Ini Cara Efektif Merawat Kandang Marmut agar Tetap Bersih

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   25 Mei 2021
Ini Cara Efektif Merawat Kandang Marmut agar Tetap BersihIni Cara Efektif Merawat Kandang Marmut agar Tetap Bersih

Halodoc, Jakarta – Selain memberi pakan yang benar, hal lain yang juga tidak kalah penting untuk dilakukan demi menjaga kesehatan hewan peliharaan seperti marmut adalah merawat kebersihan kandangnya. Dengan kandang yang bersih, marmut kamu bisa terhindar dari penyakit pernapasan dan bisa hidup dengan lebih nyaman dan sehat.

Meskipun kandang marmut berukuran kecil, bukan berarti kamu bisa membersihkannya secara sembarangan. Ada bagian-bagian kandang yang perlu diperhatikan saat membersihkannya agar kandang marmut bisa bersih secara menyeluruh. Ketahui cara efektif merawat kandang marmut agar tetap bersih di sini.

Baca juga: Bagaimana Cara Memilih Kandang Hamster yang Tepat?

Cara Membersihkan Kandang Marmut

Kandang marmut harus dibersihkan secara menyeluruh setidaknya sekali dalam seminggu. Namun, frekuensi pembersihan menyeluruh ini juga tergantung pada jenis alas tidur yang digunakan dan jumlah marmut yang kamu miliki. Berikut cara membersihkan kandang marmut secara menyeluruh:

  • Pertama-tama, tempatkan marmut di kandang sementara.
  • Kemudian, buang semua kotoran, alas tidur bekas, dan sisa makanan dari dalam kandang marmut. 
  • Bersihkan semua mainan, tempat persembunyian dan barang berbahan kain yang ada di kandang marmut dengan pembersih atau semprotan antibakteri yang ramah hewan peliharaan, dan pastikan kamu sudah membilasnya atau menghilangkan sisa pembersih sebelum mengembalikan barang-barang tersebut ke dalam kandang. Hindari menggunakan produk pembersih yang dirancang untuk manusia.
  • Kemudian, bersihkan bagian dalam kandang atau kandang dengan semprotan antibakteri ramah marmut, atau kamu juga bisa menggunakan air dan sabun yang aman untuk hewan yang bisa membunuh bakteri secara alami. Lalu, letakkan kandang di luar untuk mengeringkannya dengan sinar matahari.
  • Sekarang, ganti alas tidur dengan yang bersih ke dalam kandang marmut. Tempat tidur yang sesuai untuk marmut adalah alas tidur dari serutan kayu yang aman atau alas kain khusus marmut yang bisa diganti dan dicuci ulang. 

Meletakkan selapis koran di bawah alas tidur dalam kandang marmut seringkali berguna untuk mencegah noda urin. Namun, koran tidak boleh digunakan sebagai alas tidur langsung dan tidak boleh diakses dengan mudah oleh marmut karena tinta koran bisa tertelan yang bisa membahayakan hewan tersebut.

  • Pembersihan rutin mingguan ini juga harus mencakup pembersihan bagian dalam dan luar semua sumber air (botol) dan mangkuk makanan untuk menghilangkan penumpukan sisa makanan atau bakteri.
  • Terakhir, kembalikan marmut ke kandang yang sudah dibersihkan.

Baca juga: Begini 2 Cara Menjaga Kebersihan Makanan Kucing

Selain membersihkan kandang dan aksesori marmut secara menyeluruh seminggu sekali, spot cleaning atau pembersihan beberapa titik dalam kandang harus dilakukan setiap hari. Pembersihan tersebut bisa dilakukan dengan membuang kotoran dan alas yang kotor. Selain itu, area kandang yang perlu dibersihkan setiap hari adalah sudut kandang, dan bagian dalam atau di bawah tempat tidur atau tempat persembunyian marmut. Pastikan juga kamu membersihkan area lain di mana marmut kamu sering menghabiskan waktu bersantai secara rutin. Setelah membuang alas yang kotor, tambahkan serasah dan alas tidur baru sesuai kebutuhan.

Produk pembersih yang ideal untuk kandang marmut adalah produk yang sudah ditandai aman untuk hewan kecil dan bebas dari bau yang menyengat. Bila kamu kesulitan menemukan pembersih kandang, kamu bisa mencampur cuka putih suling dan air ke dalam botol semprot dengan perbandingan 1:1. Gunakan kain lap untuk menyeka kandang, lalu bilas kandang dengan air biasa untuk menghilangkan residu tau bau yang tersisa. Ingat, kandang marmut harus sudah benar-benar kering sebelum kamu menambahkan serasah dan alas tidur baru.

Bila kamu menemukan beberapa titik lembab di kandang marmut pada hari pembersihan padahal titik tersebut sudah dibersihkan, itu mungkin pertanda bahwa kandang perlu dibersihkan sepenuhnya lebih dari sekali dalam seminggu. Periksa apakah botol air marmut kamu tidak bocor, dan pantau kebiasaan minum dan buang air hewan peliharaan kamu tersebut. Minum air atau buang air kecil yang berlebihan bisa menjadi tanda penyakit yang memerlukan kunjungan dokter hewan.

Baca juga: Inilah Cara Tepat Memelihara Hamster di Rumah

Itulah cara efektif merawat kandang marmut agar tetap bersih. Bila kamu ingin membeli obat yang sudah diresepkan dokter untuk hewan peliharaan kamu, gunakan saja aplikasi Halodoc. Tanpa perlu keluar rumah, kamu bisa order obat lewat aplikasi dan pesanan kamu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Oxbow Animal Health. Diakses pada 2021. How to Clean a Guinea Pig Cage.
Wikihow Pet. Diakses pada 2021. How to Care for Guinea Pigs.


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan