Ini Penyebab dan 9 Cara Mengatasi Jerawat Bernanah

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   29 September 2023

“Jerawat bernanah disebabkan peradangan dan bakteri pada pori-pori. Rajin membersihkan wajah, memakai obat jerawat, dan berkonsultasilah dengan dokter dapat membantu menghilangkan masalah kulit ini.”

Ini Penyebab dan 9 Cara Mengatasi Jerawat BernanahIni Penyebab dan 9 Cara Mengatasi Jerawat Bernanah

DAFTAR ISI

  1. Penyebab Jerawat Bernanah
  2. Cara Mengatasi Jerawat Bernanah pada Wajah

Halodoc, Jakarta – Jerawat bernanah menjadi tanda jika jerawat telah terinfeksi bakteri. Masalah kesehatan ini hanya menimbulkan rasa nyeri saja, tapi juga dapat mengurangi rasa percaya diri. 

Jerawat bernanah biasanya muncul di area hidung, dagu, dahi, leher, punggung, dada, bahu, dan lengan atas. Namun, jenis jerawat ini mungkin juga bisa muncul di bagian tubuh yang lain.

Lantas, apa penyebab dan faktor risiko yang bisa memicu jerawat bernanah?

Penyebab Jerawat Bernanah

Jerawat bernanah muncul ketika penumpukan sel kulit mati ata pun infeksi bakteri di pori-pori kulit mengalami infeksi. Ketika tubuh berusaha melawan infeksi, sel darah putih melawan peradangan yang mengakibatkan munculnya pustula atau nanah. 

Kadang infeksi ini juga bisa memicu jerawat di hidung, Kenali 7 Penyebab Jerawat di Hidung.

Jerawat nanah mudah terlihat secara visual. Dokter spesialis kulit dan kelamin dapat mendiagnosis dan membantu mengobati jenis jerawat ini selama pemeriksaan kulit.

Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko munculnya jerawat bernanah, yaitu:

  • Jarang mencuci muka.
  • Sering mengeluarkan keringat.
  • Perubahan hormon dalam tubuh.
  • Stres yang tak dapat terkelola dengan baik.
  • Reaksi alergi.
  • Mengonsumsi makanan tertentu.
  • Kelenjar minyak menghasilkan terlalu banyak minyak.
  • Peningkatan produksi bakteri di permukaan kulit.
  • Peningkatan hormon androgen saat pubertas, terutama pada anak laki-laki.
  • Penggunaan obat, termasuk kortikosteroid dan steroid anabolik.

Jerawat nanah juga bisa muncul bila menggunakan produk perawatan kulit yang salah. Itulah sebabnya mengapa sangat penting untuk menggunakan produk sesuai dengan kulit wajah. 

Tak hanya itu, pastikan juga mengaplikasikan skincare sesuai dengan tahapan yang benar. Nah, ikuti tahapan yang tepat di artikel ini: Begini Tahapan Basic Skincare dan Rekomendasi Produknya

Cara Mengatasi Jerawat Bernanah pada Wajah

Jerawat bernanah biasanya akan hilang dengan sendirinya. Namun, jika jerawat semakin membesar dan terasa sakit, berikut beberapa langkah mengatasi jenis jerawat ini:

1. Rajin membersihkan wajah

Rajin membersihkan wajah bukan hanya mampu mengatasi jerawat bernanah saja, tapi juga mencegah munculnya jerawat. Kamu sebaiknya membersihkan wajah sebanyak dua kali sehari secara rutin.

Jangan lupa untuk menggunakan sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulit, serta tidak mengandung alkohol. Kemudian, bilas wajah dengan air hangat menggunakan handuk atau kain berbahan lembut.

2. Jangan memencet jerawat

Jerawat bernanah dapat menghilang dengan tidak memencet jerawat. Pasalnya, memencet jerawat justru membuat jerawat masuk ke dalam pori-pori, membuat jerawat semakin meradang.

Selain itu, memencet jerawat juga menimbulkan bekas jerawat yang sulit hilang. Langkah ini dapat menambah dan menyebar kuman pada jerawat, serta membuat jerawat semakin parah.

3. Memakai obat jerawat

Memakai obat jerawat dapat mengatasi jerawat bernanah. Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa memilih obat jerawat dengan kandungan bahan aktif benzoil peroksida, asam salisilat, dan sulfur. 

Ingat, gunakan obat jerawat berdasarkan rekomendasi dari dokter. Tujuannya, agar aman untuk kulit dan hasilnya efektif.

Acne patch juga kerap digunakan untuk mengatasi peradangan jerawat. Baca faktanya di Seberapa Efektif Acne Patch untuk Meredakan Jerawat?

4. Terapi fotodinamik

Tindakan ini dapat menjadi salah satu cara mengatasi jerawat nanah. Terapi ini menggunakan obat bernama fotosensitizer untuk meningkatkan aktivitas perawatan kulit berbasis cahaya.

Fotosensitizer adalah larutan yang dioleskan ke area kulit yang berjerawat. Setelah mengoleskan fotosensitizer, dokter akan mengarahkan cahaya khusus ke wajah untuk membantu menghancurkan sel-sel jerawat dan bakteri. 

Terapi ini juga dapat mengurangi ukuran dan aktivitas kelenjar penghasil minyak pada kulit, yang bernama kelenjar sebaceous.

5. Chemical peels

Chemical peels adalah prosedur medis yang dapat membantu mengatasi beberapa jenis jerawat, salah satunya jerawat bernanah. Prosedur ini bekerja menghilangkan sel-sel kulit yang rusak serta membantu merangsang pertumbuhan kulit baru dan menjaga pori-pori agar tidak tersumbat.

Metodenya adalah dengan mengoleskan lapisan larutan asam glikolat pada kulit yang terkena dan membiarkannya selama beberapa menit. Sensasinya terasa perih dan sedikit terbakar. 

6. Pakai kosmetik dengan bijak

Untuk menyamarkan jerawat, sebagian wanita menggunakan make up tebal di wajahnya. Namun, beberapa jenis kosmetik justru akan menyumbat pori-pori dan memicu timbulnya jerawat. 

Karena itu, bijaklah dalam memakai kosmetik. Pilihlah produk kecantikan yang tidak mengandung pewangi, bebas minyak, dan berlabel non-comedogenic.

Selain itu, kamu bisa mengatasi jerawat nanah dengan tidak menggunakan make up untuk sementara. Sebab, cara ini berpotensi terdapat kuman di dalamnya yang menjadi pemicu jerawat.

7. Gunakan pelembap dan sunscreen

Jangan lupa untuk menggunakan pelembap kulit agar kulit tetap terhidrasi dengan baik. Sedangkan sunscreen untuk mencegah agar kulit tidak kering karena paparan sinar matahari. 

Pastikan untuk memilih produk pelembap dan sunscreen dengan label noncomedogenic. Hindari pemakaian produk yang berbahan minyak, karena akan memicu timbulnya komedo dan jerawat.

8. Menjalani pola hidup sehat

Bukan hanya di rawat dari luar, mengatasi jerawat bernanah bisa kamu lakukan dari dalam dengan menjalani pola hidup sehat. 

Kamu bisa melakukan beberapa langkah ini untuk mengatasinya:

  • Mengonsumsi makanan sehat, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, dan protein rendah lemak.
  • Perbanyak konsumsi air putih.
  • Menghindari asap rokok.
  • Mengelola stres dengan baik. Caranya, meditasi, yoga, atau olahraga ringan.
  • Jangan menyentuh wajah dengan tangan kotor.
  • Olahraga secara teratur untuk meningkatkan sirkulasi darah dan membantu kulit mendapatkan nutrisi yang cukup.

9. Madu

Madu mengandung enzim bernama katalase, yang berfungsi membantu meredakan peradangan ringan. Oleskan madu yang belum diproses secukupnya. Biarkan 10-15 menit, lalu bilas air bersih. 

Walaupun bisa menjadi salah satu cara alami untuk mengatasi kulit berjerawat, untuk beberapa orang dengan kulit sensitif, penggunaan madu bisa memicu alergi.

Ada baiknya kamu tanyakan dulu ke dokter kulit dan kecantikan sebelum menggunakan madu atau bahan alami lainnya.

Selain jerawat nanah, komedo juga menjadi masalah umum yang pernah dialami oleh semua orang. Untuk menghilangkannya, kamu bisa cari tahu caranya di sini: 7 Cara Simpel Menghilangkan Komedo Putih pada Wajah

Referensi:
MedicineNet. Diakses pada 2023. Cystic Acne.
Very Well Health. Diakses pada 2023. Acne Pustule Types, Causes, and Treatments.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Acne Papules.
WebMD. Diakses pada 2023. What Are Pustules?
WebMD. Diakses pada 2023. Do I Need Phototherapy for Acne?
Medical News Today. Diakses pada 2023. Is photodynamic therapy good for acne?
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Acne.NYU Langone Health. Diakses pada 2023. Medical Procedures for Acne.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan