Ini Manfaat Kunyit Hitam dan Cara Tepat Mengolahnya

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   18 Juli 2022

“Kunyit hitam adalah salah satu tanaman obat yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Beberapa manfaatnya, yaitu mengobati penyakit paru-paru dan meredakan rasa nyeri.”

Ini Manfaat Kunyit Hitam dan Cara Tepat MengolahnyaIni Manfaat Kunyit Hitam dan Cara Tepat Mengolahnya

“Kunyit hitam adalah salah satu tanaman obat yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Beberapa manfaatnya, yaitu mengobati penyakit paru-paru dan meredakan rasa nyeri.”

Halodoc, Jakarta – Kunyit hitam termasuk tanaman yang jarang diketahui di Indonesia. Umumnya, jika mendengar kunyit, yang familiar adalah kunyit yang dengan warna kuning.

Tak lazimnya kunyit hitam bisa dipahami. Sebab, untuk proses budidaya tanaman ini saja cukup rumit sehingga masyarakat lebih memilih untuk mengembangkan kunyit warna kuning.

Padahal, kunyit hitam punya sejumlah manfaat untuk kesehatan. Beberapa di antaranya menjaga imun tubuh, mencegah timbulnya jerawat, hingga mengobati kanker.

Manfaat Kunyit Hitam

Kunyit hitam punya nama ilmiah Curcuma caesia. Jenis tanaman ini berasal dari India dan punya banyak manfaat buat kesehatan. Salah satunya karena kandungan kurkumin yang tinggi.

Adapun, kurkumin adalah bahan aktif utama dalam kunyit. Kurkumin memiliki efek antiinflamasi dan antioksidan yang kuat.

Bicara soal manfaat, berikut benefit yang bisa didapatkan oleh tubuh jika rutin mengonsumsi kunyit hitam.

1. Mengobati Penyakit Paru-Paru

Manfaat kunyit hitam yang pertama adalah mengobati penyakit paru-paru. Beberapa penyakit paru-paru turunan yang bisa diobati adalah asma, bronkitis, dan radang paru-paru.

Mengonsumsi kunyit hitam juga membantu sel-sel kekebalan tubuh meningkat. Dan kabar baiknya, tanaman ini bisa dikonsumsi berdampingan dengan obat konvensional karena tidak mengganggu.

2. Pereda Nyeri

Seseorang yang sering merasakan nyeri bisa, lho, meminimalisirnya dengan mengonsumsi kunyit hitam. Sebab, Kunyit hitam ini juga mengatasi pelbagai masalah seperti ruam, sakit gigi, osteoarthritis, hingga gangguan pada perut. 

Namun, untuk mengatasi persoalan di atas, mengonsumsi kunyit hitam kudu dengan dosis yang tepat. Jika berlebih, akan ada efek samping.

3. Kanker

Kunyit hitam dapat membantu untuk mencegah pertumbuhan sel kanker. Tanaman herbal ini juga bisa memodifikasi perubahan pra-kanker pada organ tubuh. 

Beberapa penelitian membuktikan jika kombinasi kunyit hitam dan kemoterapi mampu melawan sel kanker. Maka dari itu, untuk seseorang yang mengidap kanker disarankan untuk mengonsumsi tanaman obat ini.

4. Menurunkan Berat Badan

Manfaat lainnya dari kunyit hitam adalah mampu membantu menurunkan berat badan. Cara kerjanya adalah kunyit memecah lemak pada makanan yang masuk ke tubuh. 

Tanaman ini juga dapat memberikan manfaat agar produksi empedu menjadi efisien. Hal ini mampu membantu pencernaan bekerja dengan lebih baik, agar penurunan berat badan terjadi secara efektif.

5. Mengobati Kulit Gatal

Kunyit hitam juga dapat membantu dalam mengatasi gatal-gatal pada kulit. Hal ini karena kandungan dalam tanaman tersebut dapat memberikan sifat anti-inflamasi. Dengan begitu, kulit yang gatal teratasi dengan baik dengan cara mengoleskannya.

Nah, itulah berbagai manfaat dari kunyit hitam yang perlu diketahui. Dengan mengonsumsinya secara rutin, berbagai manfaat yang disebutkan diharapkan bisa dirasakan.

Untuk cara pengolahannya sendiri, hal yang paling mudah yang dilakukan adalah dengan mencampurkannya pada makanan. Maka dari itu, ada baiknya menggunakan tanaman herbal ini sebagai salah satu bahan dasar saat memasak.

Jika masih memiliki banyak pertanyaan terkait berbagai manfaat dari tanaman obat ini, dokter dari Halodoc siap membantu lho melalui fitur tanya dokter. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kebutuhan terkait interaksi dengan ahli medis bisa dilakukan dimana dan kapan saja. Tunggu apa lagi? Segera gunakan aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Health Benefits Time. Diakses pada 2022. Black Turmeric medicinal benefits.
Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta. Diakses pada 2022. Budidaya Kunyit Hitam (Curcuma caesia).

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan