• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pentingnya Hobi bagi Kesehatan Mental Anak

Pentingnya Hobi bagi Kesehatan Mental Anak

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta - Banyak hal yang mendukung perkembangan dan pertumbuhan anak, salah satunya adalah belajar. Namun, ternyata anak juga membutuhkan waktu luang di luar aktivitas rutinnya. Waktu luang bisa menjadi momen tepat untuk anak mengembangkan hobinya. Hobi adalah hal yang penting dilakukan agar anak tidak merasa jenuh. Hobi mendatangkan perasaan senang, serta memberi makna dan tujuan hidup. Banyak orang sukses di luar sana yang berawal dari menekuni hobi mereka. 

Namun, anak-anak kini lebih banyak bermain gadget, menonton televisi, dan sebagainya. Akibatnya, mereka mulai kesulitan untuk berfokus pada hal lain yang lebih penting. Anak-anak mulai memiliki sedikit waktu untuk melakukan hobi mereka. Itulah penting bagi anak-anak untuk mengembangkan hobi yang menarik perhatiannya. Melakukan hobi juga memengaruhi kesehatan mental, kekuatan otak, dan keterampilan sosialisasi anak.

Baca juga: Anak yang Hobi Membaca Punya Daya Imajinasi Tinggi

Manfaat Hobi Bagi Kesehatan Mental Anak

Brainy Child menyarankan agar orangtua membantu anak-anak mengembangkan hobi sejak dini. Mengembangkan hobi dinilai menjadi kunci dalam meningkatkan kesehatan fisik dan mental, serta keterampilan akademik dan sosial anak. Hobi mampu mengurangi tingkat stres pada orang-orang dari segala usia, dan mereka membantu mengembangkan kesabaran, kemauan, konsentrasi, dan dedikasi. Hobi juga dapat membantu anak menjadi lebih mandiri dan bisa meningkatkan interaksi sosial dengan orang lain.

Jika kamu menganggap kesehatan mental, stres, depresi, atau kecemasan hanya dirasakan oleh orang dewasa, kamu salah besar. Anak-anak juga rentan terhadap masalah kesehatan mental. Anak-anak dapat menghadapi tekanan yang signifikan di rumah, di sekolah, atau di lingkungan bermainnya. Dengan mendukung anak dalam mengembangkan hobi, maka hal ini membantu mengurangi tingkat stres tersebut dan membantu mereka membangun harga diri bahkan meraih prestasi. 

Jika suatu hari ibu menemukan anak tampak stres dan depresi, sebaiknya diskusikan hal ini dengan psikolog di Halodoc. Psikolog di Halodoc akan membantu mengatasi stres yang dialami anak. Kamu hanya perlu gunakan aplikasi Halodoc di smartphone, dan psikolog akan selalu siaga membantu kamu kapan saja dan di mana saja. 

Baca juga: Perhatikan, 5 Gejala Awal Anak Mengalami Penyakit Mental

Hobi Akan Mengembangkan Kreativitas dan Kemampuan Sosial Anak

Selain baik untuk kesehatan mental, ada beberapa manfaat lain untuk anak dari kebiasaan sehat yang berasal dari hobi. Pertama, hobi membantu memicu kreativitas, keterampilan utama yang sering hilang belakangan ini akibat kemunculan teknologi yang membuat anak kecanduan. Anak-anak merasakan pencapaian ketika mampu mengembangkan hobi dan belajar keterampilan baru yang menantang otak mereka.

Kemampuan sosial anak juga berkembang saat anak memiliki hobi baru. Baik itu melalui klub seni atau catur di sekolah, bergabung dengan tim olahraga, atau terlibat dalam kelompok teater, terlibat dalam aktivitas dengan teman sebaya dalam suasana santai sangat bagus untuk mengembangkan keterampilan sosial yang positif.

Parenting Science mencatat bahwa kegiatan kooperatif, seperti yang sering dilakukan sebagai hobi, membantu anak-anak bergaul lebih baik satu sama lain. Peluang ini membantu anak-anak mengembangkan keterampilan seumur hidup yang dibutuhkan dalam hal membantu, merawat, dan mau berbagi.

Baca juga: Sering Bermain di Luar Bisa Tingkatkan Kecerdasan Anak?

Itulah manfaat dari menekuni hobi untuk anak. Ingat, sedini mungkin orangtua membantu menemukan hobi yang tepat, maka ini akan semakin baik. Jika kamu masih ingin tahu tips pola asuh yang baik untuk anak, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan psikolog atau dokter anak di Halodoc.

Dokter dan psikolog profesional akan membantu orangtua menemukan pola asuh yang baik untuk mendukung perkembangan anak. Tunggu apa lagi? Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
CBHS Health Fund. Diakses pada 2020. Finding a Hobby Can Improve Your Mental Health.
Sew Knit And Crafty. Diakses pada 2020. 3 Reasons Why Children Can Benefit From Hobbies.