Ini Cara Membuat Pukis yang Lembut untuk Camilan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   27 Juli 2023

“Kue pukis merupakan camilan yang manis dan lembut untuk menemani waktu bersantai di rumah. Cara membuatnya cukup mudah dan kamu bisa memberikan berbagai topping untuk rasa yang berbeda.”

Ini Cara Membuat Pukis yang Lembut untuk CamilanIni Cara Membuat Pukis yang Lembut untuk Camilan

Halodoc, Jakarta – Pukis merupakan kue tradisional Indonesia yang memiliki bentuk yang khas, yaitu setengah lingkaran yang berwarna cokelat pada bagian bawah dan kuning pada bagian permukaannya. Rasanya yang manis dan lembut membuat kue ini menjadi camilan favorit banyak orang. 

Biasanya kamu bisa menjumpai kue ini di area pusat jajanan, seperti di pasar malam atau area perkantoran. Namun, sebenarnya kamu bisa membuat jajajan tersebut sendiri untuk camilan di rumah lho. Caranya cukup mudah, yuk ketahui di sini.

Cara Membuat Pukis yang Lembut

Berikut cara membuat pukis yang lembut untuk camilan di rumah:

Waktu pembuatan: 60 menit

Untuk 25 buah pukis.

Bahan-bahan biang:

  • 25 gram tepung terigu.
  • 50 mililiter air hangat.
  • 1/2 sdm ragi instan (fermipan).

Bahan:

  • 3 butir telur.
  • 150 gram gula pasir.
  • 250 gram tepung terigu.
  • 300 mililiter santan kental hangat (1 kelapa).
  • 50 mililiter minyak sayur.
  • 1/2 sdt garam.

Cara membuatnya:

  1. Pertama-tama, campur semua bahan biang dalam wadah, lalu aduk rata. Biarkan sebentar, kurang lebih 10 menit sampai berbuih.
  2. Kemudian, pada wadah yang lain, kocok telur dan gula hingga kental dengan menggunakan mixer. Kecilkan mixer, lalu masukan bahan biang, terigu dan santan sedikit demi sedikit bergantian sambil dikocok hingga rata.
  3. Kemudian, masukan minyak sayur dan garam, aduk rata.
  4. Lalu, diamkan adonan selama satu jam hingga mengembang.
  5. Panaskan cetakan pukis dengan menggunakan api kecil, lalu olesi dengan margarin. Tuang adonan hingga 3/4 cetakan, lalu tutup dan tunggu hingga matang, angkat. Kue pukis paling nikmat selagi hangat.

Tips memasak pukis:

  • Gunakan wadah yang besar waktu mengocok telur karena adonan akan mengembang dua kali lipat.
  • Aduk adonan tiap kali akan menuang adonan ke cetakan. Ini untuk menghilangkan gelembung udara agar permukaan kue tetap mulus tdk berlubang-lubang.
  • Kamu bisa menambahkan pasta pandan atau coklat pada adonan untuk memberi rasa yang berbeda.

Selain cara membuat kue pukis di atas, cari tahu juga resep berikut:

Tips Menikmati Camilan Tanpa Rasa Bersalah

Bila dibandingkan dengan jajanan kue tradisional lainnya, kalori kue pukis sebenarnya terbilang rendah. Satu buah kue tersebut hanya mengandung 117 kalori. 

Kue pukis juga bisa menjadi salah satu pilihan camilan yang sehat, karena pembuatan kue tersebut dengan cara dipanggang sehingga tidak mengandung banyak minyak. 

Meski begitu, topping yang kamu tambahkan pada permukaan kue tentunya akan menambah kalori dalam kue tersebut. Contohnya, pukis coklat bisa mengandung 181 kalori, sedangkan varian keju 188 kalori.

Jadi, agar berat badan tidak naik, konsumsi lah menu sehat ini dalam batas yang wajar. Bila kamu sudah mengonsumsi banyak kalori pada hari itu, pilihlah kue pukis yang polos tanpa topping yang paling rendah jumlah kalorinya. 

Selain itu, kamu juga bisa mengganti bahan atau topping kue dengan yang rendah kalori agar bisa mengonsumsi camilan tersebut tanpa rasa bersalah.

Misalnya, pilih tepung terigu protein sedang atau rendah sebagai bahan dasar dari kue yang lebih rendah kalori.

Itulah cara membuat kue pukis untuk camilan di rumah. Bila kamu punya pertanyaan lain tentang nutrisi dan jenis camilan untuk diet, hubungi ahli gizi di Halodoc! Yuk, download aplikasinya sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
Cookpad. Diakses pada 2023.Kue Pukis Empuk.
Fat Secret Indonesia. Diakses pada 2023. Kue Pukis.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan