Ini Proses Menstruasi yang Terjadi pada Wanita setiap Bulan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   22 Desember 2022

“Proses menstruasi terjadi dalam empat fase. Yaitu, fase menstruasi, fase folikuler, ovulasi, dan fase luteal.”

Ini Proses Menstruasi yang Terjadi pada Wanita setiap BulanIni Proses Menstruasi yang Terjadi pada Wanita setiap Bulan

Halodoc, Jakarta – Menstruasi merupakan siklus bulanan yang dialami tubuh wanita. Setiap bulan, salah satu indung telur melepaskan telur (ovulasi). Di saat yang sama, hormon wanita mengalami perubahan untuk mempersiapkan rahim untuk kehamilan. 

Jika ovulasi terjadi tapi sel telur tidak dibuahi oleh sperma, lapisan rahim (yang berbentuk darah dan jaringan) akan luruh melalui vagina. Dan proses itulah yang disebut  menstruasi.

Proses Menstruasi yang Terjadi Setiap Bulan

Setiap bulan, antara masa pubertas dan menopause, tubuh wanita mengalami banyak perubahan untuk mempersiapkan kemungkinan kehamilan. Proses menstruasi yang dipicu oleh hormon ini disebut siklus menstruasi. 

Setiap siklus menstruasi, sel telur berkembang dan dilepaskan dari ovarium, sehingga lapisan rahim menumpuk. Jika tidak terjadi kehamilan, lapisan rahim tersebut luruh selama periode menstruasi. Kemudian siklus tersebut terjadi lagi setiap bulannya. 

Berikut ini proses menstruasi yang terjadi dalam empat fase:

1. Fase menstruasi

Fase ini umumnya berlangsung dari hari pertama hingga hari kelima, yaitu ketika lapisan rahim luruh melalui vagina jika tidak terjadi kehamilan. Kebanyakan wanita mengalami perdarahan selama tiga hingga lima hari, tapi periode menstruasi hanya berlangsung selama tiga hingga tujuh hari. 

2. Fase folikuler

Proses menstruasi berikutnya yaitu fase folikuler yang berlangsung di hari ke enam hingga hari ke-14. Selama waktu ini, kadar hormon estrogen meningkat sehingga lapisan rahim (endometrium) tumbuh dan menebal. Selain itu, hormon perangsang folikel bekerja dan menyebabkan folikel di ovarium tumbuh. Selama hari ke-10 hingga ke-14, salah satu folikel yang berkembang akan membentuk sel telur (ovum) yang sepenuhnya matang.

Mau tahu apa penyebab timbulnya bercak darah saat sedang tidak haid? Baca di artikel ini: “Ini 7 Penyebab Bercak Darah Saat Tidak Menstruasi“.

3. Ovulasi

Berikutnya terjadilah fase ovulasi, kira-kira pada hari ke-14 dalam siklus menstruasi 28 hari. Tubuh mengalami peningkatan hormon luteinizing (LH), yang menyebabkan ovarium melepaskan sel telurnya. Peristiwa inilah yang disebut ovulasi.

4. Fase luteal

Proses menstruasi selanjutnya yaitu fase luteal, yang berlangsung sekitar hari ke-15 hingga ke-28. Pada fase ini telur meninggalkan ovarium dan berjalan melalui saluran tuba ke rahim. Selama fase ini hormon progesteron meningkat untuk mempersiapkan kehamilan pada lapisan rahim. 

Apabila sel telur dibuahi oleh sperma dan menempel pada dinding rahim (implantasi), maka kamu akan hamil. Namun jika kehamilan tidak terjadi, kadar estrogen dan progesteron turun, sementara itu lapisan tebal rahim meluruh selama menstruasi.

Wanita mulai mengalami menstruasi rata-rata pada usia 12 tahun. Namun ada juga yang mulai mengalaminya pada usia 8 tahun atau paling lambat pada usia 16 tahun. Umumnya kebanyakan wanita mengalami menstruasi dalam beberapa tahun setelah tumbuh payudara dan rambut kemaluan. 

Sementara itu, menstruasi akan berhenti saat wanita mengalami menopause, yaitu pada usia sekitar 51 tahun. Saat menopause, tubuh wanita berhenti memproduksi sel telur (berhenti berovulasi). Kamu akan mencapai menopause ketika tidak mendapatkan menstruasi dalam satu tahun. 

Perlu dipahami juga bahwa siklus menstruasi setiap wanita berbeda-beda. Apa yang normal bagi kamu mungkin tidak normal bagi orang lain. Maka itu penting untuk membiasakan diri dengan siklus menstruasi, misalnya kapan mendapatkan menstruasi dan berapa lama periode berlangsung. 

Penting juga untuk mewaspadai setiap perubahan. Jika terjadi perubahan yang mengkhawatirkan, tanyakan pada dokter di Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Baca Juga: Lebih Lengkap tentang Mitos & Fakta Menstruasi

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Menstrual cycle: What’s normal, what’s not
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Menstrual Cycle
Healthline. Diakses pada 2022. Stages of the Menstrual Cycle

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan