Inilah 6 Tipe Teman yang Perlu Dihindari

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   18 Februari 2021
Inilah 6 Tipe Teman yang Perlu DihindariInilah 6 Tipe Teman yang Perlu Dihindari

Halodoc, Jakarta - Salah satu hal yang baik untuk kemajuan diri sendiri bisa dimulai dari memilih lingkungan pertemanan. Pertemanan menjadi salah satu hal yang memengaruhi perilaku dan sifat seseorang secara tidak langsung. Jika memiliki lingkungan pertemanan yang positif, maka secara tidak langsung kamu akan mendapatkan energi yang positif pula. Pun sebaliknya. Lantas, apa saja kriteria teman yang perlu dihindari? Jika kamu memiliki salah satunya, sebaiknya segera batasi pertemanan kalian, ya. Berikut ini kriteria teman yang perlu dihindari:

Baca juga: Mengapa Orang Dewasa Cenderung Sulit Menemukan Teman Baru?

1. Tipe Penggosip

Teman tipe penggosip adalah orang yang gemar membuat cerita seolah-olah nyata, kemudian disebarluaskan. Jika tidak segera dijauhi, bisa saja cerita hidupmu yang menjadi bahan gosip selanjutnya. Kamu akan meniru pandangannya saat menilai orang lain. Hal buruknya adalah, pertemanan kalian bisa saja rusak akibat hilangnya kepercayaan.

2. Tipe Pengkhianat

Jika teman dekat berubah menjadi musuh, ia akan menjadi lawan yang sangat berbahaya. Tahukah mengapa? Hal tersebut dikarenakan, ia memegang rahasia dan kelemahan yang kamu miliki. Jadi, hati-hati saat memutuskan untuk memberikan kepercayaan pada orang lain, ya. Tipe pengkhianat akan mudah merusak reputasimu dengan memutar balikkan fakta dan mengadu domba.

3. Tipe Pesimis

Hati-hati, sifat pesimis bisa menular, lho. Jadi, pastikan untuk menjaga jarak atau hindari orang dengan tipe yang satu ini. Jika memutuskan untuk berteman dengannya, bisa saja kamu kehilangan sikap optimis, selalu merasa tidak puas, suka mengeluh, dan cengeng.

4. Tipe Drama

Tipe drama adalah teman yang suka memutarbalikkan fakta saat bercerita. Bertindak seolah-olah sebagai korban untuk menarik simpati orang, sehingga mendapatkan dukungan. 

5. Tipe Pencemburu

Bukan hanya di hubungan percintaan saja lho  ada tipe pencemburu. Di hubungan pertemanan pun ada. Teman dengan tipe yang satu ini tidak suka jika melihat kamu berhasil meraih hal-hal yang diinginkan sebelumnya. Alih-alih memberikan selamat, ia akan berkomentar pedas di belakangmu. Jadi, hati-hati, ya.

6. Tipe Penyebar Berita

Tipe yang satu ini lagi mewabah di media sosial. Segala bentuk informasi terkadang tidak di filter dan begitu saja disebarluaskan tanpa memikirkan dampak yang akan terjadi. Teman dengan tipe yang satu ini senang menyebarkan hal-hal yang berbau kebencian. Jika kamu memilikinya, silahkan block atau putuskan pertemanan di media sosial, ya.

Baca juga: Terjebak dalam Pertemanan Toxic, Ini Tips Menghadapinya

Nah, itulah beberapa kriteria teman yang perlu dihindari. Jika lingkup pertemanan kamu sudah memiliki beberapa tipe seperti yang disebutkan, sebaiknya jauhi secara perlahan, ya. Pertemanan yang tidak baik akan berujung pada masalah kesehatan mental seseorang. Jika kamu merasa produktivitas menurun, atau selalu berlarut-larut memikirkan hal-hal yang negatif pada diri sendiri, silahkan temui psikolog atau psikiater di rumah sakit terdekat, ya.

Referensi:
Very Well Family. Diakses pada 2021. 7 Types of Toxic Friends to Watch out For.
Stylecaster.com. Diakses pada 2021. Toxic Friends: The 5 Types of “Friends” You Should Avoid.


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan