Ini Berbagai Cara Agar Haid Cepat Selesai yang Aman Dilakukan

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   20 Oktober 2023

“Ada beberapa cara agar haid cepat selesai yang aman untuk kamu lakukan. Beberapa cara tersebut yaitu melakukan orgasme, berolahraga teratur, dan memenuhi nutrisi yang tepat.”

Ini Berbagai Cara Agar Haid Cepat Selesai yang Aman DilakukanIni Berbagai Cara Agar Haid Cepat Selesai yang Aman Dilakukan

DAFTAR ISI


Halodoc, Jakarta – Sering kali wanita merasa tidak nyaman ketika sedang liburan atau menghadiri acara khusus, tetapi bertepatan dengan jadwal haid. Apalagi jika aliran darah terasa deras dan banyak. 

Naj, jika tidak ingin hari istimewa terganggu dengan adanya haid, kamu bisa mempercepat proses masa haid, dan mengurangi jumlah hari dalam siklus menstruasi.

Ada beberapa cara agar haid cepat selesai yang bisa kamu coba. Beberapa cara tersebut bersifat alami dan aman untuk kamu lakukan setiap bulan, tapi ada juga cara yang memerlukan persetujuan dokter.

Lantas, apa saja cara agar haid cepat selesai? Simak artikel berikut!

Cara Agar Haid Cepat Selesai yang Aman Dilakukan

Lamanya menstruasi bervariasi pada setiap wanita. Durasi menstruasi akan terpengaruh oleh banyak hal, antara lain stres, indeks massa tubuh, dan hormon.

Rata-rata menstruasi berlangsung mulai dari 2 hingga tujuh hari, tapi beberapa wanita memiliki periode yang lebih lama. Periode menstruasi secara alami semakin singkat seiring bertambahnya usia.

Lalu, bagaimana cara agar darah haid cepat berhenti? Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan:

1. Tetap terhidrasi

Menurut studi di BMC Women’s Health dengan judul The Role of Water Intake in The Severity of Pain and Menstrual Distress Among Females Suffering from Primary Dysmenorrhea: a Semi-Experimental Study, mengonsumsi air putih yang cukup dapat membantu untuk mempercepat menstruasi. Hal ini bisa menjadi salah satu cara agar haid cepat selesai.

Jika asupan air harian tidak mencukupi, maka gejala menstruasi terasa lebih berat. Saat tubuh mengalami dehidrasi, maka kamu dapat mengalami menstruasi yang lebih panjang. Selain itu, perdarahan yang keluar saat dehidrasi juga akan lebih banyak.

Karena itu, cukupi kebutuhan cairan tubuh selama menstruasi. Hal ini dapat membantu meredakan kram, sakit punggung, atau mempercepat siklus haid. Sebab, air minum membantu mencegah darah mengental.

2. Mengonsumsi herbal

Beberapa bahan herbal dapat membantu meringankan menstruasi yang lama dan terasa sakit. Hal ini juga bisa menjadi salah satu cara agar haid cepat selesai.

Melansir dari Phytotherapy Research yang berjudul Herbal Medicines in Idiopathic Heavy Menstrual Bleeding: A Systematic Review, mengonsumsi jahe dan sirup buah myrtle secara signifikan dapat mengurangi durasi menstruasi dan kehilangan darah, dibandingkan penggunaan kapsul plasebo.

Jahe mengandung gingerol yang mampu menurunkan peradangan pada tubuh. Selain itu, jahe juga bisa menurunkan produksi hormon prostaglandin dalam tubuh sehingga mengurangi nyeri menstruasi.

Hal yang perlu ditegaskan, jangan mengonsumsi obat-obatan herbal secara sembarangan. Sebaiknya, tanyakan dulu pada dokter mengenai khasiat dan efek sampingnya.

3. Berolahraga secara teratur

Menjalani rutinitas olahraga tidak hanya meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, tapi juga dapat membantu meringankan aliran haid. Kegiatan ini juga dapat menjadi salah satu cara agar haid cepat selesai. Selain itu, berolahraga dapat mengurangi retensi air, yang dapat meredakan kembung dan mengurangi kram. 

Sebelum menjalani rutinitas olahraga, bicarakan dengan dokter tentang rencana olahraga yang terbaik untukmu. Sebab, olahraga berlebihan juga dapat mengurangi lemak tubuh terlalu banyak. Hal tersebut dapat menurunkan indeks massa tubuh (BMI) ke kisaran yang tidak sehat. 

Dalam jangka panjang, olahraga berlebihan juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan hormonal dan menyebabkan kamu berhenti menstruasi. Hal tersebut tentu saja berdampak buruk pada kesehatan reproduksi.

Kamu juga bisa cari tahu cara cepat menstruasi melalui artikel: Ladies, Mau Tahu Cara Agar Cepat Menstruasi? Ini 9 Tipsnya.

4. Penuhi nutrisi yang tepat

Mikronutrien tertentu, seperti vitamin B, sangat penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Beberapa nutrisi tersebut bahkan dapat meringankan menstruasi sambil mengurangi gejala pramenstruasi (PMS).

Vitamin B6 adalah salah satu nutrisi yang dapat memengaruhi menstruasi. Nutrisi tersebut dapat kamu temukan secara alami dalam makanan seperti telur, ikan, dan unggas. Vitamin B6 dapat membantu meningkatkan fungsi kelenjar pituitari untuk menormalkan hormon menstruasi. 

Sebuah studi yang terbit di Sciencedirect menemukan bahwa zinc termasuk mineral penting yang membantu meredakan kram menstruasi yang menyakitkan (dismenore). Diperkirakan zinc memiliki efek yang sama dengan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), seperti ibuprofen.

5. Miliki atau pertahankan berat badan ideal

Seorang wanita yang mengalami obesitas akan berisiko mengalami masa menstruasi yang lebih panjang, daripada wanita dengan berat badan yang normal. 

Selain itu, pengidap obesitas juga dapat mengalami perdarahan yang berat hingga nyeri menstruasi yang cukup mengganggu. Hal sebaliknya berlaku, jika kamu telah memiliki berat badan yang ideal, maka masa menstruasi akan menjadi lebih cepat.

Melansir dari Endocrinology and Metabolism dengan judul Association between Body Weight Changes and Menstrual Irregularity: The Korea National Health and Nutrition Examination Survey 2010 to 2012, penurunan atau kenaikan berat badan secara tiba-tiba juga dapat menyebabkan gangguan menstruasi. 

Kondisi ini bisa terjadi akibat adanya perubahan hormon estrogen yang memicu indung telur untuk melepaskan sel telur. Selain itu, penebalan dinding rahim juga bisa terjadi sehingga menstruasi menjadi lebih panjang. Jadi, sebaiknya pastikan berat badan dalam kondisi yang ideal, agar kamu tidak mengalami gangguan menstruasi.

6. Mengonsumsi obat-obatan tertentu

Untuk mempercepat perdarahan menstruasi, kamu bisa mencoba untuk mengonsumsi beberapa jenis obat-obatan, salah satunya adalah tranexamic acid.

Melansir dari International Journal of Women’s Health dengan judul Tranexamic Acid for The Treatment of Heavy Menstrual Bleeding: Efficacy and Safety, obat ini terbukti mampu mengobati perdarahan menstruasi berat.

Obat ini mampu mengurangi kehilangan darah menstruasi sebesar 26%-60% secara signifikan. Bahkan, obat ini dinilai lebih efektif daripada obat antiinflamasi non steroid.

Namun, jangan sembarangan mengonsumsi obat ini. Tanyakanlah pada dokter sebelum mengonsumsi obat ini, atau obat lainnya untuk mempercepat menstruasi.Selain mengonsumsi obat-obatan tertentu, ketahui juga 5 Cara Agar Menstruasi Lancar.

7. Mengonsumsi vitamin C

Mengonsumsi vitamin C dalam jumlah yang tepat dapat mengurangi tingkat progesteron di dalam rahim. Manfaat lainnya yaitu membantu meluruhkan dinding rahim lebih cepat. Hal tersebut membantu mempercepat siklus menstruasi dari biasanya.

Namun, pastikan banyak minum air putih dan bertanya pada dokter sebelum mengonsumsi suplemen vitamin C dalam dosis besar.

8. Gunakan pembalut daripada tampon

Pembalut wanita bekerja dengan menyerap cairan menstruasi setelah keluar dari tubuh. Sedangkan tampon memblokir aliran internal darah menstruasi, yang dapat memperpanjang jumlah hari menstruasi. Jadi, sebaiknya pilihlah pembalut biasa saat sedang menstruasi.

9. Mengonsumsi pil KB

Pil KB biasanya dikemas sebanyak 28 pil. Biasanya, kamu akan meminum pil aktif selama tiga minggu, yang mengandung hormon. Kemudian, selama minggu keempat, kamu akan meminum pil plasebo, yang tidak mengandung hormon. 

Namun, jika kamu ingin mempersingkat atau menghentikan menstruasi, kamu dapat melewatkan minum pil plasebo dan memulai paket pil KB yang baru. Hal tersebut dapat menjaga kadar estrogen dan progesteron tetap tinggi, sehingga lapisan rahim tidak akan luruh.

Meskipun kamu dapat terus minum pil KB dengan hormon untuk mencegah menstruasi, ahli merekomendasikan untuk berbicara dengan dokter tentang cara mempercepat menstruasi ini.

Khususnya dengan pil KB, kamu disarankan untuk mendapatkan menstruasi setiap tiga atau empat bulan untuk membuang jaringan tambahan yang terbentuk dalam rahim. Jika tidak, maka dapat menyebabkan menstruasi yang sangat tidak teratur.

Sebaiknya cari tahu mengenai perbedaan siklus menstruasi yang normal dan yang tidak melalui artikel ini Catat, Ini Perbedaan Siklus Menstruasi yang Normal dan Tidak.

Itulah beberapa cara agar haid cepat selesai. Meskipun cara di atas mungkin efektif, pastikan selalu bertanya langsung pada dokter di Halodoc sebelum memutuskan apapun. Hal tersebut demi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. How to Make Your Period End Faster
Healthline. Diakses pada 2023. How to Deal with Your Period During a Big Night Out (or In)
India Today. Diakses pada 2023. 4 ways to end your periods faster, naturally!
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. 6 Safe Ways To Stop Your Period.
Phytotherapy Research. Diakses pada 2023. Herbal Medicines in Idiopathic Heavy Menstrual Bleeding: A Systematic Review.
BMC Women’s Health: The Role of Water Intake in The Severity of Pain and Menstrual Distress Among Females Suffering from Primary Dysmenorrhea: a Semi-Experimental Study.
Endocrinology and Metabolism. Diakses pada 2023. Association between Body Weight Changes and Menstrual Irregularity: The Korea National Health and Nutrition Examination Survey 2010 to 2012.
Kemenkes RI. Diakses pada 2023. Pola Makan Mempengaruhi Siklus Menstruasi.
 International Journal of Women’s Health. Diakses pada 2023. Tranexamic Acid for The Treatment of Heavy Menstrual Bleeding: Efficacy and Safety.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan