• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Teknik Pendinginan yang Wajib Dilakukan setelah Olahraga
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Teknik Pendinginan yang Wajib Dilakukan setelah Olahraga

Ini Teknik Pendinginan yang Wajib Dilakukan setelah Olahraga

4 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 27 Oktober 2022

“Joging adalah salah satu teknik pendinginan yang paling mudah dilakukan. Ini dapat dilakukan 3-5 menit diikuti dengan 3-5 menit jalan cepat atau jalan santai.”

Ini Teknik Pendinginan yang Wajib Dilakukan setelah OlahragaIni Teknik Pendinginan yang Wajib Dilakukan setelah Olahraga

Halodoc, Jakarta –     Pendinginan sehabis berolahraga perlu dilakukan untuk pemulihan otot dan detak jantung. Tidak hanya itu, pendinginan menjadi sesuatu yang wajib untuk atlet, seperti atlet Piala Dunia 2022 karena dapat membantu melancarkan aliran darah. 

Pendinginan setelah latihan memungkinkan pemulihan bertahap baik detak jantung maupun tekanan darah. Beberapa teknik pendinginan yang bisa dilakukan sehabis berolahraga adalah berjalan perlahan selama 5-10 menit atau melakukan peregangan. Informasi lengkap mengenai teknik pendinginan yang wajib dilakukan setelah olahraga bisa kamu baca di sini!

Rekomendasi Teknik Pendinginan

Pendinginan setelah berolahraga sama pentingnya dengan pemanasan. Setelah aktivitas fisik, jantung masih berdetak lebih cepat dari biasanya, suhu tubuh lebih tinggi, dan pembuluh darah melebar.

Ini berarti, jika kamu berhenti terlalu cepat dan membiarkannya, kamu bisa pingsan atau merasa sakit. Pendinginan adalah tahap transisi sehabis olahraga ke posisi istirahat sepenuhnya. 

Melakukan pendinginan sehabis berolahraga akan membantu tubuh memulihkan diri dengan cepat. Lantas, seperti apa teknik pendinginan yang direkomendasikan untuk dilakukan sehabis berolahraga?

Berikut beberapa teknik yang disarankan: 

1. Joging Ringan atau Jalan Kaki

Ini adalah salah satu cara paling mudah untuk pendinginan sehabis olahraga. Lakukan 3-5 menit joging ringan diikuti dengan 3-5 menit jalan cepat atau jalan santai.

2. Peregangan Tubuh Bagian Atas

Dari posisi berdiri atau duduk, jalin jari-jari dan tekan telapak tangan ke arah langit-langit. Tarik tangan ke atas dan ke belakang sejauh mungkin sambil mempertahankan tulang belakang yang lurus.

Lalu, letakkan lengan kiri di depan tangan kanan dan putar telapak tangan saling berhadapan, regangkan tangan ke atas dan ke belakang. Ulangi di sisi yang berlawanan. Lakukan beberapa kali sampai kamu merasa lebih rileks dan detak jantung menurun.

3. Duduk Membungkuk ke Depan

Duduk dengan kaki terentang di depan, angkat lengan, kemudian lipat badan mengarah ke depan, sampai ujung jari menyentuh ujung kaki. Tahan posisi ini hingga satu menit. Ulangi sampai tubuh menjadi rileks.

4. Pose Lutut ke Dada

Berbaring telentang dengan kaki kiri ditekuk atau diluruskan. Kemudian tarik lutut kanan ke arah dada, jalin jari-jari di sekitar bagian depan tulang kering. Tahan posisi ini hingga satu menit. Ulangi di sisi yang berlawanan. Lakukan setiap sisi 2-3 kali.

5. Pernapasan Diafragma

Sertakan pernapasan diafragma sebagai teknik pendinginan yang wajib kamu lakukan sehabis olahraga. Banyak orang membuat kesalahan dengan melakukan peregangan terlalu keras, padahal tujuan pendinginan sehabis olahraga bukan untuk meningkatkan fleksibilitas.

Pendinginan setelah berolahraga sama pentingnya dengan pemanasan. Setelah aktivitas fisik, jantung masih berdetak lebih cepat dari biasanya, suhu tubuh lebih tinggi dan pembuluh darah melebar. 

Melakukan peregangan wajib saat pendinginan karena anggota tubuh, otot, dan persendian masih hangat. Peregangan dapat membantu mengurangi penumpukan asam laktat, yang dapat menyebabkan kram dan kekakuan otot.

Itulah informasi mengenai teknik pendinginan yang perlu kamu ketahui. Kalau kamu butuh memenuhi kebutuhan vitamin dan suplemen, kamu bisa membelinya lewat aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 16 Cooldown Exercises You Can Do After Any Workout.
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Aerobic exercise: How to warm up and cool down.