Inilah 6 Hobi yang Bisa Meredakan Stres

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   22 Februari 2021
Inilah 6 Hobi yang Bisa Meredakan StresInilah 6 Hobi yang Bisa Meredakan Stres

Halodoc, Jakarta - Dengan gaya hidup yang penuh tekanan saat ini, penting untuk memiliki waktu luang untuk melakukan sesuatu hal yang menyenangkan bagi diri sendiri. Ingat, tekanan psikis yang terus-menerus akibat pekerjaan dan hal lainnya, bisa membuat pikiran dilanda stres. Hati-hati, stres tidak hanya menyerang psikis saja, tapi juga bisa berdampak negatif bagi kesehatan fisik.

Nah, untuknya terdapat beragam cara meredakan stres yang bisa dilakukan. Salah satu contohnya melalui hobi. Ternyata memiliki hobi adalah cara yang bagus untuk menghabiskan waktu luang dan melepas penat dari rutinitas harian. Mau tahu apa saja hobi untuk meredakan stres? 

Baca juga: Stres di Tengah Pandemi Virus Corona? Ini 3 Tips Mengatasinya

1. Musik

Menurut ahli di Australian Government Department of Health, musik memiliki banyak manfaat kesehatan mental, terlepas dari apakah kamu memainkan alat musik, bernyanyi, atau hanya mendengarkan dan menikmati. Musik juga membantu mengelola emosi dan mengatasi atau meredakan stres.

2. Berkebun

Berkebun bisa menjadi pereda stres yang hebat karena berbagai alasan. Contohnya, berkebun bisa membawa kamu berada di bawah sinar matahari dan udara segar, serta menciptakan lingkungan yang lebih indah, dan manfaat lainnya yang bisa membantu untuk meredakan stres.

3. Fotografi

Fotografi adalah salah satu hobi yang membantu meredakan stres. Baik hanya belajar mengambil foto, atau mempelajari dunia seni foto sejati, fotografi bisa menjadi hobi yang hebat dan menyenangkan.

Saat dirimu berlatih melihat dunia melalui mata seorang fotografer, kamu mungkin mulai melihat sesuatu secara berbeda. Hasil akhirnya? Kamu tidak hanya memiliki hobi yang dapat mengalihkan pikiranmu dari hal yang menjemukan, kamu juga bisa melihat dunia sebagai tempat yang lebih indah dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Stres di Rumah Bikin Makan Berlebihan, Ini Cara Mencegahnya

4. Menggambar, Melukis, dan Mewarnai

Cara meredakan stres juga bisa melalui hobi menggambar, melukis, atau mewarnai. Kegiatan ini bisa dijadikan cara untuk memproses emosi, mengalihkan perhatian, dan menenangkan pikiran, sehingga tekanan di kepala pun akan berkurang. Hobi ini juga bisa memberikan kamu sesuatu yang indah dan pribadi yang dapat dinikmati atau bagikan.

5. Olahraga

Olahraga tidak hanya dapat meningkatkan kesehatan fisik saja, tapi juga dapat menghilangkan stres dan meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan. Carilah aktivitas fisik atau olahraga yang kamu sukai, kemudian mulailah menjadikannya sebagai bagian rutin dalam hidupmu. Banyak olahraga yang sederhana dan menyenangkan, seperti berjalan santai setiap pagi, bersepeda, berlari, atau pula berenang. 

6. Merajut

Selain membantu membuat kado indah untuk diri sendiri dan orang lain, merajut juga dapat memberikan kamu kesempatan untuk menghilangkan stres. Gerakan berulang dapat membuat tubuh mengalami 'aliran' positif pada tubuh, atau setidaknya dapat memberikan pelepasan energi saraf.

Baca juga: Stres Bisa Sebabkan Obesitas, Ini Alasannya

Mau tahu lebih jauh mengenai cara menghilangkan stres dan cara mencegahnya? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc.

Di samping itu, kamu juga bisa memeriksakan diri ke rumah sakit pilihan. Sebelumnya, buat janji dengan dokter di aplikasi Halodoc sehingga tidak perlu mengantre sesampainya di rumah sakit. Praktis, kan?



Referensi:
Verywell Mind. Diakses pada 2021. Top 10 Stress-Relieving Hobbies
Head to Health - Australian Government Department of Health. Diakses pada 2021. Purposeful activity - hobbies

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan