Gaya Hidup yang Perlu Dijalani Pengidap Diabetes Melitus

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Gaya Hidup yang Perlu Dijalani Pengidap Diabetes Melitus

Halodoc, Jakarta – Diabetes melitus adalah penyakit yang menyebabkan kadar gula dalam darah meningkat, sampai berada di atas batas normal. Kondisi ini bisa disebabkan oleh kurangnya jumlah insulin dalam tubuh. Selain itu, diabetes juga terjadi karena asupan gula atau makanan manis yang berlebihan. Bagaimana gaya hidup yang disarankan untuk pengidap penyakit diabetes melitus? 

Kabar buruknya, penyakit ini tidak bisa disembuhkan. Meski begitu, pengobatan tetap harus dilakukan untuk mengontrol kadar gula, sehingga selalu stabil dan menghindari gangguan kesehatan. Pengidap diabetes melitus yang tidak mengontrol kadar gula dalam darah berisiko mengalami komplikasi, seperti neuropati saraf perifer atau gangguan saraf tepi. Kondisi ini menyebabkan pengidap penyakit ini merasa kebas pada telapak kaki dan rentan mengalami luka pada bagian tersebut. 

Baca juga: 12 Faktor Ini Tingkatkan Risiko Diabetes Melitus

Maka dari itu, sangat penting bagi pengidap diabetes melitus untuk mengontrol kadar gula harian. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengontrol penyakit diabetes, salah satunya adalah perubahan gaya hidup. Bagaimana gaya hidup yang perlu dijalani pengidap diabetes melitus? 

  • Pola Makan dan Asupan Gizi 

Perubahan yang harus dilakukan pertama adalah pola makan dan asupan gizi. Sebenarnya, tidak banyak perbedaan makanan antara orang sehat dengan pengidap diabetes, hanya saja perlu sedikit penyesuaian. Orang yang mengidap penyakit ini disarankan untuk menghindari jenis makanan yang mengandung terlalu banyak gula tambahan. 

Tak hanya itu, pengidap diabetes melitus juga disarankan untuk lebih banyak mengonsumsi makanan bergizi. Tingkatkan juga jumlah asupan makanan yang rendah lemak serta rendah kalori sehingga kadar gula bisa lebih dikontrol. Pengaturan pola makan untuk pengidap penyakit ini, misalnya dengan mengganti asupan karbohidrat, menjadi karbohidrat komplek, contohnya nasi merah, kentang panggang, dan oatmeal. 

Baca juga: 6 Tips Hindari Cedera untuk Pengidap Diabetes

  • Rutin Berolahraga 

Sebenarnya olahraga sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh siapa saja, tidak hanya pada pengidap diabetes. Akan tetapi, pengidap penyakit diabetes yang berolahraga secara teratur ternyata bisa mendapatkan manfaat yang luar biasa, lho. Berolahraga bisa membantu tubuh tetap bugar dan gejala diabetes tidak mudah menyerang. 

Selain itu, berolahraga bisa membantu menjaga berat badan tetap seimbang. Pada pengidap diabetes, berat badan berlebih alias obesitas adalah hal yang harus dihindari. Beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan pengidap diabetes melitus adalah berjalan santai, berenang, jogging, bersepeda, atau sekadar melakukan aktivitas harian seperti membersihkan rumah. 

  • Selalu Cek Gula Darah 

Pengidap diabetes melitus harus selalu memantau kadar gula darah. Hal ini penting untuk memastikan kondisi tubuh dan mencegah serangan atau komplikasi muncul secara tiba-tiba. Kamu bisa mengetahui kadar gula darah dengan melakukan alat pengukur gula darah yang disebut glukometer.

  • Minum Obat 

Pada beberapa kondisi, menjaga kadar gula darah tetap seimbang terkadang tidak bisa dilakukan hanya dengan menerapkan pola hidup sehat. Kamu mungkin membutuhkan konsumsi obat-obatan untuk menangani kondisi ini. Biasanya obat-obatan akan diberikan oleh dokter sesuai dengan kebutuhan tubuh dan keluhan penyakit. Pastikan untuk rutin mengonsumsi obat dan dapatkan suntikan insulin jika dibutuhkan. 

Baca juga: Sebabkan Kematian, Waspada 6 Komplikasi Diabetes

Gejala diabetes tiba-tiba muncul dan tidak tahu harus apa? Tanya dokter di aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa dengan mudah berbicara dengan dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dengan diabetes melitus dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!