Ini Cara Membuat Lasagna untuk Temani Waktu Santai Sore Hari

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   26 Juli 2023

“Lasagna merupakan pasta yang ditumpuk dengan isian daging dan saus bolognese. Namun, karena kandungan kalori dan lemak hidangan satu ini tinggi, kamu perlu membatasi konsumsinya.”

Ini Cara Membuat Lasagna untuk Temani Waktu Santai Sore HariIni Cara Membuat Lasagna untuk Temani Waktu Santai Sore Hari

Halodoc, Jakarta – Bagi kamu penyuka pasta, kamu mungkin sudah tidak asing dengan lasagna. Makanan tradisional Italia ini berupa lapisan pasta dan daging dengan saus bechamel dan bolognese yang gurih dan menggugah selera. Tidak heran bila lasagna menjadi salah satu pasta favorit banyak orang.

Nah, kamu bisa coba membuat pasta ini sendiri di rumah. Mungkin membutuhkan waktu lama untuk membuatnya, tapi rasanya akan sesuai dengan usahanya. Intip resepnya di sini!

Resep Lasagna untuk Camilan Sore Hari

Berikut resep lasagna yang bisa kamu coba di rumah:

Waktu pembuatan: 1 jam 45 menit.

Untuk 8 porsi.

Bahan-bahan untuk saus daging:

  • 2 sdt minyak zaitun extra virgin.
  • 450 gram daging sapi giling.
  • 1/2 bawang sedang, potong dadu (sekitar 3/4 cangkir).
  • 1/2 paprika besar (hijau, merah, atau kuning), potong dadu (sekitar 3/4 cangkir).
  • 2 siung bawang putih, cincang.
  • 28 ons kaleng saus tomat berkualitas baik.
  • 3 ons pasta tomat.
  • 1 kaleng tomat hancur.
  • 2 sdm oregano segar cincang, atau 2 sendok teh oregano kering.
  • 1/4 cangkir peterseli segar cincang.
  • 1 sendok makan bumbu Italia
  • Sejumput bubuk bawang putih dan/atau garam bawang putih.
  • 1 sdm cuka anggur merah atau putih.
  • 1 sdm hingga 1/4 cangkir gula (secukupnya, opsional)
  • Garam secukupnya.

Bahan untuk lasagna:

  • 9 potong pasta lasagna utuh.
  • 15 ons keju ricotta.
  • 24 ons keju mozzarella, parut atau iris.
  • 4 ons keju Parmesan parut.

Cara membuatnya:

  1. Masak 2 liter air di dalam panci dengan api besar. Kemudian, masukkan 1 sdm garam ke dalamnya. Selama menunggu air mendidih, siapkan saus daging.
  2. Dalam wajan besar, panaskan 2 sdt minyak zaitun dengan api sedang-tinggi. Tambahkan daging giling dan masak sampai semuanya berwarna kecokelatan. Lalu, angkat daging, tiriskan lalu taruh di dalam mangkuk.
  3. Setelah itu, masukkan paprika dan bawang bombay yang sudah dipotong dadu ke dalam wajan. Masak selama 4 hingga 5 menit, sampai bawang bombai berwarna bening dan paprika melunak. Tambahkan bawang putih cincang dan masak setengah menit lagi. 
  4. Masukkan kembali daging giling yang sudah kecokelatan ke dalam wajan. Aduk agar tercampur, kecilkan api, dan masak lagi selama 5 menit.
  5. Selanjutnya, pindahkan campuran daging sapi ke panci berukuran sedang (3 hingga 4 liter). Tambahkan tomat yang dihancurkan, saus tomat, dan pasta tomat ke dalam panci.
  6. Kemudian, tambahkan peterseli, oregano, dan bumbu Italia, sesuaikan jumlahnya sesuai selera. Lalu, taburi dengan bubuk bawang putih dan/atau garam bawang putih, secukupnya.
  7. Tambahkan cuka anggur merah atau putih. Tambahkan gula, satu sendok makan sekaligus, cicipi setiap menambahkan satu sendok. (Perlu diketahui, jumlah gula yang dibutuhkan bervariasi, tergantung seberapa asam tomat yang kamu gunakan.)
  8. Tambahkan garam secukupnya. Ingat bahwa nanti kamu akan menambahkan Parmesan yang juga asin.
  9. Masak saus sampai mendidih, lalu kecilkan api untuk menjaga api tetap kecil. Masak selama 15 hingga 45 menit, sering-sering lah mengaduknya. Aduk bagian bawah panci sesering mungkin agar tidak ada yang menempel di dasar dan hangus. Lalu, matikan api
  10. Nah, sekarang masak pasta lasagna ke dalam air asin yang kamu rebus pada langkah pertama. Masak pasta hingga al dente. Aduk sesering mungkin agar tidak lengket. Bila sudah matang, tiriskan dalam saringan dan bilas dengan air dingin. Lalu, oleskan sedikit minyak zaitun di atas loyang besar, lalu taruh pasta di atas loyang tersebut dan bolak balikkan agar terlapisi dengan minyak. Hal ini mencegah pasta saling menempel.
  11. Dalam piring casserole atau lasagna berukuran 22×33 sentimeter, sendokkan secangkir saus dan sebarkan di bagian bawah piring. Lalu, letakkan satu lapis pasta lasagna memanjang di atas saus. Sendok sepertiga dari sisa saus di atas pasta.
  12. Kemudian, taburkan sepertiga lapisan mozzarella parut di atas saus lasagna. Tambahkan setengah dari keju ricotta, dengan menaruh sesendok keju setiap beberapa sentimeter. Taburkan setengah keju parmesan parut secara merata di atas keju ricotta.
  13. Letakkan lapisan kedua dan tambahkan setengah dari sisa saus. Tambahkan setengah dari mozzarella yang tersisa, keju ricotta yang tersisa, dan satu lagi Parmesan yang tersisa.
  14. Akhiri dengan lapisan pasta lainnya. Oleskan sisa saus di atas lapisan atas mi dan taburi dengan sisa keju mozzarella.
  15. Kemudian, tutupi loyang lasagna dengan aluminium foil, tutup sedikit agar tidak menyentuh pasta  atau saus). Panggang pada suhu 190 derajat Celsius selama 45 menit. 
  16. Setelah matang, biarkan lasagna mendingin setidaknya selama 15 menit sebelum menyajikannya. 

Selain resep lasagna di atas, coba juga resep ini:

Kandungan Nutrisi Pasta

Perlu kamu ketahui bahwa lasagna mengandung kalori dan lemak yang tinggi. Tiap satu porsi mengandung 813 kalori, 51 gram lemak, 30 gram karbohidrat, dan 60 gram protein.

Saus daging dan keju merupakan dua bahan yang berkontribusi paling besar terhadap kepadatan kalori dan lemak makanan ini.

Dari jumlah lemak tersebut, sebagian besarnya adalah lemak jenuh, yang bila kamu konsumsi secara berlebihan bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Selain itu, camilan dari Itali ini juga kaya akan natrium.

Jadi, agar berat badan dan kesehatan tetap terjaga, batasi konsumsinya dalam jumlah sedang. Kamu bisa berbagi satu porsi lasagna dengan teman dan konsumsi hidangan tersebut bersama sayur-sayuran untuk tambahan asupan serat.

Bila kamu ingin bertanya-tanya seputar diet dan nutrisi makanan, kamu bisa hubungi dokter gizi di Halodoc.✔️ Yuk, download aplikasinya sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
Simply Recipes. Diakses pada 2023. The Best Homemade Lasagna.
Health Reporter. Diakses pada 2023. Is Lasagna Healthy? Nutrition, Calories and Carbohydrates

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan