Ini Resep Pizza Teflon yang Cocok untuk Camilan Keluarga

3 menit
Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   14 Juli 2023

“Tanpa perlu oven, kamu bisa membuat pizza sendiri di rumah dengan menggunakan teflon. Agar lebih sehat, gantilah bahan dengan pilihan yang lebih sehat dan perbanyak topping sayuran!”

Ini Resep Pizza Teflon yang Cocok untuk Camilan KeluargaIni Resep Pizza Teflon yang Cocok untuk Camilan Keluarga

Halodoc, Jakarta – Pizza merupakan salah satu makanan khas Italia yang banyak orang gemari, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Adonan berbentuk bundar dan pipih yang dimeriahkan dengan berbagai topping dan juga keju yang melimpah di atasnya ini memang punya rasa yang enak dan gurih.

Pizza biasanya diolah dengan cara dipanggang di oven atau dibakar di dalam tungku kayu bakar. Namun, nyatanya hidangan tersebut bisa kamu buat di rumah lho dan tidak memerlukan oven. Kamu bisa membuat pizza teflon yang mudah dan anti-ribet, tapi tetap enak. Yuk, intip resepnya di sini.

Resep Pizza Teflon yang Sehat

Berikut resep pizza teflon yang sehat dan enak yang bisa kamu coba untuk keluarga:

Bahan-bahan

Waktu pembuatan: 90 menit.

Untuk 4 porsi.

  • 1 1/2 sdt ragi instan
  • 2 sdt gula pasir
  • 240 ml air hangat
  • 200 gram tepung terigu
  • 1/2 sdt garam
  • 2 sdm minyak sayur
  • 4 buah sosis sapi
  • 5 sdm saus tomat
  • 1 siung bawang bombay
  • 50 gram paprika hijau
  • 50 gram paprika kuning
  • 40 gram keju melt

Cara membuatnya:

  1. Pertama-tama, larutkan gula pasir dan ragi instan ke dalam 100 ml air hangat. Diamkan selama 15 menit hingga muncul busa.
  2. Kemudian, campur tepung terigu, garam, dan minyak, kemudian masukkan air ragi ke dalam campuran tersebut. Tambahkan sisa air hangat sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis.
  3. Tutup adonan dengan kain basah selama 1 jam hingga mengembang.
  4. Siapkan teflon yang sudah di olesi minyak. Masukkan adonan ke dalam teflon hingga menutupi permukaan teflon.
  5. Tusuk-tusuk adonan pizza dengan garpu, kemudian oleskan saus tomat serta tata topping yang sudah disiapkan seperti bawang bombay, paprika, sosis, dan terakhir taburi keju melt.
  6. Panggang di atas kompor dengan api kecil, dan jangan lupa untuk menutup teflon agar matangnya merata. Cek secara berkala agar tidak gosong.
  7. Jika sudah matang angkat dan segera sajikan resep pizza teflon sehat ini selagihangat.

Selain pizza, coba juga beberapa resep ini:

Tips Membuat Pizza Lebih Sehat

Bila ingin membuat pizza yang lebih sehat, kuncinya adalah pada pilihan bahan-bahan yang kamu gunakan. 

Beberapa bahan yang bisa meningkatkan kalori dalam hidangan asal Italia tersebut adalah tepung, keju, dan topping. Karena itu, gantilah bahan-bahan tersebut dengan pilihan yang lebih sehat.

Berikut tips untuk membuat pizza lebih sehat:

  • Pinggiran roti (crust): Pilihlah gandum utuh atau biji-bijian utuh, dan bila memungkinkan buat pinggiran roti lebih tipis.
  • Saus: Tahukah kamu bahwa saus pizza yang dijual di toko mengandung natrium yang tinggi? Karena itu, buatlah saus pizza sendiri dengan menggunakan saus tomat sederhana tanpa garam dan tambahan bumbu sendiri.
  • Bumbu: Gantilah garam dengan rempah-rempah segar atau kering, seperti oregano, basil, atau peterseli. Bawang putih segar juga bisa menjadi pilihan yang lezat. Untuk bumbu, kamu bisa menambahkan paprika asap atau serpihan paprika merah agar lebih pedas.
  • Topping sayuran: Isilah pizza kamu dengan banyak sayuran. Pilih 2-3 sayuran yang disukai semua anggota keluarga dan tumpuk di atas adonan kamu.
  • Protein: Pilihlah daging tanpa lemak seperti ayam daripada daging giling, sosis, atau bacon. Bila keluarga kamu kurang suka, cobalah mencampurkan ayam dengan daging giling atau sosis. Itu bisa cara yang baik agar keluarga kamu mau mengonsumsi daging tanpa lemak.
  • Lemak sehat: Tambahkan lemak sehat, seperti alpukat ke dalam menu sehat kamu tersebut.

Itulah resep pizza teflon yang sehat untuk keluarga. Namun, sebaiknya, batasi juga camilan ini karena bagaimanapun juga pizza termasuk makanan yang tinggi kalori. 

Bila kamu ingin bertanya seputar nutrisi makanan atau diet rendah kalori, coba hubungi saja ahlinya lewat aplikasi Halodoc.

Melalui Video/Voice Call dan Chat, ahli gizi terpercaya dari Halodoc bisa memberimu saran kesehatan yang tepat. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
Crumb Top Baking. Diakses pada 2023. Healthy Homemade Pizza (Making A Family Favourite Healthier).
Cookpad. Diakses pada 2023. Pizza Teflon Anti Gagal.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan