• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Penyebab Pengidap Diabetes Alami Arteriosklerosis

Ini Penyebab Pengidap Diabetes Alami Arteriosklerosis

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Kebiasaan buruk yang dilakukan setiap hari dapat menyebabkan seseorang mengalami diabetes. Penyakit tersebut terjadi karena glukosa yang terlalu banyak pada darah, sehingga tubuh sulit untuk menyerapnya. Hal tersebut membuat kadar gula pada tubuh terlalu tinggi. Jika tidak diatasi, gangguan pada organ penting mungkin saja terjadi.

Salah satu penyakit yang dapat terjadi pada seseorang yang mengidap diabetes adalah arteriosklerosis. Gangguan ini dapat menyebabkan terganggunya pembuluh darah, sehingga jantung seseorang mungkin terpengaruh. Namun, apa penyebab seseorang yang mengidap diabetes juga dapat mengalami arteriosklerosis? Berikut ulasannya!

Baca juga: Gaya Hidup yang Perlu Dijalani Pengidap Diabetes Melitus

Diabetes Dapat Menjadi Penyebab Arteriosklerosis

Diabetes adalah penyakit yang kronis disebabkan oleh tubuh yang kesulitan mengolah glukosa pada darah karena terlalu banyak. Kadar gula di dalam tubuh dapat diolah dengan hormon insulin yang diproduksi pankreas. Namun, seseorang yang mengidap diabetes, produksi insulinnya lebih sedikit. Dengan begitu, kandungan gula tersebut tidak dapat diubah menjadi energi.

Gula darah pada pembuluh darah yang bertumpuk tersebut juga dapat menyebabkan pengidap diabetes mengalami arteriosklerosis. Hal tersebut terjadi karena adanya sumbatan kolesterol pada pembuluh darah, sehingga aliran darah di dalam tubuh menjadi terhambat. Beberapa organ penting mungkin akan terganggu dengan adanya gangguan tersebut.

Maka dari itu, seseorang yang mengidap diabetes juga dapat mengalami penyakit mematikan lainnya selain arteriosklerosis, seperti sumbatan pada pembuluh darah di otak. Selain itu, pengidap diabetes juga dapat mengalami serangan gagal jantung karena terjadinya arteriosklerosis. Hal tersebut terjadi karena timbunan lemak disebabkan sumbatan pembuluh darah.

Hal ini terjadi pada pengidap diabetes lantaran tubuhnya tidak peka terhadap hormon insulin, sehingga terjadi resistensi. Ketika hal ini terus terjadi, tubuh akan mengalami inflamasi dan akhirnya semakin parah. Peradangan yang tidak mendapat penanganan tersebut dapat memicu terjadinya gagal jantung dan menimbulkan kematian.

Kadar gula yang tinggi di dalam darah juga dapat menimbulkan efek buruk pada lapisan pembuluh darah sebagai bagian dari arteriosklerosis. Hal ini dapat meningkatkan produksi radikal bebas yang mampu menyebabkan kematian sel prematur. Gangguan tersebut juga dapat mengurangi ketersediaan oksida nitrat, yang dapat membuat pembuluh darah rileks dan aliran darah meningkat.

Kamu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait penyakit diabetes yang dapat menyebabkan arteriosklerosis. Dengan begitu, pencegahan dini dapat dilakukan agar memastikan tubuh tetap sehat. Caranya mudah, kamu cukup download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan setiap hari!

Baca juga: Ini Alasan Diabetes Jadi Penyakit Seumur Hidup

Cara Mencegah Arteriosklerosis pada Pengidap Diabetes

Diabetes dapat menyebabkan arteriosklerosis yang membuat aliran darah terhambat. Berbanding terbalik dengan hal itu, olahraga dapat membuat aliran darah di dalam tubuh menjadi lebih cepat. Hal tersebut membuat aliran darah menjadi lebih cepat dan stabil yang mampu melindungi seseorang dari gangguan arteriosklerosis.

Selain olahraga, beberapa kebiasaan baik lainnya dapat kamu lakukan untuk mencegah diabetes menyebabkan penyakit fatal lainnya. Pastikan untuk melakukan pola makan yang sehat dengan gizi seimbang. Perbanyak konsumsi serat dan karbohidrat, lalu hindari makanan yang kaya akan kandungan kolesterol.

Penting juga untuk membatasi konsumsi rokok dan minum beralkohol. Selain berdampak pada pembuluh darah, jantung juga dapat terpengaruh karenanya. Menjaga tingkat stres tetap normal juga perlu dilakukan agar pembuluh darah menjadi lebih rileks. Lalu, pastikan juga untuk menerapkan jam tidur yang cukup setiap harinya.

Baca juga: 5 Prosedur untuk Mendiagnosis Arteriosklerosis

Itulah cara seseorang yang mengidap diabetes mengalami arteriosklerosis. Dengan melakukan kebiasaan yang sehat setiap harinya, diharapkan gangguan fatal karena penyakit ini dapat dihindari. Selain itu, periksakan dirimu secara berkala untuk mengetahui perkembangan dari gangguan yang berhubungan dengan glukosa tersebut.

Referensi:
Science Daily. Diakses pada 2020. How Diabetes Drives Atherosclerosis.
NCBI. Diakses pada 2020. Diabetes and atherosclerosis: is there a role for hyperglycemia?