• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah 6 Kebiasaan Positif untuk Meraih Kesuksesan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah 6 Kebiasaan Positif untuk Meraih Kesuksesan

Inilah 6 Kebiasaan Positif untuk Meraih Kesuksesan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 28 Juni 2022

“Terdapat beberapa kebiasaan positif yang dapat kamu terapkan untuk meraih kesuksesan. Salah satunya adalah dengan bangun tidur lebih awal di pagi hari.”

Inilah 6 Kebiasaan Positif untuk Meraih KesuksesanInilah 6 Kebiasaan Positif untuk Meraih Kesuksesan

Halodoc, Jakarta – Setiap orang tentunya ingin meraih kesuksesan, tak ada yang ingin menjadi orang yang gagal. Namun, kesuksesan tak hanya dapat diraih lewat kerja keras dan kepintaran semata. Demi sukses, tentu hal ini harus dibarengi dengan kebiasaan positif yang dilakukan setiap hari. Lantas, kira-kira apa saja kebiasaan positif yang perlu dilakukan demi meraih kesuksesan? Yuk, ketahui ulasannya di sini! 

Kebiasaan Positif untuk Membuatmu Jadi Orang Sukses 

Berikut adalah beberapa kebiasaan positif yang dapat kamu terapkan agar meraih kesuksesan: 

1.  Bangun Tidur Lebih Awal di Pagi Hari

Sebagian besar tokoh-tokoh sukses di dunia memiliki kebiasaan positif untuk bangun tidur lebih awal setiap harinya. Umumnya, mereka akan bangun ketika hari masih subuh dan langsung melakukan rutinitas positif yang mereka sukai. Misalnya seperti beribadah, berolahraga, membaca buku, atau sekadar menikmati udara segar di pagi hari. 

Hal ini tentu dapat kamu coba sebagai rutinitas setiap harinya agar tubuh dan pikiran lebih siap untuk memulai kegiatan setiap harinya. Maka dari itu, pastikan untuk tidak begadang atau tidur terlalu larut, agar kamu dapat bangun pagi setiap harinya. 

2. Memaksimalkan Waktu Dengan Baik 

Salah satu kunci kesuksesan adalah pengelolaan waktu yang tepat. Oleh karena itu, penting untuk senantiasa memaksimalkan waktumu dengan baik setiap harinya. Sebagai contoh, usai bekerja, alih-alih menghabiskan waktu dengan hanya bermain sosial media, cobalah untuk melakukan aktivitas lain yang lebih produktif. Mulai dari membalas email, membaca buku, mengatur jadwal dalam sepekan, atau mempelajari hal baru. 

3. Percaya Diri dengan Kemampuan 

Pada dasarnya, meraih kesuksesan bukan hal yang tidak mungkin diwujudkan. Sebab, hasilnya akan bergantung pada usaha, kemauan, dan potensi dalam diri sendiri. Meski begitu, penting juga untuk memupuk rasa kepercayaan diri sebagai modal mewujudkan kesuksesan yang diharapkan. 

Sebab, beberapa orang kerap terjatuh oleh cara berpikirnya sendiri yang cenderung ragu pada kemampuan yang dimiliki. Pola pikir tersebut tentunya dapat menghambatmu untuk meraih kesuksesan, sehingga perlu dilawan. Oleh karena itu, pastikan untuk terbiasa percaya dengan kemampuan diri sendiri dan tidak membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain. 

4. Rutin Berolahraga 

Rutin berolahraga terbukti dapat menjaga daya tahan tubuh sekaligus kebugaran tubuh secara keseluruhan. Namun, tak hanya itu, berolahraga juga bermanfaat pada aspek psikologis seseorang. Sebab, berolahraga secara rutin dapat menjernihkan pikiran, meredakan stres, dan membuat kamu merasa lebih termotivasi. Tak heran, mengapa banyak tokoh penting yang sukses di dunia menjadikan olahraga sebagai kebiasaan positif yang mereka sering lakukan. Maka dari itu, tidak ada salahnya bagimu untuk menerapkan kebiasaan positif ini. 

5. Jangan Lupa Sarapan 

Sarapan merupakan waktu makan terpenting dalam sehari. Lantaran tubuh memerlukan asupan energi yang didapat dari sarapan untuk mendukung aktivitasmu sehari-harinya. Selain itu, para ahli gizi berpendapat kalau sarapan juga diperlukan untuk mengontrol nafsu makan selama seharian penuh. 

6.  Berbincang dengan Keluarga atau Pasangan

Selain sibuk dengan pekerjaan, orang sukses juga rajin meluangkan waktu untuk ngobrol dengan orang terdekat. Faktanya, hal ini dapat menambah kehangatan yang dapat meningkatkan suasana hatimu. Suasana hati yang bagus tentunya dapat membantumu untuk menjalani segala aktivitas dengan lebih fokus dan senang. 

Itulah beberapa kebiasaan positif yang dapat membantumu meraih kesuksesan. Mulai dari bangun tidur lebih awal di pagi hari hingga berbincang dengan keluarga atau pasangan. Cobalah untuk menerapkan beberapa kebiasaan positif tersebut setiap harinya. 

Jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar kebiasaan positif yang menyehatkan tubuh dan pikiran, segeralah hubungi dokter. Nah, melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa tanya dokter tepercaya untuk mendapatkan saran medis yang kamu butuhkan. Kamu dapat menggunakan fitur chat/video call secara langsung pada aplikasinya. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Referensi: 

CNBC. Diakses pada 2022. 9 habits of highly successful people, from a man who spent 5 years studying them. 
CNBC. Diakses pada 2022. 4 Kebiasaan Rutin Ini Bisa Membawamu Jadi Orang Sukses, Coba! 
IDN Times. Diakses pada 2022. 6 Kebiasaan Buruk yang Harus Dikalahkan agar Bisa Sukses di Usia Muda.