Inilah 5 Pahlawan di Bidang Kesehatan yang Perlu Diketahui

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   09 November 2021
Inilah 5 Pahlawan di Bidang Kesehatan yang Perlu DiketahuiInilah 5 Pahlawan di Bidang Kesehatan yang Perlu Diketahui

“Memperingati Hari Pahlawan Nasional yang jatuh pada tanggal 10 November, kamu perlu mengenali nama-nama pahlawan yang sudah berjasa besar untuk Indonesia. Selama ini, hanya sebagian orang yang mengetahui pahlawan yang punya andil besar dalam kemajuan di bidang kesehatan untuk Indonesia. Berikut beberapa nama-nama pahlawan Indonesia yang berjasa besar dalam bidang kesehatan.”

Halodoc, Jakarta – Selama ini, kebanyakan masyarakat Indonesia mungkin lebih mengenal pahlawan yang berjuang dalam medan perang untuk meraih kemerdekaan Indonesia. Padahal banyak pula pahlawan yang juga punya andil besar dalam kemajuan di bidang kesehatan untuk Indonesia. Beberapa di antaranya mungkin sudah tidak asing di telinga kamu. 

Nah, jasa para pahlawan ini selalu diperingati di Hari Pahlawan Nasional yang jatuh pada tanggal 10 November. Berikut beberapa pahlawan bidang kesehatan di Indonesia yang perlu kamu ketahui.

Baca juga: Ketahui 3 Dokter Spesialis yang Dibutuhkan Si Kecil

Pahlawan Indonesia di Bidang Kesehatan

1. Cipto Mangunkusumo

Dokter Cipto Mangunkusumo merupakan salah satu tokoh pergerakan kemerdekaan Indonesia yang juga alumni STOVIA, yakni sekolah kedokteran di Batavia. Bersama Ki Hajar Dewantara dan Douwes Dekker, Cipto Mangunkusumo dijuluki “Tiga Serangkai” karena banyak menyebarluaskan ide-ide pemerintahan sendiri dan kritis terhadap pemerintahan Hindia Belanda. 

Sebagai seorang dokter, Cipto Mangunkusumo juga andil dalam memberantas wabah pes di Malang tahun 1911. Atas jasa-jasanya dalam memerdekakan Indonesia, namanya diabadikan sebagai Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) di Jakarta pada 17 Agustus 1964. 

2. Hasri Ainun Habibie

Kamu pasti sudah tidak asing mendengar nama yang satu ini. Hasri Ainun Habibie merupakan istri dari Presiden ke-3 Republik Indonesia, yaitu Bacharuddin Jusuf Habibie. Ibu Ainun Habibie adalah seorang dokter dan juga ketua Perkumpulan Penyantun Mata Tunanetra Indonesia (PPMTI). Salah satu jasa terbesar yang diberikan oleh Hasri Ainun Habibie adalah mendirikan Bank Mata Indonesia untuk membantu para tunanetra yang kebanyakan masyarakat menengah kebawah. 

3. Prof Dr Sardjito

Kalau kamu pernah berkunjung ke Yogyakarta, kamu mungkin pernah melewati Rumah Sakit Dokter Sardjito yang letaknya dekat dengan Universitas Gadjah Mada. Dokter Sardjito sendiri merupakan rektor pertama Universitas Gadjah Mada dan punya jasa yang amat besar untuk di bidang kesehatan Indonesia.

Dokter Sardjito adalah orang dibalik berdirinya Palang Merah Indonesia (PMI). Selain itu, dokter Sardjito juga berhasil menciptakan calcusol, yaitu obat penghancur batu ginjal yang dinamakan calcusol. 

Baca juga: 11 Penyakit yang Ditangani Dokter Spesialis Penyakit Dalam

4. Gerrit A. Siwabessy

Prof Dr Gerrit A. Siwabessy adalah salah satu pahlawan kesehatan Indonesia yang ikut serta dalam perjuangan melawan pendudukan Jepang serta Belanda. Gerrit A. Siwabessy dikenal oleh masyarakat Indonesia karena pernah menjabat sebagai Menteri Kesehatan Indonesia selama dua periode. 

Sebagai lulusan studi di bidang Radiologi dan Kedokteran Nuklir di London University, Inggris,  Gerrit A. Siwabessy kemudian mendirikan Badan Tenaga Atom Nasional (BATAN) di Indonesia.

5. Abdulrachman Saleh

Selain menjadi tokoh Radio Republik Indonesia, Prof. dr. SpF Marsekal Muda Anumerta, Abdulrachman Saleh juga dikenal sebagai bapak Fisiologi kedokteran Indonesia.  Abdulrachman Saleh adalah seorang dokter yang berhasil mengembangkan ilmu faal di Indonesia sehingga diberi gelar Bapak Faal Indonesia.

6. Akmal Taher

Dokter Akmal Taher adalah dokter bedah telah banyak membuat karya yang berkontribusi besar dalam bidang kedokteran di Indonesia. Salah satu karyanya yang dikenal dunia adalah inhibitor of phosphodiesterase 4 yang punya hak paten di Jerman, Amerika, Kanada dan juga Jepang. 

Itulah pahlawan-pahlawan Indonesia yang berjasa besar di bidang Kesehatan. Generasi muda diharapkan juga mampu mengikuti jajak keberhasilan pahlawan-pahlawan untuk memberikan sumbangsih di bidang kesehatan di negara Indonesia. Kalau kamu mengalami masalah kesehatan, jangan tunda untuk memeriksakan diri ke dokter. 

Baca juga: Kenali 6 Jenis Alat Bantu Pernapasan dan Cara Kerjanya

Supaya lebih mudah dan praktis, buat  janji rumah sakit terlebih dahulu di aplikasi Halodoc. Segera buat janji sebelum kondisinya semakin memburuk. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Kompas. Diakses pada 2021. Siswa, Kenali Pahlawan Indonesia di Bidang Kesehatan dan Jasanya.
Kompas. Diakses pada 2021. Cipto Mangunkusumo: Pendidikan, Peran, Perjuangan, dan Akhir Hidupnya.
Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta. Diakses pada 2021. Para Pahlawan Kesehatan Indonesia Yang Terkenal Di Dunia.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan