Ini Cara Mengobati Telinga Berair dan Bau Secara Alami

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   07 Maret 2024

“Telinga berair dan bau bisa diobati secara alami dengan cara kompres air hangat, adaptasi posisi tidur, sampai meneteskan minyak zaitun atau tea tree oil.”

Ini Cara Mengobati Telinga Berair dan Bau Secara AlamiIni Cara Mengobati Telinga Berair dan Bau Secara Alami

DAFTAR ISI

  1. Cara Mengobati Telinga Berair dan Bau Secara Alami
  2. Rekomendasi Dokter THT di Halodoc

Halodoc, Jakarta –  Ada banyak penyebab telinga berair dan bau, misalnya karena infeksi atau jarang membersihkan telinga. Ketika kamu mengalami kondisi ini, penting untuk tidak memasukkan benda apapun terutama cotton-bud

Memasukkan cotton-bud dapat menyebabkan benda masuk lebih jauh ke dalam telinga. Ini juga dapat merusak gendang telinga atau memicu infeksi saluran telinga secara serius. 

Selain itu, ada beberapa cara alami yang bisa kamu lakukan untuk mengobati telinga berair atau bau. Berikut ulasannya!

Cara Mengobati Telinga Berair dan Bau Secara Alami

Telinga adalah salah satu bagian tubuh yang paling sensitif, dan kebersihannya harus menjadi salah satu prioritas. Saluran telinga menghasilkan kotoran telinga sebagai cara untuk melindungi telinga dari debu, partikel asing, dan mikroorganisme, serta melindungi telinga dari iritasi akibat air.

Kotoran telinga yang berlebih meninggalkan saluran telinga dari lubang telinga secara alami. Namun terkadang, produksi kotoran telinga yang berlebihan di saluran telinga dapat menyumbat telinga sehingga bisa menyebabkan telinga berair dan bau.

Nah, ini cara mengobati telinga berair dan bau secara alami yang wajib kamu tahu: 

1. Kompres hangat

Kompres hangat dapat membantu mengobati telinga berair dan bau. Biasanya, telinga yang infeksi memicu peradangan ataupun pembengkakan. Kompres hangat dapat membantu meredakan gejala bengkak dan membuat kondisi telinga menjadi lebih baik.

Pastikan suhunya tidak terlalu panas supaya tidak membuat kulit jadi terbakar. Cara mengompresnya adalah merendam handuk ke dalam air hangat, lalu diperas, dan diletakkan di atas telinga yang bermasalah. Namun, pastikan air tidak masuk ke dalam telinga.

2. Posisi tidur

Cara alami lain untuk mengatasi telinga berair dan bau adalah dengan menempatkan posisi tidur sebaik mungkin. Pastikan kamu tidak tidur pada posisi menekan telinga yang sakit.  Kamu pun sebaiknya meninggikan posisi bantal supaya cairan tidak kembali masuk ke dalam telinga.

3. Meneteskan minyak zaitun

Minyak zaitun kerap digunakan untuk mengatasi peradangan dan pembengkakan. Nah, minyak zaitun juga efektif untuk mengobati telinga berair dan bau.

Caranya yakni dengan memanaskan minyak zaitun, lalu sampai suhunya menjadi hangat alias tidak terlalu panas, kamu bisa meneteskannya ke dalam telinga yang bermasalah. Tunggu beberapa saat, lalu posisikan telinga yang bermasalah menghadap bantal, supaya tetesan minyak zaitun mengalir ke luar. 

Ingat, jangan meneteskan terlalu banyak, teteskan 3-5 tetes saja.

4. Tea tree oil

Ada beberapa bahan alami yang dinilai cukup efektif dalam mengatasi telinga berair dan bau. Selain minyak zaitun, bahan alami lainnya adalah tea tree oil. Tea tree oil memiliki sejumlah khasiat terapeutik termasuk antibakteri, antiseptik, antivirus, antimikroba, fungisida, insektisida, balsamic, ekspektoran dan stimulan.

Semua khasiat ini menjadikan tea tree oil sangat baik untuk digunakan saat mengalami infeksi telinga. Tea tree oil bisa memberikan efek yang baik bila dicampurkan dengan minyak zaitun.

Teteskan kombinasi minyak tersebut ke dalam telinga yang terinfeksi lalu berbaring miring, supaya minyak menyerap sempurna ke dalam telinga. Putar kepala untuk mengeluarkan minyak dan ulangi setiap hari sampai rasa sakit mereda.

5. Menghindari kelembapan berlebihan

Cara lain mengobati telinga berair dan bau adalah dengan menghindari kelembapan berlebihan. Kelembapan berlebihan bisa terjadi ketika mandi atau keringat yang tidak segera dibersihkan.

Misalnya kamu tergolong orang yang aktif berolahraga, sebaiknya jangan biarkan keringat yang mengucur masuk ke telinga. Segera bersihkan agar terhindar dari kelembapan yang berlebihan.

Rekomendasi Dokter THT di Halodoc

Apabila telinga berair dan bau, kamu bisa menghubungi dokter spesialis THT di Halodoc untuk mendapatkan solusi penanganan yang tepat. 

Nah, berikut ini terdapat beberapa dokter spesialis THT yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun.

Mereka juga memiliki rating yang baik dari para pasien yang sebelumnya mereka tangani.

Ini daftarnya:

1. dr. Haerul Saleh Sp.THT-KL

Dokter Haerul Saleh Sp.THT-KL adalah alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin pada 2011.

Ia kemudian melanjutkan studi di kampus yang sama hingga akhirnya mendapatkan gelar dokter spesialis THT pada 2019.

Saat ini, dr. Haerul Saleh Sp.THT-KL membuka praktik di Gorontalo dan masih aktif tergabung dalam Perhimpunan Ahli Ilmu Penyakit Telinga Hidung Tenggorokan Kepala Leher Indonesia (PERHATI-KL).

Dengan pengalaman selama 11 tahun, dr. Haerul Saleh Sp.THT-KL dapat memberikan saran kesehatan terkait THT, termasuk masalah telinga berair dan bau.

Selain itu, ia juga bisa mengatasi masalah seperti sinus, infeksi telinga, radang amandel, mimisan, alergi hidung, dan pilek.

Chat dr. Haerul Saleh Sp.THT-KL mulai dari Rp 85.000,- di Halodoc.  

2. dr. Foppi Puspitasari Sp.THT-BKL

Selanjutnya, kamu bisa menghubungi dr. Foppi Puspitasari Sp.THT-BKL. Ia merupakan lulusan kedokteran umum di Universitas Baiturahman, Padang pada 2009 dan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin, Makassar pada 2023.

Ia kini membuka praktik di Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu dan masih aktif tergabung dalam PERHATI-KL.

Berbekal pengalaman selama 15 tahun, dr. Foppi Puspitasari Sp.THT-BKL dapat memberikan saran kesehatan seputar penanganan telinga berair di Halodoc.

Chat dr. Foppi Puspitasari Sp.THT-BKL mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

3. dr. Deni Harapan Sp.THT-KL

Pilihan dokter lain yang bisa kamu hubungi adalah dr. Deni Harapan Sp.THT-KL. 

Ia merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya pada 2008  untuk studi kedokteran umum dan 2020 untuk studi dokter spesialis.

Ia kini membuka praktik di Musi Banyuasin, Sumatera Selatan dan masih aktif tergabung dalam (PERHATI-KL).

Berbekal pengalaman selama 16 tahun, dr. Deni Harapan Sp.THT-KL dapat memberikan saran pengobatan telinga berair dan masalah THT lainnya di Halodoc.

Chat dr. Deni Harapan Sp.THT-KL mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

Itulah berbagai daftar dokter spesialis THT di Halodoc yang bisa kamu hubungi terkait telinga berair dan bau.

Tak perlu khawatir jika dokter sedang tidak tersedia atau offline

Sebab, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc.

Ayo hubungi dokter di Halodoc sekarang juga!

Dapatkan saran penanganan tepat dari ahlinya dengan klik gambar ini:

chat dengan dokter untuk tahu cara mengobati telinga berair dan bau secara alami
Referensi:
Express MD Urgent Care. Diakses pada 2024. 7 Home Remedies for Ear Infections.
Healthline. Diakses pada 2024. Why Is My Earwax Smelly?
Healthline. Diakses pada 2024. What Causes Ear Discharge and How Do I Treat It?

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan