• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah 6 Cara Memilih Alas Kaki Agar Tidak Kena Mata Ikan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah 6 Cara Memilih Alas Kaki Agar Tidak Kena Mata Ikan

Inilah 6 Cara Memilih Alas Kaki Agar Tidak Kena Mata Ikan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 23 Juni 2022

“Pemilihan alas kaki yang tidak tepat ternyata bisa memicu terjadinya mata ikan. Maka dari itu, pilihlah ukuran dan model yang tepat, hingga mencobakan sepatu sambil berjalan.”

Inilah 6 Cara Memilih Alas Kaki Agar Tidak Kena Mata IkanInilah 6 Cara Memilih Alas Kaki Agar Tidak Kena Mata Ikan

Halodoc, Jakarta – Alas kaki yang tepat dapat membantu menjaga kesehatan kaki, mempermudah aktivitas fisik, dan membantu menjaga tubuh tetap aman dari cedera. Jika salah memiliki alas kaki, bukan tidak mungkin bisa terkena mata ikan. Itulah pentingnya mengetahui cara memilih alas kaki yang tepat.

Jika memilih alas kaki yang tepat, kamu akan lebih nyaman beraktivitas. Kamu juga perlu memilih alas kaki yang sesuai dengan jenis aktivitas, cocok untuk segala masalah kaki, dan agar kaki tetap nyaman melangkah. Dengan begitu, masalah kaki seperti mata ikan pun bisa dicegah. 

Lantas, bagaimana cara memilih alas kaki yang tepat?

Cara Memilih Alas Kaki Agar Tidak Kena Mata Ikan

Saat membeli sepatu, pertimbangan sebaiknya jangan hanya soal tren, tapi juga tentang fungsi dan menjaga kaki dalam kondisi yang baik. Berikut ini cara memilih alas kaki yang tepat:

  1. Pilih Ukuran yang Sesuai

Di toko sepatu biasanya ada alat pengukur kaki. Mintalah kaki kamu diukur di toko sepatu sebelum memilih sepatu. Pastikan untuk pengukuran mencakup:

  • Panjang kaki.
  • Lebar kaki.
  • Panjang lengkungan.

Hindari mengandalkan ukuran kaki dari 10 tahun lalu. Karena ligamen, jaringan yang melekatkan tulang ke tulang, cenderung mengendur dan meregang seiring bertambahnya usia. Jaringan lain di kaki juga bisa berubah. Hal ini menyebabkan kaki berubah bentuk dan ukuran. 

Penelitian menunjukkan, bahwa jika seseorang memakai ukuran sepatu yang salah bisa mengalami masalah terkait mata ikan, nyeri kaki, hingga masalah kaki lainnya. 

  1. Ukur Kaki saat Sudah Berjalan Lama

Membeli sepatu saat setelah berjalan lama atau di akhir waktu berkeliling toko, akan membantu memastikan bahwa sepatu terasa nyaman saat kaki berada pada ukuran terbesarnya. Kebanyakan orang mengalami pembengkakan di kaki di penghujung hari. Jika berbelanja sepatu saat baru sampai di pusat perbelanjaan, kamu mungkin akan memilih ukuran yang terlalu ketat atau sempit.

  1. Kenakan Kaus Kaki saat Mencoba Sepatu

Kenakan kaus kaki yang biasa kamu kenakan dengan jenis sepatu yang kamu pakai. Karena ketebalan kaus kaki akan berdampak besar pada kecocokan sepatu. 

  1. Berdiri dengan Sepatu

Berdirilah saat mengukur kaki. Cara kamu berdiri dapat mempengaruhi ukuran dan bentuk kaki. Karena saat berdiri kaki lebih melebar. Setelah itu coba pula berdiri saat mengenakan sepatu yang hendak kamu beli. Rasakan tingkat kenyamanans saat seluruh telapak kaki mengisi ruang-ruang di sepatu.

  1. Berjalan dengan Sepatu

Berjalanlah di dalam toko. Dengan begitu kamu dapat merasakan kenyamanan sepatu saat digunakan berjalan.

  1. Pilih Model Sepatu yang Tepat

Pilihlah sepatu yang punya bantalan empuk. Selain itu, pastikan model bagian depan sepatu terlihat lebar. Hal ini penting untuk memberikan kenyamanan pada jari-jari kaki. 

Itulah cara memilih alas kaki agar terhindar dari mata ikan. Penyakit mata ikan merupakan jenis gangguan kulit yang sering kambuh. Jadi sangat penting untuk menghindari hal-hal yang bisa membuat mata ikan muncul. Seperti mencuci kaki hingga bersih dengan sabun dan sikat kaki setiap hari. Bila perlu oleskan krim untuk merawat telapak kaki.

Di mana pun serta apa pun jenisnya, mata ikan menimbulkan rasa sakit ketika melangkah. Jadi kalau kamu mengalaminya, sebaiknya segeralah obati agar cepat sembuh. Kamu juga bisa cek kebutuhan medis untuk mengatasi mata ikan di toko kesehatan melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referens:
Very Well Fit. Diakses pada 2022. How to Find Shoes That Fit Your Toes
Harvard Health Publishing. Diakses pada 2022. 10 tips for finding the right shoes
Better Health. Diakses pada 2022. Choosing the right shoe