Ini Kalori yang Dibutuhkan Tubuh Seseorang Per Hari

Ditinjau oleh  dr. Verury Verona Handayani   19 Oktober 2020
Ini Kalori yang Dibutuhkan Tubuh Seseorang Per HariIni Kalori yang Dibutuhkan Tubuh Seseorang Per Hari

Halodoc, Jakarta - Jika kamu bertanya mengenai berapa jumlah kalori yang dibutuhkan seseorang dalam sehari, jawabannya akan sangat bervariasi pada setiap orang. Kebutuhan kalori akan tergantung pada usia, metabolisme, dan tingkat aktivitas fisik. Umumnya asupan kalori harian yang direkomendasikan adalah 2.000 kalori sehari untuk wanita dan 2.500 untuk pria.

Lantas, untuk mengetahui jumlah kalori yang sebaiknya kamu dapatkan setiap hari, simak penjelasannya berikut!

Baca juga: Diet, Ini Kebutuhan Kalori yang Dibutuhkan Tubuh

Kebutuhan Kalori Harian

Kalori sendiri merupakan ukuran seberapa banyak makanan atau minuman energi yang dikandungnya. Jumlah energi yang kamu butuhkan bergantung pada:

  • Usia. Misalnya, anak-anak dan remaja yang sedang tumbuh mungkin membutuhkan lebih banyak energi.
  • Gaya Hidup. Misalnya, seberapa aktif kamu dalam beraktivitas sehari-hari.
  • Ukuran Tubuh. Tinggi dan berat badan dapat memengaruhi seberapa cepat kamu menggunakan energi.

Faktor lain juga dapat memengaruhi seberapa banyak energi yang kamu bakar. Sebagai contoh:

  • Beberapa hormon (bahan kimia yang diproduksi oleh tubuh) - seperti hormon tiroid.
  • Beberapa obat - seperti glukokortikoid, sejenis steroid yang digunakan untuk mengobati peradangan.
  • Sedang sakit. 

Untuk mendapatkan angka pasti kebutuhan kalori harian, kalkulator kalori bisa membantunya. Beberapa kalkulator bahkan membantu kamu menambah berat badan. Namun, jika kamu mencoba menurunkan berat badan, kamu mungkin memerlukan kalkulator penurunan berat badan. 

Mudah untuk menghitung jumlah kalori yang tepat untuk menurunkan berat badan, untuk menambah berat badan, atau untuk mempertahankan berat badan. Jika kamu hendak menurunkan berat badan, kurangi asupan kalori harian yang kamu dapat dari kalkulator kalori. Jika kamu hendak menaikkan berat badan, kamu bisa menambah asupan kalori. Sementara itu, jika ingin mempertahankan berat badan, konsumsi kalori tepat seperti yang ditunjukkan pada kalkulator kalori. 

Baca juga: Program Diet yang Tepat Bagi Kamu yang Sibuk

Lantas, Apakah Semua Kalori Sama?

Meskipun total asupan kalori paling penting untuk menurunkan berat badan, semua kalori tidak diciptakan sama. Kalori dari sumber makanan bergizi akan membantu kamu merasa kenyang lebih lama, menyediakan bahan bakar untuk aktivitas sehari-hari, dan meningkatkan kesejahteraan. Kebanyakan ahli menganjurkan agar kamu mengisi piring dengan sumber kalori sehat, seperti: 

  • Sayuran berwarna seperti salad hijau, paprika cerah, wortel renyah, atau lobak. Coba bereksperimen untuk menemukan rasa yang kamu sukai.
  • Daging tanpa lemak seperti ayam dan ikan. Kamu juga bisa menikmati daging merah secukupnya.
  • Biji-bijian utuh yang memberikan serat seperti oatmeal, roti gandum atau kerupuk.
  • Buah utuh bukan jus buah atau camilan rasa buah.
  • Kacang, biji-bijian, dan sumber lemak sehat lainnya dalam porsi kecil.
  • Air putih sebagai pengganti minuman olahraga, teh manis, atau soda.

Sebaliknya, kalori kosong dapat membuat kamu merasa cepat lapar, meningkatkan keinginan untuk makan, dan bahkan bikin cepat lelah. Kalori kosong bisa kamu temukan dalam makanan olahan yang mengandung gula tambahan, lemak trans, lemak berlebih, dan kalori. Kalori kosong memberi energi tetapi tidak serat, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan.

Baca juga: 6 Cara Mudah Menurunkan Berat Badan Selain Diet dan Olahraga

Bagaimana Cara Menghitung Kalori Harian?

Ada berbagai cara untuk melacak asupan kalori harian. Banyak orang yang ingin makan lebih sehat menggunakan aplikasi ponsel cerdas atau situs web. Aplikasi tersebut memungkinkan kamu memasukkan makanan yang telah kamu makan bersama dengan ukuran porsi dan secara otomatis menghitung asupan kalori, protein, lemak, dan karbohidrat harian.

Ada juga pelacak aktivitas, yang membantu kamu menghitung kalori makanan harian dan kalori olahraga harian. Jika kamu bukan penggemar gadget, gunakan jurnal penurunan berat badan. Cukup tulis kalori di buku catatan atau di lembar asupan makanan harian untuk menghitung jumlah kalori harian.

Jika kamu sedang dalam proses penurunan berat badan, kamu juga bisa diskusikan dengan dokter di Halodoc bagaimana cara yang lebih aman dan sehat untuk mendapatkan berat badan ideal. Dokter di Halodoc akan memberikan semua saran kesehatan yang kamu butuhkan cukup lewat smartphone. Mudah bukan? Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
National Health Service UK. Diakses pada 2020. What Should My Daily Intake of Calories Be?
Very Well Fit. Diakses pada 2020. How Many Calories Should I Eat in a Day?


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan