Ini Ciri dan Perbedaan Pendarahan Implantasi dengan Darah Haid

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   05 Maret 2024

“Pendarahan implantasi dan haid memang sekilas tampak serupa. Meskipun begitu, perbedaan antara keduanya bisa ditandai dengan konsistensi dan warna dari flek.”

Ini Ciri dan Perbedaan Pendarahan Implantasi dengan Darah HaidIni Ciri dan Perbedaan Pendarahan Implantasi dengan Darah Haid

DAFTAR ISI

Kenali Perbedaan Flek Hamil dan Haid

Berbagai Penyebab Pendarahan saat Hamil Muda


Halodoc, Jakarta – Pendarahan implantasi bisa menjadi tanda dari awal kehamilan. Kondisi ini berbeda dengan pendarahan haid. Perbedaannya, pendarahan implantasi umumnya tidak akan terjadi lebih dari 24 jam. Sedangkan pendarahan haid biasanya terjadi sekitar delapan hari. 

Mau tahu lebih jauh mengenai perbedaan flek hamil dan haid? Berikut ulasannya secara lengkap! 

Apa itu Pendarahan Implantasi?

 Setelah proses pembuahan terjadi, maka tahap selanjutnya akan terjadi proses implantasi pada rahim. Implantasi adalah tahap dimana embrio menempel dan melekat pada dinding rahim.

Proses ini dapat menyebabkan pendarahan yang dikenal dengan pendarahan implantasi. Pendarahan implantasi adalah pendarahan ringan yang keluar dari vagina setelah 10-14 hari terjadi proses pelekatan embrio pada dinding rahim. 

Tidak semua orang mengalami pendarahan implantasi pada awal kehamilan. Namun, hal tersebut dianggap normal dan tidak perlu untuk merasa khawatir jika kamu tidak mengalami kondisi tersebut. 

Sebaiknya ketahui ciri hamil lainnya melalui artikel “Harus Tahu, Ini Ciri-Ciri Wanita Positif Hamil”.

Kenali Perbedaan Flek Hamil dan Haid

Sekitar 25 persen wanita hamil akan mengalami pendarahan implantasi pada awal kehamilannya. Flek hamil dan haid apabila diamati dengan sekilas memang tampak serupa. Meskipun begitu, perbedaan flek hamil dan haid dapat diketahui melalui tanda-tanda tertentu seperti warna dan konsistensi dari flek.

Agar lebih memahami pendarahan implantasi, berikut ciri-ciri dan perbedaan yang perlu kamu ketahui:

1. Warna pendarahan

Perbedaan flek hamil dan haid dapat dilihat dari perbedaan warnanya.Darah implantasi muncul dalam bentuk bercak berwarna coklat hingga coklat tua. Sedangkan pendarahan haid memiliki warna merah yang lebih cerah.

2. Jumlah pendarahan

Darah implantasi hanya berupa bercak sehingga tidak memerlukan pembalut. Proses pendarahan implantasi yang keluar juga hanya sedikit serupa dengan keputihan dan tidak menggumpal.

Berbeda dengan pendarahan haid yang memiliki jumlah pendarahan lebih banyak dan rutin tiap siklusnya. Pendarahan ketika haid juga cenderung lebih kental sehingga lebih mudah untuk menggumpal. Maka dari itu, kamu pun perlu mengganti pembalut hingga beberapa kali untuk menjaga kebersihan dan kesehatan vagina.

3. Durasi pendarahan

Perbedaan flek hamil dan haid juga bisa diketahui dari durasi pendarahannya. Pendarahan implantasi hanya terjadi dalam waktu 1-2 hari saja. Proses implantasi tidak akan menyebabkan pendarahan lebih dari 48 jam. Berbeda dengan pendarahan haid yang terjadi minimal selama 7-8 hari.

4. Kram perut

Pendarahan implantasi biasanya akan disertai dengan kram perut yang sangat ringan. Hal ini berbeda dengan kram perut saat pendarahan haid, yang biasanya akan terasa lebih intens. Bahkan, tidak jarang pengidapnya mengalami kesulitan beraktivitas.

Mau tahu apa penyebab timbulnya bercak darah saat sedang tidak haid? Baca di artikel ini: “Ini 7 Penyebab Bercak Darah Saat Tidak Menstruasi“.

5. Gejala lain yang menyertainya

Selain menyebabkan kram perut ringan, pendarahan implantasi juga akan disertai dengan tanda-tanda awal kehamilan lainnya, seperti perubahan pada payudara, peningkatan frekuensi buang air kecil, dan morning sickness

Sementara itu, pendarahan haid biasanya bersama dengan gejala lain. Seperti seperti pusing, sakit kepala, perubahan suasana hati, hingga kelelahan.

Tidak ada pengobatan atau perawatan yang bisa kamu lakukan ketika muncul darah implantasi. Hal ini merupakan hal yang sangat normal terjadi pada awal kehamilan.

Untuk itu, jangan ragu segera lakukan pemeriksaan kehamilan untuk memastikan kondisi kesehatan. Jika benar kamu mengalami kehamilan, pastikan untuk menjalankan gaya hidup yang sehat agar kehamilan yang kamu alami berjalan dengan baik.

Mau tahu seperti apa saja penyebab haid tidak teratur? Baca selengkapnya di artikel ini: “Waspada, Ini 11 Penyebab Datang Bulan Tidak Teratur”.

Berbagai Penyebab Pendarahan saat Hamil Muda

Selain pendarahan implantasi, ada berbagai penyebab lainnya yang memicu pendarahan saat hamil muda, seperti:

  • Infeksi.
  • Kehamilan ektopik.
  • Keguguran.
  • Setelah melakukan hubungan intim.
  • Adanya perubahan hormon pada tubuh.
  • Perubahan pada serviks.
  • Gangguan plasenta.
  • Melakukan olahraga berlebihan.

Jangan abai apabila pendarahan terjadi lebih panjang dan terdapat gumpalan. Segera lakukan pemeriksaan pada dokter spesialis kandungan agar kondisi ini dapat mendapatkan penanganan medis secara tepat. 

Masih bingung terkait dengan tempat beli obat yang praktis dan tepercaya? Cek Toko Kesehatan Halodoc untuk mendapatkan obat terbaik sesuai dengan kondisimu! 

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Is Implantation Bleeding Common in Early Pregnancy?
Web MD. Diakses pada 2023. Implantation Bleeding.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Implantation Bleeding.
ACOG. Diakses pada 2023. Bleeding During Pregnancy.
March of Dimes. Diakses pada 2023. Bleeding and Spotting from The Vagina During Pregnancy.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan