes, and More.
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Cystic Acne.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan