Ini Gejala Rabun Jauh atau Miopi yang Perlu Diketahui

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   06 Oktober 2023

“Orang dengan rabun jauh atau miopi tidak bisa melihat objek yang jauh dengan jelas. Namun, selain itu, ada juga gejala miopi lainnya, seperti sering menyipitkan mata untuk melihat jauh, sakit kepala, dan lain-lain.”

Ini Gejala Rabun Jauh atau Miopi yang Perlu DiketahuiIni Gejala Rabun Jauh atau Miopi yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta – Rabun jauh atau miopi merupakan masalah penglihatan yang umum terjadi. Gejala rabun jauh yang khas adalah ketidakmampuan mereka melihat objek dalam jarak dekat dengan jelas, tapi objek dalam jarak jauh terlihat buram.

Misalnya, ketika mengendarai mobil, kamu bisa melihat peta di tangan kamu dengan jelas, tapi ketika melihat jalanan di depan, hal itu tampak buram. Namun, bukan hanya itu saja gejala rabun jauh atau miopi. Ketahui gejala lainnya di sini!

Berbagai Gejala Rabun Jauh atau Miopi

Bila kamu memiliki rabun jauh, kamu mungkin akan mengalami gejala berikut:

1. Objek yang jauh tampak buram

Salah satu gejala miopi yang paling signifikan adalah kesulitan untuk melihat objek yang jauh. Kondisi tersebut terjadi karena adanya kesalahan refraksi. 

Dengan rabun jauh, bentuk mata kamu mencegah cahaya membelok dengan benar, sehingga cahaya diarahkan ke depan retina, bukan ke retina kamu.

Ketika cahaya tidak terfokus pada retina sebagaimana mestinya, penglihatan kamu menjadi kabur saat melihat dalam jarak jauh. Itulah mengapa gangguan penglihatan ini disebut juga rabun jauh. 

2. Objek dekat tampak jelas

Meski begitu, pengidap miopi tidak memiliki masalah saat melihat objek yang dekat. Sebab, objek yang dekat tampak jelas di mata pengidap.

3. Menyipitkan mata

Karena objek yang jauh terlihat buram, hal ini mungkin akan membuat kamu sering menyipitkan mata saat melihat jauh guna membantu kamu melihat lebih jelas.

4. Sakit kepala

Beberapa orang yang mengidap rabun jauh mengalami sakit kepala, namun hal ini tidak umum terjadi.

Gejala miopi ini bisa terjadi akibat mata yang harus berusaha keras untuk melihat objek jauh dalam waktu lama. 

5. Ketegangan mata

Ketegangan mata juga menjadi gejala rabun jauh yang bisa pengidap alami. Ciri-ciri ketegangan mata adalah ketika mata menjadi lelah atau sakit.

6. Kelelahan mata

Ketika melakukan kegiatan yang memerlukan penglihatan jauh dalam waktu lama, seperti mengemudi, akan membuat mata lama kelamaan menjadi lelah.

Para orang tua juga perlu mewaspadai rabun jauh pada anak. Berikut gejala rabun jauh pada anak:

  • Nilai sekolah menurun.
  • Sering memegang benda dalam jarak dekat dengan wajah.
  • Rentang perhatian berkurang.
  • Mengeluh penglihatan buram.

Penting untuk memeriksakan mata Si Kecil secara berkala.Pasalnya, beberapa anak terlahir mengidap rabun jauh, dan beberapa lainnya baru mengalami gangguan mata tersebut hingga usia remaja.

Apabila Gejala Miopi Muncul, Segera Hubungi Dokter ini untuk dapat penanganan sesegera mungkin. Hal tersebut bertujuan meminimalisir dampak buruk yang bisa timbul.

Sebagian besar kasus miopi bersifat ringan dan kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan kacamata atau lensa kontak.

Penggunaan alat bantu penglihatan juga bisa mencegah gejala rabun jauh di atas yang tidak nyaman. 

Selain itu, yuk ketahui 9 Cara Mengatasi Rabun Jauh Secara Alami.

Itulah gejala miopi yang perlu kamu ketahui. Bila kamu mengalami gejala di atas, jangan ragu untuk menghubungi dokter mata di Halodoc.

Kamu bisa membicarakan gejala yang kamu rasakan dan meminta saran kesehatan dari dokter via Video/Voice Call atau Chat, kapan saja dan di mana saja.

Praktis bukan? Yuk, download aplikasinya sekarang juga di  Apps Store dan Google Play.

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Myopia (Nearsightedness).
American Academy of Ophthalmology. Diakses pada 2023. Nearsightedness: What Is Myopia?

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan