Ini Penyebab Septic Arthritis yang Perlu Diketahui

2 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   03 Oktober 2023

“Septic arthritis terjadi akibat infeksi bakteri, virus, atau jamur. Namun, penyebab yang paling umum adalah infeksi bakteri Staphylococcus aureus.”

Ini Penyebab Septic Arthritis yang Perlu DiketahuiIni Penyebab Septic Arthritis yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta – Septic arthritis adalah infeksi pada persendian yang terasa nyeri. Infeksi ini bisa berasal dari kuman yang menyebar melalui aliran darah dari bagian lain tubuh kamu.

Penyakit ini paling sering terjadi di lutut, tapi septic arthritis juga dapat menyerang pinggul, bahu, dan sendi lainnya. Lantas, apa yang menyebabkan seseorang bisa mengalami infeksi ini? Simak ulasannya di sini!

Penyebab Septic Arthritis

Septic arthritis bisa terjadi akibat infeksi bakteri, virus, atau jamur. Berikut adalah berbagai jenis kuman yang bisa menginfeksi sendi:

  • Staphylococcus. Ini adalah bakteri umum yang sering menyebabkan infeksi kulit.
  • Haemophilus influenzae. Ini adalah bakteri yang dapat menginfeksi laring, trakea, dan bronkus.
  • Basil gram negatif. Ini adalah sekelompok bakteri yang mencakup E. coli.
  • Streptokokus. Ini adalah sekelompok bakteri yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Orang lanjut usia dan pengidap penyakit kronis seperti diabetes dan sirosis berisiko lebih tinggi terkena artritis septik akibat bakteri ini.
  • Gonokokus. Inilah bakteri penyebab penyakit gonore, suatu penyakit infeksi menular seksual (IMS). Orang yang mengidap gonore bisa terkena radang sendi gonokokal, yang merupakan salah satu bentuk radang septic arthritis.
  • Neisseria meningitides (meningococcus): Bakteri ini menyebabkan meningitis, yaitu suatu kondisi yang menyebabkan peradangan (pembengkakan) pada selaput pelindung yang menutupi otak dan sumsum tulang belakang. Meskipun bisa saja terjadi, radang sendi akibat Neisseria meningitides jarang terjadi.
  • Virus. Virus seperti HIV dapat menginfeksi sendi orang-orang dari segala usia.

Namun, dari semua jenis kuman di atas, infeksi bakteri Staphylococcus aureus (staph) adalah penyebab paling umum. Staph umumnya hidup pada kulit yang sehat sekalipun.

Septic arthritis dapat berkembang ketika infeksi, seperti infeksi kulit atau infeksi saluran kemih, menyebar melalui aliran darah ke sendi.

Penyebab Lain Kuman Masuk ke Sendi

Pada kasus yang lebih jarang terjadi, beberapa cara berikut juga bisa menyebabkan kuman masuk ke dalam ruang sendi:

  • Luka yang menembus ke dalam kulit, seperti gigitan binatang, 
  • Patah tulang hingga ke dalam kulit.
  • Suntikan obat, 
  • Pembedahan pada atau di dekat sendi, termasuk operasi penggantian sendi.

Lapisan sendi sebenarnya memiliki sedikit kemampuan untuk melindungi diri dari infeksi.

Namun, reaksi tubuh terhadap infeksi, termasuk peradangan yang dapat meningkatkan tekanan dan mengurangi aliran darah di dalam sendi, bisa berkontribusi terhadap kerusakan sendi. 

Itulah mengapa septic arthritis perlu mendapatkan pengobatan segera. Ketika Septic Arthritis Serang Sendi, Atasi dengan Cara Ini

Itulah penyebab septic arthritis yang perlu kamu waspadai. Bila kamu ingin bertanya lebih lanjut mengenai penyakit ini, hubungi saja dokter melalui aplikasi Halodoc.

Yuk, download aplikasinya sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Septic arthritis.
John Hopkins Medicine. Diakses pada 2023. Septic arthritis.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan